Minggu, 16 Oktober 2011

BONEY M. [BONEY MOST WANTED] - Lagu & Cerita El Lute )


LAGU : EL LUTE
PENCIPTA : FRANK FARIAN/ HANS BLUM/ FRED JAY
PENYANYI : BONEY M
ALBUM/ SINGLE : OCEAN OF FANTASY, EL LUTE/ GOTTA GO HOME
RILIS : AGUSTUS 1979

POSISI LAGU
Single terakhir atau kedelapan yang menduduki No.1 di Jerman. Di Inggris single pertama yang tidak mencapai Top 10, hanya duduk pada No.12 dengan lagu Gotta go Home.

TEMA LAGU, SEJARAH TOKOH LEGENDA.
Beberapa lagu hit dari Boney M merupakan cerita mengenai seseorang yang menjadi legenda dalam sejarah dunia. Rasputin pria Rusia, Ma Barker wanita kriminal Amerika. Dua kisah yang menginspirasi pencipta lagu itu adalah kisah lama diawal abad 20. Ketika lagunya menjadi hit, tokohnya telah lama tiada.

Kisah serupa yang menjadi lagu dari Boney M adalah kisah unik "Robinhood" dari Spanyol. Sang kriminal Eleuterio Sanchez yang dikenal dengan El lute. Ia dihukum mati atas perampokan dan pembunuhan, dan hukuman total 1000 tahun atas  kasus kejahatan lainnya yang dia lakukan. Namun hukumanya di ringankan menjadi 30 tahun penjara. Kisah ini terjadi pada 1960-an.

Dengan judul El lute ini, pada 1979 Boney M merilis single (yang kedua kali untuk orang "paling dicari"). Pertama adalah Wanita paling dicari oleh FBI di AS "Ma Barker".

Ketika lagu El Lute ini dirilis oleh grup disko bentukan produser Frank Farian itu, tokoh dalam lagu ini masih di penjara. Boney M dalam kunjungan promosi ke Spanyol sempat bertemu langsung dengan "Sang binatang liar" El lute, tokoh dalam lagu disko melankolis ini. Serta mendapatkan catatan emas bagi penjualan single mereka disana.

ISI LAGU
Diawal lagu, suara "dalam" pria memulai : "THIS IS THE STORY OF EL LUTE" 

Pria yang paling dicari oleh polisi di Spanyol. Yah Pria yang diburu seperti seekor binatang liar. "A MAN WHO WAS BORN TO BE HUNTED LIKE A WILD ANIMAL".  

Meskipun miskin tapi dia tidak menerima nasibnya : "BECAUSE HE WAS POOR, BUT HE REFUSED TO ACCEPT HIS FATE". Lanjut suara diawal lagu. Sanchez sendiri dari keluarga miskin di negerinya. Dan merupakan penjahat sejak masih usia muda,

Dia dihukum mati  untuk sesuatu yang bukan dia lakukan... dapat didengar ketika suara merdu wanita Boney M mulai bersenandung : "HE WAS ONLY NINETEEN AND HE WAS SENTENCED TO DIE FOR SOMETHING THAT SOMEBODY ELSE DID".

Ia lahir di Salamanca, Spanyol Barat 1942. Hidup sebagai orang miskin ia kemudian menjadi penjahat di negaranya. Karirnya diawali dengan mencuri 2 ekor ayam yang diganjar 6 bulan penjara. Selanjutnya dengan kejahatan yang lebih meningkat seperti perampokan di Madrid, yaitu di sebuah toko pada tahun 1965. Ketika itu seorang penjaganya tewas terbunuh, namun sebenarnya bukan dia yang membunuhnya, tapi dia dipersalahkan : "AND BLAMED ON EL LUTE".

Dia kemudian menjadi seorang legenda. Karena berkali-kali dapat melarikan diri dari penjara. Pelariannya itu dengan bantuan orang. "THEN THEY CHANGED IT TO LIFE AND SO HE COULD ESCAPE". 

Oleh karena itu Sanchez kemudian menjadi orang yang paling dicari siang dan malam diseluruh Spanyol :  FROM THEN ON THEY CHASED HIM, AND SEARCHED FOR HIM DAY AND NIGHT ALL OVER SPAIN". 

