Kamis, 14 Maret 2013

[Seri ROB - 2] MAZMUR 137 (TEMA LAGU "RIVERS OF BABYLON")


"Dari Alkitab, mereka beroleh ide untuk perjuangan mereka, yang ditumpahkan dalam lagu. Lagu 'Rivers Of Babylon", liriknya adalah kutipan dari Mazmur 137, digunakan menjadi lagu perjuangan kemerdekaan, dengan mengambil gambaran dari penderitaan yang dialami bangsa Yehuda".


TEMA LAGU : PENJAJAHAN  BANGSA, SEJARAH BERDASAR ALKITAB

Penjajahan oleh Bangsa Babel terhadap bangsa Yehuda tercatat dalam Alkitab.
Penjajahan oleh bangsa terhadap bangsa lain hingga saat ini masih berlangsung di bumi ini. Seperti contoh yang dirasakan oleh keturunan Afrika di Amerika, lebih khusus di Jamaika, dengan gerakan untuk kebebasan yang disebut Rastafarian. 

Dari Alkitab, mereka beroleh ide untuk perjuangan mereka, yang ditumpahkan dalam lagu. Lagu 'Rivers Of Babylon", liriknya adalah kutipan dari Mazmur 137, digunakan menjadi lagu perjuangan kemerdekaan, dengan mengambil gambaran dari penderitaan yang dialami bangsa Yehuda untuk bebas dan kembali.ke tanah-air.

Tahun 1970, lagu "Rivers Of Babylon", diciptakan oleh Dove dan McNaughton dari grup  reggae The Melodians di Kingston Jamaika. Lagu ini kemudian menjadi sound track film "The Harder The Come" (1972), yang juga bertema penjajahan dan perjuangan untuk kebebasan dan menjadi populer di Amerika..

Tahun 1978, lagu ini dicover oleh grup disko Boney M dan menjadi semakin populer di Jerman Eropah bahkan di seluruh dunia. Boney M dalam versi mereka, menanggalkan atribut-atribut Rastafarian dalam lirik yang terselip dalam lagu itu, dan secara murni hanya menampilkan lirik yang benar-benar dikutip dari Alkitab. Sehingga lagu ini tidak ditujukan pada suatu gerakan tertentu, namun dapat diterima oleh orang yang mengenal tulisan tentang hal itu dalam Alkitab.

MAZMUR (MIZMOR) ---

Mazmur dalam Alkitab berasal kata dari Mizmor (bahasa Ibrani). Yang berarti Nyanyian yang dinyanyikan dengan iringan musik. Menjadi puji-pujian dalam ibadah. Sedang kumpulan  Mizmor adalah Tehilim atau disebut Psalmoi, dalam bahasa Inggris Psalm

Banyak syairnya telah “dijadikan” lagu atau tepatnya di aransemen baru, yang dinyanyikan oleh jemaat. Salah satu yang terkenal adalah Nyanyian Rohani No.118, berjudul "Gembala baik", dari Mazmur pasal 23. Sebuah Mazmur seruan keyakinan.
---------

MAZMUR 137 DAN  MAZMUR19 -- LIRIK LAGU "RIVERS OF BABYLON" ---

Sebuah Mazmur yang diperkirakan ditulis oleh pemazmur/ pemain kecapi yang mengalami penderitaan langsung di Babel, Dan ditulis setelah kembali ke tanah-air Yerusalem. Yakni Mazmur 137 dalam Akitab (termasuk Kitab Yahudi, terdiri dari 9 ayat

Bagian atau pasal ini, kata-kata pembukaannya "Di tepi sungai-sungai Babel", dan kata-kata itu sekaligus menjadi judul pasal ini : "By The Rivers of Babylon" (Bahasa Inggris). 
"Rivers of Babylon" - (judul lirik lagu). 

