Rabu, 26 Oktober 2011

Lagu "SUPER BASS" - Nicki Minaj VS "SUPERwoofer dan BASSfex"

"SUPERnicki - BASSminaj" versus "SUPERwoofer - BASSfex"


"BASS" DALAM SEBUAH LAGU
Suara yang bergetar didalam tubuh seseorang pasti terdengar keras oleh dirinya sendiri. Dering telepon yang membuat takut dikepala Lady Gaga terungkap dalam lagu Telephon dari Gaga bersama Beyonce. (baca http://hengkiharry.blogspot.com/2011/10/yang-anda-tuju-berada-diluar-jangkauan.html)
Kali ini detak jantung terdengar keras bagai bunyi alat musik drum bass di dalam dada Nicki Minaj, penyanyi rap wanita asal NewYork. Memang agak "boom-bass-tiss" juga.

"Super Bass" ( You Got My Heartbeat Runnin Away) merupakan single kelima dalam album Pink Friday  di rilis 22 November 2010. "Super Bass" ini bukan tentang bunyi bass dari suatu alat musik, namun dari lyrik lagu ini kita mendengar hanya suara detak jantung Nicki yang dia rasakan bagaikan pukulan drum bass yang menghentak dada, dan atau bagai bunyi bass yang keluar dari sistim suara di klub yang membahana.

“Boy you got my heartbeat runnin’ away…Beating like a drum”.

Ini dia disampaikan pada seorang anak muda yang dilihat dalam klub, dia suka dan menyebabkan hatinya berdebar. Debaran itu begitu keras pukulannya, yah dia sedang jatuh cinta.  

Dapatkah bunyi itu terdengar keluar ? : “Can't you hear that boom, badoom, boom, boom, badoom, boom, bass”?

SUPER BASS DALAM AUDIO DAN MUSIK.----

Terlepas dari apa maksud lirik lagu "Super Bass', lewat tulisan ini saya hanya ingin menghubungkan lagu "Super Bass ini dengan suara bass yang adalah bagian dari musik dan audio, bass selalu dijumpai atau terdengar dalam musik atau lagu. Tidak lupa disampaikan juga lirik dan video (yuo tube) "Super Bass" untuk disimak.

AUDIO.----

Bass dalam audio dan musik merupakan getaran nada rendah (frekwensi 10 Hz hingga100 Hz untuk sub bass dan hingga 6K Hz untuk midbass). Biasanya keluar dari gitar bass dan atau drum bass. Bila dalam tingkat tekanan tinggi disebut Super Bass. Dalam bioskop nada bass tidak saja keluar dari loudspeaker, tetapi juga digetarkan lewat kursi.  Itu untuk “didengar” oleh tubuh dan dikenal dengan Sub bass. Sehingga bunyi rekaman seperti gelegar bom, dinamit, basoka atau meriam dan bunyi alam halilintar, gemuruh dan gempa dapat dirasakan seperti bunyi aslinya.

Untuk mengolah suara bass dalam teknik audio dipakai amplifier untuk nada rendah yaitu dengan menapis frekwesi suara lewat Cross Over (elektronik) terlebih dahulu, getaran nada rendah yang lolos dari tapisan itulah yang disalurkan untuk diteruskan oleh amplifier ke loudspeaker (mekanik). Speker juga dirancang untuk hal tersebut. Driver dibuat dengan simpangan besar untuk bergetar, bermagnet besar, dan kotak dirancang sesuai kebutuhan nada bass, yakni melalui perhitungan matematik agar dapat memaksimalkan bunyi nada rendah alias bass.

AUDIO PRO - SUARA "PUNCH" DAN "DALAM"-----
Sedangkan dalam audio pro adalah bagaimana mengola suara bass khususnya suara yang keluar dari gitar bass pemusik melalui amplifier hingga speaker. Suara dengan frekwensi rendah (bass) memang cenderung lebih sulit untuk diproduksi dari pada suara berfrekwensi lebih tinggi. Diperlukan amplifier dengan tenaga lebih besar misalnya. Pabrik audio pro Mesa/Boogie adalah salah satu pembuat amplifier bass dan gitar yang banyak diakui oleh banyak musisi profesional,  pernah membuat amplifier bass bernama "Bass 400+", didalamnya ada bagian pengolah frekwensi rendah berupa equalizer 100 Hz hingga 6 KHz dalam 6 tombol. Selain Amplifier maka rangkaian signal bass berakhir pada speaker yang terdapat pada kabinetnya. Dari ukuran driver speaker yang ada untuk suara bass 10, 12, 15 dan 18 inch, maka untuk mendapatkan suara bass yang baik dan lengkap maka perlu mengkombinasikan beberapa ukuran tersebut seperti misalnya 10 dengan 18 akan menghasilkan suara "punch" dari 10 dan suara "dalam" dari 18, seperti yang pernah diterapkan oleh pabrik yang telah disebutkan.

