Minggu, 17 Maret 2013

[Seri ROB - 5] "Rivers Of Babylon" - Versi Akustik - SUBLIME (1992)

"Disambut dengan tepuk tangan lagi yang meriah, dan kata-kata (Encore,encore). Dan paling akhir sambutan gonggongan anjing........ Dalmatian. Menutup dan mengakiri lagu "Tuhan" ini. Lagu suci Sion, yang tidak ingin dinyanyikan kepada "anjing-anjing" Babel, oleh bangsa Yehuda.
 ("Lou Dog", adalah nama Dalmatian milik Nowell, menjadi mascot dari Band "Sublime")".


 foto : album debut Sublime "40 oz to Freedom" (1992), berisi lagu "Rivers Of Babylon".

----------
Tahun 1992, lagu  "RIVERS OF BABYLON"  (Dove, McNaughton) dari grup reggae "The Melodians" (1970), yang telah dicover oleh grup disko "Boney M" (1978), kembali di cover oleh grup band Ska punk, "Sublime",  Grup yang dibentuk pada 1988 di Long Beach, California, AS.
-----------------------
Anggotanya tak pernah diubah hingga bubarnya pada 1996. Bradley Nowell (vocal dan gitar), Eric Wilson (bass gitar), dan Bud Gaugh (drum dan perkusi). Tahun 1996, Nowell meninggal karena over dosis heroin.
------------------------
"Sublime"_(band) yang terpengaruh beberapa jenis musik, salah satunya reggae, membawakan lagu "Rivers Of Babylon" dengan iringan utama "gitar akustik", "alat ketuk marimba" dan "tepukan tangan". Dalam album pertama mereka "40oz._to_Freedom", dengan berisi variasi musik reggae Jamaika.
-----------
TEMA LAGU : (Baca lengkap) hengkimandang -[seri rob2] mazmur-137-tema-lagu-rivers.

Lirik lagu ini dikutip dari buku Mazmur dalam Alkitab, baik Kristiani atau Yahudi. Tepatnya Mazmur 137 (ayat 1,3 dan 4) 

