Senin, 31 Oktober 2011

BONEY M. [BONEY MARY'S BOY - BONEY MY LORD - BONEY MARCIARETT ] - Lagu Mary's Boy Child/Oh My Lord

Boney Maria - Boney Marcia

LAGU : MARY'S BOY CHILD + OH MY LORD
PENULIS : JESTER HAIRSTONE
PENYANYI : HARRY BELAFONTE (asli) 1956, BONEY M (cover) 1978.

Selain cerita dari tokoh dalam sejarah (Rasputin, Ma Baker, El Lute), Kata-kata dari Alkitab juga menjadi inspirasi pencipta lagu untuk disajikan (Rivers Of Babylon, Marys Boy Child). Grup disko terkenal Boney M menyanyikan lagu lagu itu. Meskipun mereka tinggal menyanyikan kembali lagu lama kepada pendengar, namun di up date ke irama disko sesuai dengan ciri musik mereka.


TEMA : KATA ALKITAB
Cerita Alkitab tentang pembuangan bangsa Yehuda ke negeri Babel sesuai tulisan dalam Mazmur 137 telah disampaikan lewat tulisan "Boney-mazmur" tentang lagu "Rivers of Babylon". Dan tema dari Alkitab kali ini adalah seputar kelahiran Anak Maria pada hari Natal. Lirik lagu ini ditulis pengarangnya menggantikan lirik lagu lama yang ia ciptakan sebelumnya He Pone and Chocolate Tea yang berirama Calypso, lagu yang diminta oleh seseorang untuk pesta hari ulang tahun. Lagu tersebut tidak pernah direkam. 

MARY'S BOY CHILD
Pengikut Yesus diseluruh dunia selalu merayakan Hari Natal Yesus Kristus. Ia lahir di Betlehem diwaktu lampau (Long time ago in Bethlehem). Yakni pada zaman Kaisar Romawi-Raya bernama Agustus (27 - 14 SM), dan masa Kirenius menjadi Wali negeri Siria. -( lihat Lukas 2 : 1) dengan saksi-saksi : Maria dan Yusuf sebagai orang tuaNya (ayat 4-7), para Gembala di padang Efrata dan Para Malaekat  di Surga (ayat 8-20).

VERSI ASLI - HARRY BELAFONTE dan PENULIS LAGU
Lagu dengan judul "Marys Boy Child", pertama dirilis oleh King of Pop tahun limapuluhan Harry Belafonte. Penulis mengenal lagu ini lewat piringan hitam ayah pada tahun enampuluhan, dengan penyanyi  country terkenal saat itu. Jim “Gentleman”Reeves. Lagu ini  ditulis Jester Hairston pada 1956. Rekaman lagu Natal Harry Belafonte dalam album An Evening With Belafonte itu kemudian menduduki No.1 pada tahun 1957 di Inggris. Muncul lagi dalam albumnya To Wish You A Merry Christmas pada 1962 dengan versi lebih panjang. Harry tertarik dan meminta ijin merekam lagu ini ketika mendengar Schumans Hollywood Choir membawakan lagu yang sengaja dipesan oleh Walter Schuman pada penulisnya, yang oleh penulis lalu menyodorkan lagu lama yang pernah ia buat He Pone and Chocolate Tea dengan mengganti lirik.

VERSI COVER - BONEY M dan PRESTASI LAGU
Banyak penyanyi lain telah mengcover lagu ini seperti : Brothers Four, Andy William, Jim Reeves, John Denver hingga Tom Jones dan masih banyak lagi. Sekitar 20 tahun kemudian dari rekaman Belafonte (1956) dan meduduki No.1 tangga lagu Inggris 1957, yakni pada Natal 1978  tepatnya  9 Desember – 31 Desember 1978, "Mary's Boy Child" kembali duduk pada tangga atas lagu di Inggris lewat Boney M. Mereka menyanyikan 3 bait lagu ini dengan tempo cepat dan  menyambung dengan sebuah lagu doa - Oh My Lord (Farian, Jay). Mary's Boy Child merupakan lagu kedua Boney M yang masuk dalam Guiness Record sebagai salah satu dari "The Ten Best Selling Of the Time" setelah lagu mereka yang lain,"Rivers of Babylon". Kesuksesan lagu Marys Boy Child oleh kinerja Boney M mendatangkan kebahagiaan bagi penulis lagu Jester Hairston pada usia 78 tahun saat itu, ucapnya : " " Tuhan memberkati jiwaku, Itu luar biasa untuk orang tua seperti saya" 

INTRO BY MARCIA
Judul "BONEY MARYS BOY - BONEY MY LORD - BONEY MARCYARETT" adalah kata-kata plesetan dari 2 buah lagu yang dimedley Marys Boy Child dan Oh My Lord dengan vocal utama Marcya Barrett, anggota Boney M.