SUPER WOOFER-----
Untuk pemakaian dalam rumah pada awal tahun 80-an, pabrik audio "Yamaha"(Jepang) pernah membuat kotak speaker yang mereka namakan Super Woofer. Super Woofer (NS- W1) cukup populer bagi pencinta audio kala itu. Speaker ini adalah speaker aktif dimana terintegrasi power amplifier yang telah dirancang hanya menyalurkan signal nada rendah. Alat ini mampu menyempurnakan daya performa stereo system. Meski driver hanya berukuran 10 inch, namun getarannya setara dengan speaker dengan diamater yang lebih besar. Dengan alat ini bila ditambahkan pada sistim audio rumah, dapat disimak penampilan suara bass yang super dan membahana. Dan bila ditambahkan pada sistim audio yang lebih kecil seperti micro dan mini compo, maka akan terdengar suara seperti pada peralatan besar.

BASSFEX-----
Sedang pabrik audio "Behringer" (Jerman) pada pertengahan 90-an, melalui peralatan tambahan yang diletakan susunannya sebelum amplifier, pabrik ini menciptakan alat yang mereka namakan BASSFEX . Dari namanya sudah dapat ditebak fungsinya, yakni menampilkan efek suara frekwesi rendah atau yang kita kenal sebagai bass - super bass. Bassfex EX 1000 menambah sub harmonik bass yang hilang oleh sebab beberapa faktor dalam tata suara. Alat ini secara elektronik dapat mengolah suara bass yang biasanya hanya dapat didengar di bioskop-bioskop dan auditorium dapat dinikmati dalam rumah, meski speaker yang kita pakai biasa-biasa saja.

MAKIN BERKEMBANG-----
Dengan perkembangan di bidang teknologi khususnya peralatan audio, alat-alat demikian telah lebih dikembangkan oleh berbagai pabrik agar kita dapat mendengar suara bass yang sempurna dan sesuai selera masing-masing.

MUSIK DAN MUSISI
Pada akhir tahun 70-an silam  dimana musik disko sedang  populer, musik-musik ditampilkan dengan mengutamakan permainan bass yang dianggap dapat memudahkan orang menggerakan badan ketika mendengar musik.

Pada jenis musik lain seperti rock metal misalnya, John Paul Jones pemain bass grup legendaris Led Zeppelin, dapat dikatakan sebagai "seniman bass", dia sangat memperhatikan sound bass yang digunakan dalam setiap penampilannya.


LAGU SUPER BASS DI TANGGA LAGU

Ketika tulisan ini dibuat (minggu 42, 2011), lagu Super Bass ini sedang berada di posisi 14 Hot 100 tangga lagu  Billboard : “Yeah that super bass , Got that super bass boom, badoom, boom. Boom, badoom, boom, bass”.

"Ini aku Nicki Minaj" : Selamat menikmati bass, super bass. Selamat mendengar boom.


LIRIK SUPER BASS

[Verse 1:]
This one is for the boys with the booming system
Top down, AC with the cooling system
When he come up in the club, he be blazin' up
Got stacks on deck like he savin' up

And he ill, he real, he might got a deal
He pop bottles and he got the right kind of build
He cold, he dope, he might sell coke
He always in the air, but he never fly coach
He a motherfucking trip, trip, sailor of the ship, ship
When he make it drip, drip kiss him on the lip, lip
That's the kind of dude I was lookin' for
And yes you'll get slapped if you're lookin' hoe

I said, excuse me, you're a hell of a guy
I mean my, my, my, my you're like pelican fly
I mean, you're so shy and I'm loving your tie
You're like slicker than the guy with the thing on his eye, oh
Yes I did, yes I did, somebody please tell him who the F I is
I am Nicki Minaj, I mack them dudes up, back coupes up, and chuck the deuce up

[Chorus: Ester Dean & Nicki Minaj]
Boy you got my heartbeat runnin' away
Beating like a drum and it's coming your way
Can't you hear that boom, badoom, boom, boom, badoom, boom, bass
Yeah that's that super bass
Got that super bass boom, badoom, boom, boom, badoom, boom, bass
Yeah that's that super bass
(Boom) [x15]
Boom, badoom, boom, boom, badoom, boom, he got that super bass
Boom, badoom, boom, boom, badoom, boom, he got that super bass

[Verse 2:]
This one is for the boys in the polos
Entrepreneur niggas & the moguls
He could ball with the crew, he could solo
But I think I like him better when he dolo
And I think I like him better with the fitted cap on
He ain't even gotta try to put the mac on
He just gotta give me that look, when he give me that look
Then the panties comin' off, off, uh
Excuse me, you're a hell of a guy you know I really got a thing for American guys
I mean, sigh, sickenin' eyes I can tell that you're in touch with your feminine side
Yes I did, yes I did, somebody please tell him who the F I is
I am Nicki Minaj, I mack them dudes up, back coupes up, and chuck the deuce up

[Chorus: Ester Dean & Nicki Minaj]

[Hook:]
See I need you in my life for me to stay
No, no, no, no, no I know you'll stay
No, no, no, no, no don't go away
Boy you got my heartbeat runnin' away
Don't you hear that heartbeat comin' your way
Oh it's like, boom, badoom, boom, boom, badoom, boom, bass
Can't you hear that boom, badoom, boom, boom, badoom, boom, bass


[Chorus: Ester Dean & Nicki Minaj] 




0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More