Selasa, 05 April 2011

Lagu dan Laga

Catatan “Musik dan Perang” mengungkap tentang nyanyian penggugah semangat perang bagi laskar dan tentara yang maju berperang.

Sama dengan perang yang punya kamus kata ,musuh, maka laga atau pertandingan termasuk sepak bola yang terkenal, juga menerapkan nyanyian seperti ini untuk menyemangati pemain oleh pendukung-pendukungnya.


“Nyanyian Nasri” judul artikel dalam Rubrik Superball, Harian Tribun Manado 5 Januari 2011. Nyanyian yang dimaksud adalah Nyanyian yang bergema setiap kali Arsenal bertanding belakangan ini. Na na na na na na na na na Samir Nasri !

Samir Nasri Maestro “The Gunners”,gelandang asal Perancis yang lagi naik daun, menjadi tujuan paduan suara “The Gunnersaurus” julukan pendukung Arsenal.

Nyanyian inipun bergema ketika Arsenal berlaga di Emirates Stadium melawan Manchester City pada awal tahun ini, namun sayang “Sang Meriam” gagal menghancurkan benteng 'musuhnya'.

Sebelum itu diakhir tahun 2010,tepatnya difinal Piala AFF di Stadion Bung Karno, meskipun menang saat laga dileg kedua, namun Tim Nasional Indonesia gagal mempersembahkan Piala bagi pendukungnya. Padahal lagu “Garuda  Didadaku” telah digemakan oleh pendukung Tim Garuda,guna membakar semangat Irfan dan kawan-kawannya.

Apuse lagu Papua (Biak) yang dikenal sejak bangku sekolah itu, dipermak menjadi lagu penggugah semangat setiap kali Tim Nas Garuda berlaga melawan musuh-musuhnya.

Tentulah yang paling terpacu adalah Octo Maniani bintang faforit, Winger kiri asal Papua yang pasti akrab dengan lagu asal daerahnya. Padahal sejatinya lagu ini merupakan lagu Perpisahan antara Kakek dan cucunya.
Apuse itu sendiri artinya kakek/nenek dalam bahasa setempat.

Kakek… aku akan pergi
Kenegeri seberang
Keteluk Doreri

Angkat saputangan
Dan lambaikan

Kasihan kakek
Selamat  jalan cucu

Para pendukung lalu memakai iramanya dan mengganti syairnya dan telah menasional ”Garuda Didadaku” gubahan Band Netral untuk OST film berjudul sama, mengadopsi sebagian Syair “Garuda Pancasila”.

Masih banyak lagu dari Tim-tim yang ada, silih berganti menggema di stadion tempat mereka berlaga.
Selamat menyanyikan lagunya dan menikmati laganya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More