Lagu versi Boney M ini dibuka dengan intro capella duet suara Marcia Barrett dan Liez Mitchel : " MARY'S BOY CHILD JESUS CHRIST WAS BORN ON CHRISTMAS DAY...  AND MAN WILL LIVES FOR EVER MORE, BECAUSE OF CHRISTMAS DAY". Lalu dengan riang khas disko kita mendengar suara berdendang, solo Marcia mulai menceritakan kata Alkitab "LONG TIME AGO IN BETLEHEM .."., dilanjutkan duet Liz dan Marcia "MARY'S BOY CHILD..", lalu suara dengung pria Farian Mmm...mmm... dalam irama And Man will Live.... kembali duet wanita Marcia dan Liz Mitchel Mary's Boy.... kemudian suara dalam khas Frank Farian mendengung lagi, kali ini menyampaikan harapan bagi semua orang...OH A MOMENT...dan seterusnya.

NATS & LIRIK LAGU-
Di awal lagu disampaikan bahwa kelahiran Anak Maria pada hari Natal dituturkan dalam Alkitab (So the Holly Bible said).
Sedikit banyaknya lagu ini didasarkan pada tulisan Lukas 2 : 1 – 20, tentang "Kelahiran Yesus Kristus". 

BAIT 1- DARI (LUKAS 2 : 1- 6).  WAKTU DAN TEMPAT KELAHIRAN ANAK MARIA
2:1 Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah menyuruh mendaftarkan semua orang diseluruh dunia.
2:2 Inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kirenius menjadi wali negeri di Siria.
2:3 Maka pergilah semua orang mendaftarkan diri, masing-masing di kotanya sendiri.
2:4 Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem,karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud.
2:5 supaya didaftarkan bersama-sama Maria, tunangannya, yang sedang mengandung.
2:6 Ketika mereka disitu tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin,

-- Long time ago, in Bethlehem, So the holly bible sad, Mary's Boy Child Jesus Christ was born in Christmas day.

BAIT 2 DARI (LUKAS 2 : 8 - 20), - GEMBALA DAN KOOR MALAEKAT
2:8 "Didaerah itu ada gembala-gembala yang tinggal dipadang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam."

-- While shepherd wacth their flocks by night

2:13 "Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah.". 

-- they see a bright new shining star they hear a choir sing a song the music seemed to come from a far.

2:11 "Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud."

-- Hark now hear the Angles sing a King was born to day. 

2:10 "Aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa."

-And man will lives for ever more, because of Christmas day....Oh a moment still worth was a glow, all the bells rang out there were tear of joy and laughter, people shouted “let everyone know, there is hopefor all to find peace

BAIT 3 - DARI (LUKAS 2 : 4 - 7), -YUSUF DAN MARIA
2:4 Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem, -- karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud --
2:5 supaya didaftarkan bersama-sama Maria, tunangannya, yang sedang mengandung.

-Now Joseph and his wife Mary,  came to Bethlehem that night

2:6 Ketika mereka disitu tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin,
2:7 dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka dirumah penginapan 

-they found no place to bear her child, not a single room was in sight. And then they found a little nook in stable all forlorn, and in a manger cold and dark, Marrys little child was born).

JURU SELAMAT MANUSIA
Lagu Marys Boy Child kemudian disambung oleh grup disko ini, dengan lagu Oh My Lord, lagu baru yang ditulis Farian dan Jay : Oh Tuanku, Engkau mengirim anakmu untuk menyelamatkan kami. Oh Tuanku, Engkau sendiri menganugerahkan kami keselamatan, oh Tuanku, dosa tak mungkin memperbudak kami lagi, cinta kasih berkuasa lagi (Oh my Lord, You sent your son to save us. Oh my Lord, Your very self gave us, Oh my Lord, that sin may not enslave us and love may reign once more).



3 komentar:

Makaseh om Hengki.

Ini artikel kita mo post di http://bacerita.blogspot.com

Tuhan Yesus memberkati.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More