Senin, 04 April 2011

[Seri ROB - 1] "Boney MAZMUR" - Boney "M_ELODIANS" (Rivers Of Babylon)

"Lagu "Rivers of Babylon" ini menjadi salah satu Hit nomor 1 Boney M. Dirilis pada 3 April 1978 di Jerman, 14 April 1978 di UK.  "Rivers Of Babylon" masuk dalam Guiness Book of Records sebagai No.5 di daftar "10 Best Selling Records of time".


foto : Single Rivers Of Babylon/ Brown Girl In The Ring Boney M.

LAGU : RIVERS OF BABYLON --------
CIPTAAN : DOWE/ MCNAUGHTON/ FARIAN/ REYAM ------
PENYANYI : THE MELODIANS (1970
                      BONEY M. (1978)
                      SUBLIME (1992)
                      THE KRY (1996)
--------
ALBUM  : 
-------
"JIMMY CLIFF IN THE HARDER THEY COME", - THE MELODIANS,
------- 
"NIGHT FLIGHT TO VENUS" - BONEY M, 
------
"40 OZ TO FREEDOM"  - SUBLIME,
------
"WHAT ABOUT NOW" -  THE KRY
------
single : "RIVERS OF BABYLON/ BROWN GIRL IN THE RING"




POPULARITAS DAN PRESTASI LAGU
-------------------
Saat lagu ini dirilis oleh Boney M akhir 1970-an, dunia sedang demam disko. Lagu-lagu Boney_M yang berirama disko (perpaduan musik kulit hitam dan putih/ Eropah), memang mengajak pendengar untuk menggoyangkan bagian-bagian tubuh mengikuti irama. Termasuk lagu "Rivers of Babilon" yang dibahas kali ini. Lagu ini dirilis pertama kali dalam versi reggae oleh grup Melodians pada 1970.
-------------------
Lagu "Rivers of Babylon" ini menjadi salah satu Hit nomor 1 Boney M. Dirilis pada 3 April 1978 di Jerman, 14 April 1978 di UK.  "Rivers Of Babylon" masuk dalam Guiness Book of Records sebagai No.5 di daftar "10 Best Selling Records of time".  Menempati posisi No.1 di 5 negara, (termasuk UK selama 5 minggu, dan telah habis terjual sebanyak 1.985.000 copy, yang berarti mendapatkan platinum record), atau di seluruh Eropah terjual 3.555.000 copy. Menjadi No.1 di benua Lady Diana,  Namun tidak signifikan di negeri Paman Sam. Di AS hanya menempati No.30 di daftar Pop Billboard 100.




TEMA LAGU

Lirik lagu ini dikutip dari buku Mazmur dalam Alkitab, baik Kristiani atau Yahudi. Tepatnya Mazmur 137 (ayat 1,3 dan 4) dan selipan Mazmur 19 :15. tentang Penderitaan suatu Bangsa yang dibuang ke negeri asing.

Mazmur 137 : 1 - 9, ber judul "By The Rivers Of Babylon" dalam bahasa Inggris, isinya bercerita tentang "Pembuangan Bangsa Yehuda ke Babel", setelah penghancuran kota Yerusalem tahun 586 SM, pada zaman raja Nebukadnesar. (Baca lengkap) hengkimandang -[seri rob2] mazmur-137-tema-lagu-rivers.
------------------