Mazmur 137 ,aslinya terdiri dari ayat 1 - 9, dibuka dengan kata-kata "By The Rivers Of Babylon" (dalam bahasa Inggris), isinya bercerita tentang "Pembuangan Bangsa Yehuda ke Babel", setelah penghancuran kota Yerusalem tahun 586 SM, pada zaman raja Nebukadnesar. 
-----------
BEBERAPA VERSI LAGU : baca lengkap (hengkimandang.[seri-rob-10]-rivers-of-babylon-berbagai versi).
-------
Mazmur pasal 137 ini merupakan doa, keluhan dan curahan hati dari bangsa yang terjajah (Yehuda). Rasa dendam, geram dan marah pada penindas dan penjajah (Babel), serta  berharap Tuhan akan membebaskan mereka.... telah banyak di kutip dan "dijadikan" lagu dalam berbagai versi. 
-----------
VERSI SUBLIME
-------------------------
Lirik yang di pakai "Sublime" untuk lagu Rivers Of Babylon versi mereka adalah versi reggae "The Melodians",  ditandai dengan adanya istilah Rastafarian seperti : "( ("King Alpha") in strange land ?", suatu pertanyaan pada Mazmur 137 : 4, dan ("Over I") setelah "doa David" pada Mazmur 19 : 14(15) :  "Let the words ........Over I". Meski memakai lirik reggae tersebut, namun dalam suara nyanyi, Sublime tidak menyampaikan "teriakan" mengajak untuk menyanyikan lagu "kebebasan", sebagaimana yang dilakukan oleh "The Melodians", pada pertengahan lagu versi aslinya. Lirik pada bagian tertentu agak lain, demikian aransemen lagu yang unik adalah kerja sama, selain B. Dowe, McNaughton pengarang asli Rivers Of Babylon, adalah Jepther McClymont dan Cave Team.
Read more at http://www.songmeanings.net/songs/view/4160/ 
------------
Bait 1 dalam garis "There "We" sat down", dan "And there "We" Wept", serta "When "We" Remembered Zion", kata penunjuk orang pertama jamak  "We", Sublime mengganti dengan, kata penunjuk orang ketiga tunggal "He".
----------
Tetapi pada bait selanjutnya tetap dengan kata penunjuk orang pertama jamak, yaitu ; "carry "Us" away Captivity", "How can "We" sing", "from "Us" a song", "words of "Our" mouth", "meditation of "Our" heart. 
-----------
Sublime membuka lagu "Rivers Of Babylon" ini, bukan dengan "tangisan" gaya reggae dan disko. Tangisan yang menggambarkan kepahitan di Babel. Tapi dengan ajakan bermain bagi seekor anjing dalmatian, seperti mengajak pendengar pada pertunjukan live : ("Okay Clappers, Yo yo yo Yea [Incomprehensible]. Suara makin riuh, sambil bertepuk tangan.  
----------------
Kemudian bunyi melodi 'gitar akustik' Bradley Nowell masuk, dengan iringan ketukan beat berupa tepuk tangan, tepuk, tepuk, sambil membawakan nada sesuai irama pada bait 1 yang segera akan mengikuti..... dengan paduan suara harmoni dari grup memulai ("Mazmur 137 : 1") :  "By the Rivers Of Babylon, - Where He sat down...........When he remembered Zion". 
-----------------
Bait ke-2 dengan kata awal "("Oh for the") wicked carry us away Captivity...., ----us a song. "). Dan mengakhiri ("Mazmur 137 :3") ini, dengan seruan ("Yeah").
---------------
akhir bait ini, pertanyaan pada (Mazmur 137 : 4) : How can we sing King......,-----strange land?- 
------------------
Bait selanjutnya dibuka dengan "("So") - let the words of our mouth, and meditation.....,-----Be acceptable.........", kalimat pada ("Mazmur 19 : 14(15"),----- "in thy sight'....., yang akhir katanya ditutup dengan "tarikan nada" syahdu (----"O........ver ..I)". Sublime memang membawakan lagu ini agak melankolis.
-----------------
Instrumental dengan irama seperti pada bait 1 ("by the rivers of babylon......zion") menampilkan gitar akustik kembali. Namun kali ini 'gitar akustik' ini menjadi pengiring. Gitar akustik ini mengiringi melodi, berupa ketukan Marimba, dari Bud Gaugh. Tepukan tangan tetap menjaga beat, hingga ke akhir lagu nanti.
-------------------
Kembali ke Bait awal, paduan suara harmoni grup, ("Mazmur 137 : 1") : ("By the Rivers of Babylon....., .....-when he Remebered Zion"). 
-------------------
Mengulang ("Mazmur 137 : 3") : ("Oh for the wicked.carry us away.........."). 
----------------
Bagian akhir dengan mengulang dua kali ("Mazmur 137 : 4") : ("How can we sing King Alpha's song......land?", "How can we sing King Alpha's song............"), dan kembali terdengar "tarikan nada" syahdu pada kata terakhir, ("in stra........nge la...nd?"). 
------------------
Disambut dengan tepuk tangan lagi yang meriah, dan kata-kata (Encore,encore). Dan paling akhir sambutan gonggongan anjing ..... Dalmatian.  Menutup dan mengakiri lagu "Tuhan" ini. Lagu suci Sion yang tidak ingin dinyanyikan kepada "anjing-anjing" Babel, oleh bangsa Yehuda .
( "Lou Dog", adalah nama Dalmatian milik Nowell, Anjing ini menjadi mascot dari Band "Sublime" ).
----------


LIRIK "RIVERS OF BABYLON" versi "SUBLIME" 

-----------------
Okay Clappers
Yo yo yo
Yea
[Incomprehensible] 
--------------
By the Rivers of Babylon
Where He sat down
And there he wept
When he remember Zion 
-----------------
Oh for the wicked carry us away
Captivity required from us a song
(Yeah)
How can we sing King Alpha's song in strange land? 
----------------
So let the words of our mouth
And the meditation of our heart
Be acceptable in thy sight
Over I. 
--------------
By the rivers of babylon
Where He sat down
And there he wept
when he remembered Zion
------------------
Oh for the wiked carry us away
Captivity required from us a song
How can we sing King Alpha's song in strange land ?
How can we sing King Alpha's song in strange land ? 
------------------
(Encore, Encore, Encore) 
------------------
----------------------
AUDIO VIDEO RIVERS OF BABYLON- SUBLIME



              

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More