Senin, 25 April 2011

THE BEATLES - "REVOLVER" will "HERE, THERE AND EVERYWHERE"

foto : awal rancangan sampul album "Revolver"

LETUPAN (awal)
"REVOLVER", adalah judul album ketujuh The Beatles."HERE, THERE And EVERYWHERE", adalah judul lagu kelima dalam album ini. Lagu ciptaan Lennon dan McCartney. Kedua judul ini penulis satukan. Menjadi judul catatan tentang album ini, dimata penulis sesuai data dan koleksi yang tersedia. 

Saat tulisan ini dibuat Tanggal 10 bulan 10 tahun 20(10), album "Revolver" yang direkam di Studio EMI London ini, telah berusia empat puluh empat tahun, sejak di “letupkan” pada 5 Agustus 1966 1).  

Penggemar album No.1 "All Time Top 1000 Albums" ini kini terhimpun dalam akun Revolver di Facebook. Catatan ini dibuat penulis sebagai seorang penggemar diantara banyak penggemar album "Revolver" (yang direkam kurang dari 3 bulan, yakni antara 6 April hingga 21 Juni 1966), untuk dikenang dan dibagikan pada sesama penggemar dan teman.

JOHN -vs- JOHN (Menunjuk Yesus Kristus )
John The Baptis, sebagai pembuka jalan bagi kedatangan Yesus Kristus, ketika membaptis orang di sungai Yordan di Yudea menunjuk Yesus Kristus sebagai Anak Allah 2) Ia kemudian dieksekusi mati oleh Herodes Antipas yang sedang mabuk 3). 20 abad kemudian tepatnya April 1966 John The Beatles (Lennon) mengoceh pada seorang wartawan Kini The Beatles lebih populer dari Yesus Kristus 4).  Baik John The Baptis maupun John The Beatles beberapa tahun kemudian setelah berkata-kata, di eksekusi mati. John The Beatles dieksekusi dengan Revolver oleh penggemarnya sendiri Mark David Chapman yang sedang galau 5)..   

Ketika John Lennon mengatakan ocehan itu, publik langsung tersengat dan marah besar. The Beatles di cerca habis-habisan.  Semua produk Beatles dibakar habis 6)
Di Indonesia, bakar membakar produk Beatles tidak ada lagi (baca: telah lewat).  Sebelumnya atribut The Beatles dalam konteks yang lain, telah di musnahkan oleh pemerintah Orde lama. Bung Karno presiden saat itu tidak suka, dan sedang memerangi Kapitalis dan Budayanya. Termasuk “ngak ngek ngok”nya The Beatles.  Band Koes Bersaudara meniru The Beatles dan dianggap merasuk kaum muda.  Yon Koeswoyo dan saudara-saudaranya pun merasakan dinginnya penjara Glodok 7).

TUJUH -vs- TUJUH (Datang dari Inggris)
Ketika masyarakat masih kesal atas ucapan John Lennon, The Beatles memicu dan meletupkan “Revolver”.  Maka melesatlah empat belas “peluru” yang mengejutkan orang.  Publik yang hampir dan mau melupakan mereka, tiba-tiba kaget.

Kekagetan ini membuat masyarakat itu sendiri lupa pada, dan segera melupakan “dosa” The Beatles. The Beatles memang ajaib. Dengan tangan terbuka dan (tentunya) telinga terbuka, publik kembali menerima empat gondrong ini. Yah lewat kehadiran album (ketujuh) produksi George Martin dan  berlabel Parlophone, yang berisi lagu-lagu yang kebanyakan menggunakan gitar listrik ini 8).



Dipihak lain masih dari Inggris, album ketujuh The Beatles yang judulnya diambil dari ide berputarnya piringan hitam (bukan jenis pistol) ini, mengingatkan orang pada Agen Spionase Inggris. Tokoh rekaan Ian Fleming yaitu James Bond “Nol nol Tujuh”. Symbol terkenal yang dipakai adalah “Revolver” dalam bentuk angka tujuh( 7 ). Serial novel dan filmnya  sedang populer saat itu.

Kedua-duanya berasal dari Negara yang sama. Karena itulah mereka mempunyai hubungan emosi yang erat. The Beatles juga menggunakan beberapa porsi dari ”Bond theme” dalam bagian lagu Help. Yaitu dalam rilis untuk versi AS  9). 

Kedua-duanya melepas“amunisi”nya masing-masing. “Tembakan”nya itu menembus AS dan dunia.  Dahsyat. Album "Revolver" duduk pada No.1 dalam daftar lagu di Inggris selama 7 minggu, dan AS selama 6 minggu.


WARNA -vs- WARNA (Sampul Album)
“Revolver” dikemas dalam “sarung” berwarna hitam-putih (black n’ white).  Lengkap dengan torehan wajah keempat personilnya.  Mmm…Here Comes the “Sun” (Simply,Uniqe, Nicy). 
Wajah depan (Cover) album Revolver dasar warna putih.