BEBERAPA VERSI LAGU : 
-------
Mazmur pasal 137 ini merupakan doa, keluhan dan curahan hati dari bangsa yang terjajah (Yehuda). Rasa dendam, geram dan marah pada penindas dan penjajah (Babel), serta  berharap Tuhan akan membebaskan mereka.... telah banyak di kutip dan "dijadikan" lagu dalam berbagai versi. baca lengkap (hengkimandang.[seri-rob-10]-rivers-of-babylon-berbagai versi).
------------
BONEY MAZMUR .
------------
Lagu "Rivers Of Babylon" yang populer, ada beberapa versi pula. Dua versi lagu yang paling dikenal, sama-sama berasal dari versi reggae ciptaan Dowe dan Naughton  (The Melodians) di Jamaica pada 1970.  Setiap versi populer ini punya cakupan "wilayah"  masing-masing. 
---------------
Versi Melodians dan Sublime  merupakan lagu Reggae, Selain dikutip dari Mazmur 137, juga di tambah dengan  kata-kata lain dan istilah Rastafarian, ditujukan bagi gerakan Rastafarian untuk kebebasan orang Afrika di Amerika, yang meyakini Haile Selasie Raja Ethiopia sebagai "inkarnasi Yesus Kristus" yang datang kedua kali sebagai "Raja Sion". 
---------------
Versi Boney M  diadaptasi oleh Farian dan Reyam dari versi Reggae menjadi disko, dengan mengembalikan kemurnian lirik pada Mazmur pasal 137/ pasal 19, menghilangkan kata-kata yang bukan dari Alkitab, juga mengganti istilah Rastafarian dengan kata lain, menambahkan kata-kata yang masih berkaitan dengan Mazmur 137(khusus dalam sahut-sahutan di akhir lagu).-----  
Mempunyai cakupan "wilayah" lebih luas, yaitu meliputi semua pendengar lagu-lagu pop mereka, termasuk Kristiani.
------------
Lagu yang dikutip dari buku Mazmur ini menjadi terkenal setelah dibawakan dalam versi disko pada akhir 1970an oleh grup Jerman Boney M. Grup bentukan Frank Farian dengan anggota grup berasal dari kepulauan Karibia,  (Bobby Farell, Liz Mitchell, Marcya Barrett, Maizie Williams). 
Dan menjadi Best seller dan masuk daftar No. 5 dalam Guiness Book Of Records. 
----------
Lagu oleh Boney M  dan Sublimemenampilkan kegembiraan khas Jamaika, sehingga lagu derita ini berobah jadi riang, maka jadilah itu “Boney_Mazmur” (Boney Mazmur)!
--------------
SEDIKIT TENTANG : SION, RASTAFARIAN, dan ZIONIS.
-----------------
Sion adalah istilah tanah air geografi dari bangsa Yehuda ketika pembuangan ke Babel terjadi, ada dalam lirik lagu "RIVERS OF BABYLON"  sebagaimana dalam Mazmur 137 : 1.
Bagi orang Ibrani,Sion adalah lambang kehadiran Allah, Sion merupakan Tujuan Ziarah, di mana bangsa-bangsa akan belajar hukum taurat. Sion adalah tempat di mana kedamaian akan dibangkitkan.
----------------
Gerakan Rastafarian, melalui "lagu kebebasan", istilah mereka tentang lagu Rivers versi Reggae ini,  mengasosiasikan Sion sebagai Afrika dan Babel sebagai Amerika. Mereka meyakini bahwa "Raja Sion" adalah Haile Selasie raja Ethiopia yang merupakan "inkarnasi" Yesus Kristus yang datang pada kedua kali. Mereka juga mengidentifikasi diri sebagai bagian dari 12 suku Israel.
----------------
Zionis, istilah julukkan pada suatu  gerakan orang Israel (1948) saat ini, yang berjuang untuk mendapatkan kembali negeri asalnya. Geografisnya sama dengan yang disampaikan dalan Mazmur 137, dan mereka mempunyai nenek moyang yang sama dengan orang-orang yang di buang ke Babel tempo dulu. 
------------------
Sion bagi Kristiani, adalah Sion dengan tanah air surgawi. Bukan tempat yang berada secara geografis di dunia ini. Namun tetap mengacu pada Mazmur ini. Grup band Kristiani yang membawakan lagu ini, hanya mengcover lagu populer seperti Boney M. contoh grup rock THE KRY dari Kanada (1996) dalam album "What about Now", namun lagu diberi judul "By The Rivers Of Babylon". Grup asal Polandia, "2Tm2,3" menampilkan versi akustik berdasar rekaman Boney M.
------------------
LIRIK LAGU - (Boney M)

RIvers Of Babylon (Brent Dove, Traver Mac Naugton, Frank Farian, George Reyam)
http://www.lizmitchell.com/pages/home.htm

By the rivers of Babylon,
There we sat down, yeah we wept,
When we remember Zion. 

By the rivers of Babylon,
There we sat down, yeah we wept,
When we remember Zion. 
---------
When the wicked
caried us away captivity'
Requiring from us a song 
Now how shall we sing the Lord song
in strange land? 

When the wicked
caried us away captivity'
Requiring from us a song 
Now how shall we sing the Lord song
in strange land? 
---------

Let the words of our mouths
And the meditations of our heart
Be acceptable in thy sight
here to night 

Let the words of our mouths
And the meditations of our heart
Be acceptable in thy sight
here to night 
---------

By the rivers of Babylon (dark tears of Babylon)
Theres is sat down (You got sing a song)
Yeah we wept (Sing asong of love)
When we remember Zion (Yeah..yeah..yeah)

By the rivers of Babylon (Rought bits of Babylon)
There is sat down (You hear the people cry)
Yeah we wept (They need their God?)
When we remember Zion (oh have the power)

AUDIO-VIDEO RIVERS OF BABYLON


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More