Jumat, 07 Oktober 2011

Ibu (lagu-lagu hit tentang Ibu dan “Ibu” )


Hari lahir John Lennon ke 71, hari ini  9 Oktober 2011. Happy Birthday John.


Mother – John Lennon

Lagu solo pertamanya setelah The Beatles. September hingga Oktober 1970, John Lennon ,musisi mantan The Beatles merekam sebuah lagu tentang ibunya. Lagu itu merupakan tangisannya akan kepergian orang tuanya meninggalkan dia di masa kecil. Ayahnya Alfred Lennon meninggalkan keluarga ketika John masih bayi. Ibunya meninggalkan dia, pergi ke alam lain ketika John berusia 17. Ibunya yang bernama Julia ketika menyeberang jalan ditabrak kendaraan oleh polisi diluar tugas dan sedang mabuk.

Lagu berjudul ‘Mother’ ini dirilis pada Desember tahun itu juga dengan label Apple Records. Pada intro lagu kita mendengar  lonceng gereja untuk pemakaman, dentang menakutkan tanda kematian.
Dalam lyric lagu pertama solo setelah bubar The Beatles ini, John menghidupkan kembali kehilangan orang tuanya : “Ibu, engkau tinggalkan aku, tetapi aku tidak. Ayah, kau tinggalkan aku tapi aku tak pernah tinggalkan kamu. Diakhir lagu ia berseru memanggil Ayah dan ibu: "Mother Don't Go..Daddy Come home.

Dalam rekaman ini, ia masih dibantu mantan personil The Beatles kecuali Paul. George pada Gitar, Ringgo pada Drum, dan teman The Beatles Klaus Voorman pada Gitar Bass.
John Lennon ragu bila lagunya ini mempunyai daya tarik komersial, namun kemudian kita dapat mendengar lagu ini lewat musisi lain, seperti Barbra Streisand pada 1971. Terakhir 2007 Christina Aguilera tersedia dalam i-Tunes yang eksklusif.




Mother How Are You To day – Maywood


Duet asal Negeri Belanda, Alice May dan Karen Wood (Maywood) yang dapat dikenali lewat uptempo dan balada melankolis, merilis lagu lewat label EMI pada 1980 , “Mother How Are You To Day” 10 tahun setelah Mother John Lennon. 

Single ketiga mereka ini, mengantar mereka dikenal diluar negerinya.


Lagu ini merupakan catatan dan kabar untuk ibunya dari seorang putri yang telah mendapatkan pria impiannya di rantau: “ Ibu, jangan Khawatir,aku baik-baik”, dan berjanji  akan bertemu pada musim panas, dan lebih utama menanyakan kabar : “Mother, bagaimana Kabarmu hari ini” sebagaimana judul lagunya.











Bahama mama  - Boney M
Dari grup disko, Boney M setahun sebelumnya yaitu 1979 merilis lagu tentang ibu pula dengan judul Bahama Mama. 


Ibu yang satu ini mempunyai rumah besar di Bahama, kepulauan dimana Dunia baru ditemukan oleh Colombus dan kepulauan asal dari anggota grup Jerman ini. Masaalah Ibu ini terungkap dalam lagu berirama disko ini. Adalah dia mempunyai 6 anak perempuan, dan yang menjadi pokok, mereka belum ada yang menikah. 6 kuntum Mawar yang mekar : "Ada apa dengan para lelaki sekarang, tidak ada yang memetik". Oh Bahama mama dia terjebak dalam lingkaran 6 putrinya.

Mamma Mia – ABBA


Diantara tahun tahun tiga lagu itu, grup asal Swedia yang terdiri dari 2 pasang kekasih, Agnetha Faltskoq, Benny Andersson, Bjorn Ulvaeus, Anni-Frid Lyngstad (ABBA) membawakan lagu yang namanya berasal dari Italia, ‘Mamma Mia’ yang merupakan kata seru (harfiah, “Ibuku”).

Lagu ini sebenarnya bukan tentang ibu, tapi tentang seorang wanita yang kecewa dengan pasangannya yang tidak setia tapi tetap memaafkannya. 


Lagu ini tidak pernah dimaksudkan untuk dirilis secara single. ABBAmania di Australia akhirnya dapat mendesak lagu ini dijadikan single dan di ijinkan serta disetujui produser ABBA Stig Anderson pada Agustus 1975, dan sukses lewat perusahan rekaman RCA.

Setelah sukses di negeri bumerang, lagu yang direkam 12 maret 1975 ini, pada Januari 1976 mencapai Nomor 1 tangga lagu di Inggris.

Bohemian Rhapsody -  Queen



Posisi No.1 Mamma Mia dari ABBA, kemudian direbut oleh lagu “Bohemian Rhapsody” dari grup Rock “Queen”. Lagu ciptaan Freddy Mercury ini, menguasai waktu hingga 9 minggu di tangga lagu Inggris. Ketika kematian Freddy lagu ini kembali berada di puncak tangga lagu pada 1991. Seseorang mengeluh dalam kebingungan setelah menghilangkan nyawa orang : " Mama, just killed the man".


Diakhir lagu "Bo-Rap", demikian orang menyingkat nama lagu ini menyebut pula seruan dalam bahasa Italia :mamma mia (ibu) let me go. Lagu ini tersusun dalam urutan : -Intro, Balada, Solo gitar, Opera, Heavy Rock, Outro. sehingga memakan 5 menit lebih untuk didengar, waktu cukup panjang ketika itu. 


Lagu ini merupakan "Champion", karena pada 2002 Guinness World Record menempatkan sebagai single Inggris terfavorit No. 1, diatas Imagine-Lennon No.2 dan Hey Jude-The Beatles No.3.




Oh Mother - Christina Aguilera




Tahun 2007, Christina Aguilera penyanyi dan penulis lagu Amerika yang kemampuan vokalnya sering dibandingkan dengan Whitney Houston dan Mariah Carey merilis lagu Oh Mother. Singel keempatnya ini di rilis khusus untuk Eropah.


Lagu ini dari seorang puteri bersama anak-anaknya telah ditinggal suaminya, lalu ia mengajak ibunya untuk tetap kuat dan tak perlu menengok kebelakang atas peristiwa yang telah terjadi : "Karena ia tidak akan menyakiti kita lagi". Dibait terakhir ucapan terima kasih untuk ibu atas segala usaha yang telah ia lakukan : "Aku milikmu, Engkau milikku", "I love you, mom"


Mama - Heintje




Sebelum Mother-John Lennon, pada 1967 masa John masih The Beatles, penyanyi cilik Belanda Heintje merilis lagu lama dengan judul mama di Jerman dan menjadi hit pada tahun itu dan tahun sesudahnya. Lagu ini ditulis oleh Bruno Balz untuk film Mutter pada 1941.


"Hanya ada satu di dunia ini yang mengasihi saya dengan penuh semangat", sepenggal kata-kata dalam lagu hit berbahasa Jerman , dan mampu bertahan dalam grafik lagu selama 1 tahun lebih (53 minggu) di Jerman ini, wow mamma mia! 











0 komentar:

Poskan Komentar

Amazon MP3 Clips

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More