Seorang seniman grafis yang juga musisi saat itu, Klaus Voormann teman lama The Beatles saat di Star Club Hamburg, berhasil menggoreskan garis-garis halus hitam ditambah editan foto dalam rancangan album. Menampilkan wajah Fab Four yang berkesan dengan cetakan huruf capital Revolver. Klaus dengan mudah melalui ingatan menggores 3 wajah, John, Paul dan Ringo, dan agak kesulitan menggores wajah George sesuai pengakuannya.

Hasil karya seniman Jerman ini mendapat penghargaan Grammy untuk category design album pada 1967.

foto : Sampul belakang "Revolver" Capitol US.

Sedangkan belakang sampul (Back Cover) dominant berwarna hitam.  Memuat foto hitam putih The Beatles sedang bercanda. Masing-masing berkacamata gelap, dan dalam nuansa gelap (hitam) pula. Foto ini hasil kerja Fotographer Robert Whitaker 10)

Hasilnya didepan warnanya dominan putih. Sedang belakangnya dominan hitam. Kombinasi cover dan backcover dengan dua warna itu menambah nilai bagi keseluruhan album Revolver. 

Diwaktu kemudian Beatles menerbitkan album dengan penampilan paling sederhana. Putih bersih = polos ”White Album” tanpa goresan.  Lalu menyusul album kompilasi “Red album” untuk lagu-lagu 1962-1966. ”Blue Album” untuk lagu-lagu 1967-1970.  Kemudian diikuti (yang tidak resmi) dengan warna-warna lain. Black, Brown, Gold, Silver dan seterusnya. Menjadikan tradisi Album Kompilasi The Beatles lewat warna.
Lukisan wajah George dalam album Revolver setelah di up date, muncul kemudian dalam sampul Singel George Harrison" When We Was Fab".  Mengenang kembali saat mereka (The Beatles) masih bersama dan berjaya.

ARTISTIK -vs- ARTISTIK (Album dan Sampul)
Bagi penggemar The Beatles, perobahan bermain musik mereka dirasakankan sejak album ketujuh Revolver ini.  Majalah Mojo menyatakan album ini merupakan epik pencapaian tertinggi musik barat 11). Album Revolver menghasilkan lagu dengan lirik canggih, pengaturan string yang inovatif dan perluasan genre kearah psychedelic rock.

foto : Sampul belakang album "Revolver" Parlophone UK

Penampilan sampul album yang artistik oleh seniman Klaus Voormann, gambar hasil tarikan tangan wajah-wajah anggota The Beatles, merupakan terobosan baru disain sampul. Hasil foto belakang sampul, anggota grup tanpa melihat kearah kamera, berbeda dengan yang ada selama ini.

REVOLVER -vs- REVOLVER (Rekaman Lagu dan Musik)
Seluruh lagu dipublis oleh Nothern Songs Ltd. Direkam oleh EMI records Ltd dengan label Pharlophone. Sejatinya album ini diedarkan melalui media piringan hitam dengan 2 muka.

Muka satu: berisi 7 lagu, 5 Lagu ciptaan Lennon-McCartney: Taxman(Harrison), Eleanor Rigby, I’m only sleeping, Love you to(Harrison), Here,There and Everywhere, Yellow Submarine dan She said She Said.
Muka dua : berisi 7 lagu pula, 6 Lagu ciptaan Lennon-McCartney: Good day Sunshine, And Your Bird Can Sing, For No One, Doctor Robert, I Want To Tell You(Harrison), Got To Get You Into My Life, Tomorrow Never Knows12)

Selama Empat puluh empat tahun sejak terbitnya, empat belas lagu ini telah dinyanyikan  kembali oleh orang lain. Berbagai penyanyi dan musisi dari berbagai genre.
Empat lagu diantaranya penulis sampaikan dan catat dari koleksi pribadi. Piringan hitam, CD, cassette sebagai berikut.

I'M ONLY SLEEPING
Ketika duka penggemar The Beatles belum sirna. Atas ”kepergian” mereka di tahun 1970.  Lobo, tahun 1974 dalam album Just a Singer menyanyikan I’m only sleeping 13) (lagu ketiga album Revolver dengan lead vocal John Lennon). Lagu yang isinya meminta agar seseorang jangan dibangunkan dari tidurnya. Karena sedang asyik dengan mimpinya. Kira-kira sama dengan, agar penggemar tak perlu membangunkan The Beatles yang telah “tiada”(baca bubar). Karena mereka hanya "tidur". Walaupun Lobo membawakan dengan iringan gitar akustik yang syahdu, namun tetap terasa “desingan” peluru Revolver ini.