Menceritakan kehidupan Bangsa Yehuda ketika dibuang ke negeri Babel (lokasi sekarang Irak), setelah penghancuran Yerusalem sekitar tahun 586 sebelum Masehi oleh kerajaan Babel pada masa raja Nebukadnezar. 



foto : Peta Babylon - http://bible.cc/psalms/137-1.htm


Isinya sangat memelas dan membuat kasihan, dan merupakan Mazmur ratapan. (Lengkapnya dikutip dari Alkitab versi Bahasa Indonesia terjemahan baru) :  
-------------

"Di tepi sungai-sungai Babel"

1. Di tepi sungai-sungai Babel, di sanalah kita duduk sambil menangis, apabila kita mengingat Sion.
2. Pada pohon-pohon gandarusa di tempat itu kita menggantungkan kecapi kita.
3. Sebab di sanalah orang-orang yang menawan kita meminta kepada kita memperdengarkan nyanyian, dan orang-orang yang menyiksa kita meminta nyanyian sukacita : "Nyanyikanlah bagi kami nyanyian dari Sion!".
4. Bagaimanakah kita menyanyikan nyanyian TUHAN di negeri asing?

5. Jika aku melupakan engkau, hai Yerusalem, biarlah menjadi kering tangan kananku!
6. Biarlah lidahku melekat pada langit-langitku, jika aku tidak mengingat engkau, jika aku tidak jadikan Yerusalem puncak sukacitaku!

7. Ingatlah, ya TUHAN, kepada bani Edom, yang pada hari pemusnahan Yerusalem mengatakan : "Runtuhkan, runtuhkan sampai ke dasarnya!"

8. Hai puteri Babel, yang suka melakukan kekerasan, berbahagialah orang yang membalas kepadamu perbuatan-perbuatan yang kaulakukan kepada kami!
9. Berbahagialah orang yang menangkap dan memecahkan anak-anakmu pada bukit batu!

--------------

Dari 9 ayat, 3 ayat : (1, 3 dan 4), diambil menjadi lirik lagu "Rivers of Babylon", mewakili keseluruhan pasal tersebut. 
Namun untuk memahami maksud lagu ini, maka perlu dengan menguraikan semua (9) ayat sebagai berikut. 
----------------------
AYAT 4 / lirik lagu---“How shall we sing the LORD's song in a strange land? (Alkitab versi King James)

Now how shall we sing the Lord's song in a strange land?- (lirik Boney M).
Now how shall we sing King Alpha's song in strange land?. (lirik The Melodians, Sublime).
Now how shall we sing a Holy song in strange land? (lirik Thobias & Friends).


(Dalam bahasan ini, penulis sengaja tidak mengurut ayat-ayatnya, dan memulai dengan satu "pertanyaan", yakni pada ayat 4 Mazmur ini). 

Yah, pertanyaan mereka ("kita"), penyanyi Mazmur di Bait suci, yang ikut dibawah ke Babel . Mereka adalah dari bani Asaf sebanyak 288 orang yang biasa memuji Tuhan di Yerusalem, dan bangsa Yehuda pada umumnya dalam kebingungan... ketika ditawan di negeri orang, yakni di tanah asing Babel, jauh dari Sion, kampung halaman yang dalam pemikiran Ibrani adalah tempat dimana kedamaian di bangkitkan, namun kini tinggal kenangan karena telah dihancurkan oleh kerajaan Babel, dan terpaksa telah ditinggalkannya. 

Pertanyaannya yaitu : "Bagaimana mungkin menyanyikan lagu Tuhan dinegeri asing?" Bagaimana mungkin lagu suci untuk Tuhan didengar oleh "anjing-anjing" (Babel) ? Bagaimana hati yang hancur dan dendam menyanyikan lagu merdu? (Perhatikan juga ayat 5 dan 6, sebagai jawaban dan pernyataan pribadi atas pertanyaan itu, akan diuraikan dibawah ini).

----------------------------

AYAT 1  --- : "By the rivers of Babylon, there we sat down, ye, we wept, when we remembered Zion" (Alkitab versi King James)                
  
 Lirik lagu --- : 
"By the rivers of Babylon, there we sat down, yeah we wept, when we remembered Zion".
"By the rivers of Babylon, there he sat down, yeah he wept, when he remembered Zion". (Lirik Sublime).