Gambar wajah El Lute terpampang diatas dinding pada setiap tempat yang ada di Spanyol. "ON THE WALLS EVERY PLACE THEY HAD PUT UP THE FACE OF EL LUTE"- Dan akhirnya sang perampok, yang dalam lagu ini disebut  ala Robin Hood, : "AND HE ROBBED WHERE HE COULD JUST LIKE ONCE ROBBIN HOOD", dapat ditangkap dan dipenjara lagi, Kali ini ia tak dapat lolos lagi, ia dikurung dalam penjara militeri :  "THEY FINALLY CAUGHT HIM AND THAT SEEMED THE END".

Setiap orang tentu tidak ingin hidup dalam penjara dan ingin hidup dalam dunia bebas dirumah sendiri : "AND HE WANTED A HOME JUST LIKE YOU AND LIKE ME IN A COUNTRY WHERE ALL WOULD BE FREE". Dalam penjara Sanchez yang buta huruf, mulai belajar menulis dan membaca. Sanchez dapat meraih gelar Sarjana Hukum dan menulis beberapa buku, serta  melancarkan protes tidak bersalah dari tuduhan. Tapi itu sepertinya sia-sia dan tidak dapat menolongnya : "SO HE TAUGHT HIMSELF TO READ AND TO WRITE IT DIDN'T HELP EL LUTE".

Usahanya membersihkan namanya giat ia lakukan. Sementara diluar penjara, namanya kian populer : "SOON THE FAME OF HIS NAME - SPOREAD LIKE WILD FIRE ALL OVER THE LAND". Usahanya itu mendapat dukungan dari orang yang tahu bahwa dia tidak bersalah. Usaha Sanchez itu merupakan perjuangannya, yang dirasakan orang adalah perjuangan mereka juga : "PEOPLE STILL GAVE HIM BREAD AND THEY GAVE HIM A HAND - FOR THEY KNEW HE WAS RIGHT AND HIS FIGHT WAS THEIR FIGHT".

Pada akhirnya ketika terjadi perobahan politik di Spanyol, perobahan dapat dialami atau juga terjadi bagi El Lute. Dia diampuni dan dibebaskan pada 20 Juni 1981, saat itu usianya 39 tahun, http://www.nytimes.com/1981/06/21/world/spain-pardons-eleuterio-sanchez-the-murderer-known-as-el-lute.html , ketika lagu tentang dia masih terdengar dimana-mana bagian dunia ini. Bebasnya si El Lute tergambar pada akhir lagu  : "AND THEN FREEDOM REALLY CAME TO HIS LAND - AND ALSO TO EL LUTE, NOW HE WALKS IN THE LIGHT OF A SUNNY NEW DAY, THE MAN THEY CALLED EL LUTE"

Berikut lyric dalam susunan lengkap, El lute :

(Frank Farian, Hans Blum, Fred Jay)

Spoken: This is the story of El Lute
Aman who was born to be hunted like a wild animal
Because he was poor
But he refused to accept his fate
And today his honor has been restored

Sing : He was only nineteen
And he was sentenced to die
For something that somebody else did
And blamed on El Lute
Then they changed it to life
And so he could escape
From then on they chased him
And searched for him day and night all over Spain

But the search was in vain for El Lute
He had only seen the dark side of life
The man they called El Lute
And he wanted a home just like you and like me
In a country where all would be free
So he taught himself to read and to write
It didn't help El Lute
He was one who had dared to escape overnight
They had to find El Lute  

Soon the fame of his name
Sporead like wild fire all over the land
With a price on his head
People still gave him bread
And they gave him a hand
For they knew he was right
And his fight was their fight
No one gave you a chance
In the Spain of those days
On the walls every place they had put up
The face of El Lute
And he robbed where he could just like once Robin Hood
They finally caught him and
That seemed the end
But they caught him in vain
Cause a change came for Spain
And El Lute
He had only seen the dark side of life
The man they called El Lute
And he wanted a home just like you and like me
In a country where all would be free
And then freedom really came to his land
And also to El Lute
Now he walks in the light of a sunny new day
The man they called El Lute



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More