Rabu, 29 Agustus 2012

BEE GEES, MASSACHUSETTS, lagu hit pertama


Bulan Agustus 1967, 45 tahun silam dari saat ini (2012), Bee Gees merekam sebuah lagu dengan Judul diambil dari nama sebuah negara bagian di AS, Massachusetts yang didalamnya terdapat 50 kota besar dengan ibu kotanya Boston. Dikenal sebagai tempat asal-usul keluarga Kennedy, serta terkenal dengan sekolah-sekolahnya. Massachusetts merupakan nama tradisional dari negara bagian yang nama julukannya Bay Stater.

Kata Massachusetts dapat dibagi menjadi massa -- adchu -- s -- et, dimana "massa' berarti besar, 'adchu' berarti bukit, 's' akhiran yang berarti kecil dan 'et' akhiran yang menandai satu lokasi atau tempat. Dan diterjemahkan sebagai "dekat bukit besar", menjadi nama negara bagian di wilayah New England di timur laut AS.

Sebutan Massachusetts menjadi indah, paling tidak ditelinga Bee Gees, Gibb bersaudara (Barry, Robin dan Maurice), untuk dijadikan sebuah lagu yang berkesan. Maka mereka menulis lagu Massachusetts, ketika mereka berada diatas sebuah boat, yang saat itu berada didekat patung  Liberty, New York,yang berbatasan dan tak jauh dari negeri itu.


"Massachusetts sebuah tempat yang aku telah lihat, Ku akan selalu ingat Massachusetts", kata-kata diakhir lagu itu. Bee Gees berkata-kata tentang Massachusetts, tentang kehidupan di Massachusetts, bicara tentang orang-orang Massachusetts, suasana Massechusetts, namun Bee Gees... sebenarnya belum pernah melihat tempat itu, apalagi melihat nyala lampu-lampunya. Ketika menggoreskan pena untuk menulis lagu ini, Bee Gees cuma membayangkan dalam hati dan pikirannya saja.

Lagu Massachusetts ini pada awalnya diciptakan untuk folk grup The Seekers (Athol Guy, Keith Potger, Bruce Woodley dan Judith Burham) asal Australia yang berkunjung ke Inggris. Grup ini keburu bubar pada 1968 dan tidak sempat merekam lagu ini. (Dalam reuni The Seekers merekam lagu ini untuk penghormatan bagi Maurice Gibb yang berpulang pada 2003). Bee Gees kemudian merekam bagi mereka sendiri, dan menjadi hit pertama Bee Gees setelah mereka Go International.

Lagu Massachusetts menjadi hit No.1 di 15 negara, namun anehnya di AS dimana terletak negeri yang bernama Massachusetts, lagu ini hanya tercatat pada No.11.

Lagu yang indah, setidaknya bagi Brian Epstein, manager The Beatles yang beberapa waktu setelah direkamnya lagu ini, berkata kepada Maurice bahwa lagu indah ini akan segera menjadi hits. Beberapa waktu kemudian Brian menghadap Penciptanya, sehingga membuat kenangan sedih bagi Maurice. Lagu ini dinyanyikan oleh Robin, sebagai lead singer, dan menjadi single yang best seller sepanjang masa dari Bee Gees. 5 juta kopi telah laku diseluruh dunia. Kemudian lagu Massachusetts ini dimuat dalam album Bee Gees Horizontal, album studio kelima Bee Gees, atau album kedua mereka setelah mendunia.

Lirik lagu Massachusetts :

Feel I'm goin' back to Massachusetts,
Somethings telling me, I must go home
And the lights all went out in Massachusetts
The day I left her standing on her own.

Try to hitch a ride to San Fransisco
Gotta do the things I wanna do
And the lights all went out in Massachusetts
They brought me back to see my way with you.

Talk about the life in Massachusetts
Speak about the people I have seen,
And the lights all went out in Massachusetts
And Massachusetts is one place I have seen

I will remember Massachusetts..





3 komentar:

Saya berbahagia dengar nada lagu masachussets

Sangat indah lagunya jadi kepingin dengerin terus

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More