Ketika bertanya-tanya seperti itu, mereka sedang tersiksa dalam penjara-penjara di Babel, negeri yang diapit oleh aliran sungai-sungai. Termasuk sungai yang terkenal sejak jaman purba, Sungai Efrat, Tigris, Ulai dan sungai Kebar.  Di negeri Nebukadnesar mereka teringat sungai Yordan di negerinya, dan mengenang kampung halaman Yerusalem, negeri Sion sebagai tempat yang dalam pemikiran Ibrani, melambangkan kehadiran Allah.  

Kata-kata "di sana" menandakan pula bahwa Mazmur ini di tulis setelah mereka pulang dari Babel. Saat berada di Babel biasanya mereka mengadakan pertemuan di tepi sungai. Nabi Yehezkiel ketika di utus Tuhan, diliputi kuasa Tuhan di tepi sungai Kebar disaat pembuangan.(baca Yehezkiel 1 : 3).

-----------------------------

(baca ayat 2) - hidup dalam pengasingan sangat menghancurkan moral bangsa Yehuda. Mereka merasa bahwa Tuhan Allah telah meninggalkan mereka. Oleh karena itu pula, mereka dengan kecewa tidak ingin menyanyi, apa lagi di minta oleh penyiksanya. Lalu mereka sepakat menggantungkan alat musik yang biasa mereka gunakan untuk untuk memuji Tuhan, untuk tidak mengeluarkan nada. 
-----------------------------

AYAT 3 --- : "For there they that carried us away captive required of us a song and they that wasted us required of us mirth, saying, Sing us one of the songs of Zion" (Alkitab versi King James)

Lirik lagu --- : "(For), ('Cause) (When) (Oh) the wicked , carried us away captivity, requiring of us a song --- You got sing a song --- Sing a song of Love.

Bangsa Babel meminta (paksa) mereka memperdengarkan nyanyian dari Sion untuk menghibur raja Babel. Orkestra pemazmur dari  Bait Allah, memang menjadi salah satu daya tarik dan hal yang mengagumkan orang Babel. Dan kini mereka ingin menikmati di tempat mereka sendiri (Babel). Namun bangsa Yehuda menolak permintaan untuk bernyanyi. Mereka merasa tidak pantas melakukan itu. Apalagi yang meminta mereka menyanyikan lagu Tuhan itu, adalah penyiksa mereka. Orang-orang Babel yang telah menggiring dan menawan mereka, dan tidak pantas menerima lagu pujian. 

Dan nyanyian yang diminta adalah lagu bukan sembarang. Itu lagu sakral mereka, khusus bagi Tuhan. Raja Babel ingin dipuja seperti Tuhan mereka. Dan Babel yang telah merasa menang,  meminta lagu karena mempunyai pikiran bahwa Allah Israel sudah takluk. Sehingga permintaan ini hanya berupa cemooh bangsa Babel bagi bangsa Israel/Yehuda.

-------------------------------

PASAL 19 : 15  - AYAT SISIPAN ---

Selain Mazmur 137 ini, ada sisipan kutipan kata-kata doa dari  Mazmur Daud pada pasal 19 : 14(15) dalam lagu ini, sebagai Mazmur ucapan syukur  :  

Ayat -- :"Let the words of my mouth, and the meditation of my heart, be acceptable in thy sight, O LORD, my strength, and my redeemer".(Alkitab versi King James) 

"Let the words of our mouths and the meditations of our hearts be acceptable in thy sight, here tonight.(Lirik Boney M, The Kry)
"Let the words of our mouths and the meditations of our hearts be acceptable in thy sight, Over I. (Lirik The Melodians, Sublime) 
------------------------------

(ayat 5 dan 6). 

137:5 Jika aku melupakan engkau, hai Yerusalem, biarlah menjadi kering tangan kananku!
137:6 Biarlah lidahku melekat pada langit-langitku, jika aku tidak mengingat engkau, jika aku tidak jadikan Yerusalem puncak sukacitaku!

