Jumat, 31 Agustus 2012

THE BEATLES - COME TOGETHER (Lagu oleh BEATLES tentang BEATLES)


Merayakan 50 tahun kehadiran The Beatles, penulis memilih sebuah lagu dari The Beatles untuk disimak. Dan penulis menemukan lagu oleh The Beatles "tentang" The Beatles itu sendiri, untuk dicermati.

Pada bulan ini 50 tahun silam, tepatnya 18 Agustus 1962, The Beatles tampil pada show di Cavern Club Liverpool dengan formasi terbaru : John Lennon, Paul McCartney, George Harrison yang telah duluan, dan anggota terakhir yang baru bergabung Ringgo Starr. Formasi ini kemudian menjadi yang terkuat hingga bubarnya pada akhir 1960-an. Sebelumnya The Beatles telah tampil disini dengan drumer Pete Best. Ringgo menggantikan Pete Best yang permaianan drumnya agak kurang mengimbangi grup.

Pada 1969, hari-hari terakhir dari kinerja The Beatles, ada kesulitan yang grup hadapi agar tetap utuh. John Lennon mengajak grup untuk tetap bersama. John menumpahkan ajakannya melalui lagu, katanya : "Come Together, Right now, Over Me". Kata-kata dalam lagu "Come Together", lagu yang menjadi pembuka pada proyek/album "terakhir" The Beatles, "Abbey Road". Sebuah lagu dengan semangat remaja, dan merupakan yang terakhir seperti itu ketika 4 orang legenda itu bersama-sama.

foto : John Lennon memegang album Abbey Road.

Dapat dikatakan lagu "Come To Gether" yang ditempatkan pada No. 9 dalam "Daftar 100 lagu terbesar The Beatles" oleh majalah Rolling Stone ini, bicara tentang diri The Beatles sendiri. Betapa tidak, lagu yang diciptakan John Lennon dan dikreditkan untuk "Lennon-McCartney" ini, liriknya terdiri dari 4 Ayat. Setiap ayat diperankan oleh seseorang yang disebut "He". Banyak orang telah mengartikan 4 ayat sebagai peran dari 4 anggota grup. Ada yang mengintepretasikan tiap ayat untuk masing-masing, ada pula yang mengartikan secara keseluruhan bagi semua anggotanya. Namun perlu diingat John Lennon lebih piawai menciptakan lagu tentang dirinya, jadi kemungkinan besar "He" itu, yah dia sendiri.

Lepas dari perdebatan tentang ayat-ayat itu, namun dipastikan bahwa sepak terjang dari "He" sebagai pelaku dalam lagu itu, adalah prilaku yang terkumpul dari keempat anggota grup. Mulai dari bagaimana mereka bertemu, bermusik, beraksi, bertingkah sehari-hari, bercinta, hingga memakai obat-obatan. Kemudian sejarah tentang bagaimana empat orang dapat terkumpul dalam satu grup Band yang mati muda, namun terkenal hingga saat ini. Anggota The Beatles dengan karakter dan talenta masing-masing bergabung menjadi kekuatan yang besar dan mempengaruhi musik dan budaya dunia.

foto : Peranan 4 anggota The Beatles, (potongan suatu artikel tentang 4 anggota), Poor Ringo, www.dittomusic.com

Manager dan Producer The Beatles George Martin sendiri berkata, dikutip dan diterjemahkan bebas dari artikel tentang lagu ini pada Rolling Stone : "Bila saya mengambil satu lagu yang menunjukkan empat talenta yang berbeda dari anak-anak dan caranya mereka menggabungkan dan membuat suara hebat, saya akan memilih 'Come Together'. ---
Lanjut Martin berujar : "Lagu yang aslinya memang telah baik, dengan suara John makin lebih baik lagi, Lalu ide Paul untuk riff yang hebat, Dan Ringgo mendengar dan melakukan sesuatu yang cocok pada drum menjaga ketukan hingga pada saat John melakukan lompatan (Over Me!), Dan selanjutnya ada gitar George diakhir. ---
Empat dari mereka akan jauh....jauh lebih baik dari pada sendiri dan  masing-masing".---
Read more: http://www.rollingstone.com/music/lists/100-greatest-beatles-songs-20110919/come-together-19691231#ixzz25B8aGs5K

Lagu ini mencapai puncak pada daftar lagu di AS, dan No.4 di UK. Lagu Come Together ini terispirasi dari tema  kampanye Timothy Leary untuk pemilihan Gubernur California melawan Ronald Reagen untuk Pemilihan 1970, yang berbunyi : "Ayo bersama-sama bergabung dalam partai". Leary telah meminta John untuk membuat lagu bagi kampanye, namun berakhir kepada penangkapan dan dipenjaranya Timothy karena kepemilikan ganja.
Dari situ mulainya teori tadi tentang pengertian lagu Come Together ini. Yang secara umum disamarkan mengacu pada anggota grup misalnya,
--"dia salah satu rol suci" mengacu pada George yang cenderung religius,
--"dia mendapat jari monyet", dia menembak Coca-cola" mengacu pada Ringgo yang lucu,
-- "dia mendapat bufet Ono" mengacu pada John dan
--"harus menjadi tampan karena dia sulit melihat" yang mengacu pada Paul.

Lagu ini telah di cover oleh banyak penyanyi dari tahun ke tahun, contoh yang terkenal adalah oleh grup Aerosmith dalam film "Sgt Pepper Lonely Heart Club Band"(1978), berdasar album ke delapan The Beatles.

Lirik "Come Together":

He come old flattop
He come groovn' slowly
He got joo-joo eyeball
He one holly roller
He got hair down to his knees
Got to be a joker
He just do what he please

He wear no shoeshine
He got toe jam football
He got monkey finger
He Shoot Coca cola
He say, I know you, you know me
One thing I can tell you is
You got to be free

Come Together, right now
Over me

He bag production
He got walrus gumboot
He got Ono sideboard
He one spinal cracker
He got feet down below his knees
Hold you in his armchair
You can feel his disease

Come together, right now
Over me

He roller coaster
He got early warning
He got muddy water
He one Mojo filter
He say one and one and one is three
Got to be good looking
Cause he's so hard to see

Come together, right now
Over me

Come together, yeah
Come together, yeah
Come together, yeah
Come together, yeah

Come together. yeah
Come together, yeah
Come together, yeah
Come together, yeah


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More