Rabu, 20 Juli 2011

Ungu dan Hitam (mengenang album Deep Purple In Rock)




"Ungu" untuk Band Hard Rock Inggris Deep Purple", "Hitam" untuk tempat wisata Black Hill, South Dakota.



GUNUNG BATU
Didaratan bumi tersebar bermacam jenis hamparan. Ada yang berupa tanah, pasir hingga batu. Bentuknya ada yang datar, ngarai sampai bukit bahkan gunung.





Golgota tempat Yesus Kristus di salibkan pada dua ribu tahun silam, adalah sebuah bukit batu. Tempat itu disebut Golgota atau Tengkorak, karena bentuknya mirip tulang kepala manusia. Lengkap dengan lobang mata dan lobang hidung. Bentuk ini terjadi secara kebetulan dan alami.





Berbeda dengan Golgota yang alami, gunung Rushmore yang terkenal di Amerika Serikat, adalah gunung batu granit yang sengaja diukir. Pahatan patung 4 kepala manusia. Ukuran tinggi kepala masing-masing 18 meter.

Kepala 4 Presiden AS dari sekian Presiden yang ada. George Washington (GW), Thomas Jefferson (TJ), Abraham Lincoln (AL) dan Theodore Roosevelt (TR). Keempatnya dipilih untuk diabadikan dalam monument kolosal.  Dipilihnya 4 tokoh ini karena peran mereka dalam sejarah perkembangan AS selang 150 tahun. Mulai dari kemerdekaan (GW), kebebasan (TJ), persamaan (AL) hingga kepemimpinan dunia (TR).

Pekerjaan membuat patung ini dipercayakan pada seniman dan pematung John Gutzon Borglum. Mulai dari pemilihan tokoh, rancangan sampai pembangunannya. Dia dibantu oleh sekitar 300 lebih 'pekerja bebatuan', dan penambang. Peralatan yang digunakan, dinamit (90%) dan peralatan palu, pahat untuk selebihnya. Pekerjaan memakan waktu sekitar 14 tahun (efektif 6 tahun). Yaitu dari 1927 sampai 1941.

Saat ini Gunung Rhusmore menjadi Monumen Nasional AS paling diminati. Objek wisata ini dikunjungi sekitar 2,7 juta orang setiap tahunnya.

MUSIK BATU
'Gunung batu' telah menjadi symbol kekuatan dalam lagu sejak dahulu kala. Raja Daud  yang dikenal sebagai pemazmur, pengarang dan musisi, dalam banyak nyanyiannya, menggambarkan Tuhan sebagai gunung batu.  Tempat berlindung dan berteduh dari terpaan badai. Yesus Kristus pun memberi kepercayaan kepada "Batu" (baca Petrus) untuk memimpin jemaat dan umatnya.

Kini para pemusik terbagi dalam berbagai aliran musik. Salah satu aliran yang terkenal adalah jenis musik Rock. Musik yang terinspirasi dari dan oleh kerasnya batu. Pelopor musik Hard Rock diantaranya adalah grup "Deep Purple" yang dibentuk di Inggris pada 1968. Ketika itu era The Beatles dengan Psychdelic Rock hampir berakhir.

ALBUM "IN ROCK" DEEP PURPLE
Deep Purple merilis album keempat "Deep Purple In Rock" pada 3 Juni 1970. Album yang dirilis setelah mengubah formasi anggotanya. Dan mengubah gaya bermusik dari 'Psychdelic Rock' ke 'Hard Rock'. Album ini memuat 7 lagu, (Speed King, Blood Sucker, Child in Time, Flight of the Rat, In to the Fire, Living Wreck, Hard Lovin Man).  

Cover album menampilkan '5 kepala' anggota Deep Purple terukir di gunung batu. Meniru adegan 'Presiden on Rock' di Black Hill, seni oleh Edwards Coletta. Cover dan album memang terinspirasi dari monumen Gunung Rhusmore (catatan : Patung Gunung Rhusmore pada awalnya telah diusulkan untuk menampilkan tokoh jagoan Amerika - Tokoh-tokoh seperti Buffalo Bill, Lewis dan Clark menjadi lambang kejayaan Amerika).


Album berlabel EMI Harvest (UK) ini seolah mengabadikan dalam sebuah monumen 5 anggota dalam formasi yang dikenal dengan Deep Purple Mark II - sebagai pemuka Hard Rock, pada gunung "musik Rock". (Grup yang hingga kini belum mau mati itu, telah berkali-kali mengubah formasi anggota hingga Mark VIII). Kelima orang itu adalah : Ian Gilan (vocal), Richard Hugh Blackmore (Lead guitar), Roger David Glover (Bass guitar), John Douglas Lord (keyboard/organ), dan Ian Anderson Pace (drum). Itu memang pantas bagi mereka yang mempunyai talenta musik masing-masing. Lalu disatukan dalam aksinya pada tahun 1970an.

Album ini telah menjadi cap/lambang bagi Musik Hard Rock dan Heavy Metal. Robert Dimery dalam bukunya, memasukkan album ini dalam daftar "1001 albums You Must Hear Before You Die".


Untuk promosi album In Rock ini, Deep Purple pada 1970 sampai 1971 telah mengadakan Tour keliling Dunia. Mulai dari Inggris sendiri, Eropa hingga Australia. Di Australia album ini menjadi album Nomor 1 ketika itu.

Pada Tahun 2005 album ini memenangkan The Classic Rock n Roll of Honor Award dari British Monthly Magazine dalam Categori Classic Album. Sebelum itu pada Tahun 2000 'Q Magazine' menempatkan album ini pada nomor 78, dari daftar 100  Album British terbesar sepanjang waktu.

Bagi pencinta musik Rock yang belum sempat mengoleksi album ini diusulkan untuk mencari di toko-toko musik dalam berbagai media analog maupun digital.

Bagi 'penggila audio', perekam 'Audio Fidelity' telah menerbitkan dalam bentuk keping CD emas 24 karat dari Master asli, dan edisi terbatas (Juli 2009). 

Selamat menikmati batu.





0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More