Ucapan dari Mazmur 19 ayat14(15) yang telah disampaikan tadi, secara artistik "menggantikan" kata-kata dalam ayat 5 dan 6 (penulis), dua ayat ini sendiri berupa janji dan pernyataan tekad pribadi (menggunakan kata "ku" dan tidak menggunakan kata "kita" lagi, sebagaimana ayat 1 -4) kepada Yerusalem tanah air mereka untuk tetap setia

 (5). Tangan kanan menjadi kering yang berarti : "Akan lebih baik untuk hilang keterampilan tangan kanannya memetik kecapi", 

(6). Lidah melekat pada langit-langiku berarti : "Akan lebih baik mulutnya menjadi bisu dan tak dapat lagi untuk bernyanyi" . 

Dari pada, atau bilamana mereka memenuhi permintaan puteri Babel, karena itu berarti menajiskan nama Allah dengan menyanyikan pujian ditempat yang tidak layak/ najis (Babel). Serta melupakan Yerusalem (Sion) puncak sukacita mereka. 

Janji ini juga memperkuat mereka untuk menolak permintaan aneh bangsa Babel, dan membuat mereka menyimpan kecapinya dan menutup rapat mulutnyaMereka tidak ingin mengkhianati Yerusalem negerinya. Mereka hanya akan bernyanyi untuk Yerusalem saja. 
----------------------------

(baca ayat 7). Selain itu ada rasa sakit hati atas tingkah "saudaranya" bangsa Edom, yang menjadi sekutu Babel, yang dengan semangat dan gembira menyambut penghancuran Yerusalem, Hal ini semakin mempertebal semangat kebangsaan mereka. Edom tidak berhak memandang rendah Israel/ Yehuda. 
-----------------------------

(baca ayat 8 dan 9). Dalam ketidak berdayaan dan penderitaan, dengan tetesan air mata  mereka, serta merasakan siksaan dan ke kasaran bangsa Babel, maka mereka membutuhkan kekuatan yang berasal dari Tuhan, dan berseruh pada Tuhan, untuk membalas perlakuan Putri (kerajaan) Babel, dan menghancurkan anak-anaknya (tentaranya), itu sebagai hukuman. (lihat uraian dalam versi Boney M) .

----------
Secara keseluruhan Tema lagu ini adalah, menyatakan : 

(1) Seruan kepada Tuhan atas penderitaan suatu bangsa. (Mazmur 137 - sebagai Mazmur Ratapan).  ayat 1 - 4. 
(2) Ucapan syukur untuk kekuatan yang tetap dinyatakan oleh Tuhan. meskipun dalam ancaman dan penderitaan (Mazmur 19 - dan 137 ayat 5-6, sebagai Mazmur  Ucapan Syukur).
(3). Permohonan Berkat dari Tuhan, serta hukuman bagi musuh. (Mamur 137 sebagai  permohonan berkat) ayat 7 - 9

14 komentar:

LAGU INI PADA SAAT NATAL WAKTU AKU MASIH MUDA BARU LULUS SMA TAHUN 1996, AKU IKUT MENARI DI HARI NATAL DENGAN LAGU RIVER BABYLON INI.

Di keluarga kami lagu ini selalu diputar pada akhir tahun tepatnya pertukaran tahun yg lama ke tahun yg baru, karena irama dari lagu ini dan kata katanya sangat menyentuh hati.

Lagu ini andalan,aku msh SD thn 1984 sdh sering dengar paling top saat itu Bony M.

Lagu ini sy ajukan sbg koor di Ibadah Gereja (GKE DKI Jakarta) dlm rangka Memperingati Hari Kemerdekaan NKRI yg akan kami persembahkan pd Minggu 18 Agustus 2019. Semoga Tuhan memberkati.