ELEANOR RIGBY
Acoustic Trio,2006 dalam album Come Together” memicu” gitar-gitar mereka sambil menyanyi Eleanor Rigby  14). Ciptaan Lennon-McCartney ini.
Sebelumnya Chick Korea, tahun 1995, pentolan Jazz dalam album variasi I Got No Kick Against meng jazz kan Eleanor Rigby 15). Yang pada album Revolver disuarakan Paul McCartney dan mendapatkan penghargaan Grammy untuk kategori vocal solo pria pada 1967.
Dan jauh sebelumnya 1969, ketika The Beatles masih eksis, Four Tops dalam album Four Tops Now 16) meramu lagu ini dalam gaya kwartetnya.
(Lagu kedua Album Revolver) ini “melesat” dan mengajak kita menatap dan peduli pada orang-orang yang kesepian.  Mereka diwakili oleh “Rigby(Eleanor)” dan”McKenzie(Father)”. Mereka  hidup disebuah Gereja sebagai Pastor dan Jemaat. Eleanor Rigby menantikan ada pernikahan di Gereja dan mendapatkan rejeki segenggam beras. McKenzie menyiapkan naskah khotba yang tak pernah disampaikan, karena tidak ada lagi jemaat yang datang. Akhir balada ini, Eleanor Rigby meninggal, tidak ada yang datang melayat, McKenzie menguburkan sendiri, tidak ada yang menolongnya.

YELLOW SUBMARINE
Rochester Pops,tahun 2005 dengan nuansa musik klasik memainkan Yellow Sub Marine 17)(lagu keenam album Revolver , lead vocal Ringo Starr). Pada saat berikutnya, kisahnya diangkat dalam film kartun The Beatles. Dengan judul yang sama Yellow Sub Marine.  Berkisah tentang kehidupan ceria disebuah kapal (selam) kuning,.Sambil bermusik mengarungi lautan berseri serta gulungan ombak yang indah. Memandang langit biru yang cerah dengan cahaya mentari. Mengelilingi dan singgah dipulau indah. Indah, indah dan indahnya lagu ini.

HERE, THERE AND EVERYWHERE
Sebelumnya tahun1990, nuansa klasik juga dimainkan The Royal Philharmonic mengiringi suara merdu Elena Duran membawakan Here,There and Everywhere 18) .
Pada album yang sama dengan Chick Korea, Pentolan Jazz lainnya David Benoit membawakan pula lagu kelima dari album Revolver ini 19). Dan sama dengan kekuatan cinta yang tak pernah mati sebagaimana diungkapkan dalam lagu ini, maka album kebanggaan Revolver akan selalu “kekar” dan ada disini (HERE),  disana (THERE) dan dimana-mana (EVERYWHERE).

Baik yang dinyanyikan oleh The Beatles sendiri, ataupun oleh penyanyi lain yang membawakan lagu-lagu album Revolver, menghentar itu “mengiang” disini, disana dan dimana-mana. Yeah.

LETUPAN (akhir)

Album urutan No.3 dari "500 album terbesar sepanjang masa" versi Majalah Rolling Stone ini, tahun 1987 dirilis lagi...kali ini dalam format CD (Compact Disc).

Tahun 2009 album-album The Beatles di Remastering (digital) oleh perusahan rekaman EMI Music/Apple.
Dengan menetapkan waktu yang unik, tanggal 09 bulan 09 tahun 20(09) lalu, mereka merealis dalam bentuk CD dalam Box album-album The Beatles. Termasuk album ketujuh (Revolver) ini 20).  Maka terdengar lagi “letupan” Revolver yang lebih dasyat. Wuuii.


Begitulah yang terjadi. Album "Revolver" masuk dalam daftar "1001 Albums You Must Hear Before You Die", oleh Robert Dimery, sebagai rekomendasi bahwa album ini layak didengar dan dikoleksi oleh pencinta musik.
REVOLVER, Here, There And Everwhere. Semoga!!





Sumber :
1), 11)Wikipedia Ensiklopedia/Revolver.  2) Injil Yohanes1:34,LAI,1974  3)Charles Ludwig, Rullers of new testament times (Para penguasa pada zaman Perjanjian Baru),hal 45,Terjemahan Lili Rustandi, Kalam hidup 1976.  4), 5),  6), 8), 15), 19)Majalah Hai,Edisi Desember 1995   7)Wikipedia/Koes Bersaudara  9)Wikipedia en.org/wiki/JamesBond. 10), 12)Sampul/album Revolver The Beatles,TCPCS 7009,PT Aquarius Musikindo p.1966 Emi Records Ltd.  13)Sampul/album Just A Singer Lobo, Stereo 6369 805,Philips1974  14)Sampul/album Come Together,Acoustic Trio,PSR 2006.   16)Sampul/album Motown Meets The Beatles(compilasi)Spectrum Music 2001.  17)Sampul/album The Greatest Hits Of The Beatles/classical style,DAR 7007 P) &C)2005 Intersound.  18)Sampul/album The Royal Philharmonic Orchestra plays The Beatles,Team records tanpa tahun. 20)TheBeatles Web

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More