SAYA MENGENAL LAGU INI SEJAK SMP KELAS 2 TAHUN TAHUN '72,DENGAN LEWAT SIARAN RADIO AUSTRALIA.TEPATNYA LAGU YANG SAYA DENGAR ITU TEPAT TANGGAL TIGAPULUH NOVEMPER,TANGGAL DAN BULAN MEMBAWA SAYA DALAM SUASANA NATAL,DAN SETRUSNYA SAMPAI SAAT INI SAYA MENJADI PENIKMAT LAGU THE RIVERS OF BABYLON.SAMPAI HARI INI SETIAP TANGGAL TIGA PULUH NOVEMBER MENJELANG TANGGAL SATU DESEMBER LAGU INI TDAK PERNAH ABSEN DLM JADWAL ACARA MUSIKKU DI RUMAH,..SELAIN MENJADI PENIKMAT DAN PENGGEMAR LAGU NI,TETAPI MAKNA LAG INI SYARAT DENGAN NILAI SEJARAH PERJUANGAN KEMERDEKAAN BANGSA ISRAEL DARI PENJAJHAN BANGSA BABYLONIA PADAMASA RAJA BABILONIA LAMA,NABU KADNESAR. SEPERTI YANG TERMUAT DALAM KIAB MASMUR SERATUS TIGA PULUH TUJUH.

Sungguh benar di Mazmur 137, di aplikasikan dalam hidup ini, segala tantangan, halangan dan tekanan dalam hidup ini, harus dengan pujian yang gembira dan suka cita.


Saya sangat terkesan dengan lagu ini setiap perayaan Natal,pasti diputar kembali, sehingga perayaan Natal semakin bermakna dan membangun iman akan penyertaan Tuhan dalam hidup.... Amieen

Bila mendengarkan lagu ini, teringat masa waktu aku masih remaja duduk dibangku kelas smp th'78, lagu yg sampai saat ini masih sering ku dengarkan yg banyak menyimpan memory masa muda dahulu yg dinyanyikan oleh group music Boney M.
Lagu yg sangat Indah Dan penuh kesan saat menjelang natal,anak anak ku pun menyukainya.

Lagu ini sungguh luar biasa.... mengandung makna yang sangat dalam dari Israel yang menderita dalam pembuangan ke Babel, tetapi ingat masa indah bersama Tuhan di tanah Israel yang jauh di mata.

lagu yg luarbiasa.. dan setelah sya tau makna lagunya,, sya tersentuh dan hampir menangis...
dengan kata lain , sekalipun dlm kehidupan sya seakan selalu terhimpit bahkan selalu jatuh,, nama Tuhan tetap dan selalu melekat bahkan dlm darah sya... God bless 😇😇🙏

Lagu ini saya sukai dari saya masih sD...bahkan saat itu saya msih buta huruf sy tetap nyanyikan ini lagu walau arti dan ucapannya saya blm mengerti...saya hanya suka skli dgn music dan iramanya ..Dan Puji Tuhan setelah saya besar setiap nyanyikan...kok merasa lagu ini bukan lagu biasa ..artinya sgt dalam .ini lagu Penyembahan .
Dan sangat antusias setelah mengetahui bahwa bahkan lagu ini diambil dari Mazmur137.🙏🙏

Saya mulai mendengar lagu ini medio 70an di kota saya. Musiknya asyik dan sering digunakan sebagai lagu disco untuk akhr tahun, apalagi Booney M memang group disco. Setelah tahu teks dan artinya, wah ternyata lagu yang luar biasa makna spiritualnya. GBU all.

Lagu ini pertama saya dengar medio 70an di kota saya, kota air Lwk. Sering digunakan dalam acara disco, apalagi Bonney M memang grup disco terkenal waktu itu. Setelah tahu teks asli dan terjemahannya, ternyata luar biasa makna spiritualnya

Sy penikmat musik, pd thn 1970 an dgn munculnya gruop musik Boney.M dgn irama yg begitu asyiiik didengar menjadikn sy salah satu fans fanatik lagu2 BONEY. M. Dan sampai saat skrng ini sy masih menikmati dan memiliki lagu2 dn video BONEY. M.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More