Rabu, 06 April 2011

Justin_Bieber VS Just_In_”Bibir”

Ungkapan para audiophile (audio mania) : ”Peralatan yang hebat dapat menampilkan "ketebalan bibir" penyanyi kulit hitam”. Ini sebagai penegasan akan keberadaan peralatan audio ramuan mereka yang menampilkan bunyi alami (natural), sebagaimana suara yang keluar dari bibir. Setelah tenggorokan, bibir memang alat terpenting dalam dunia tarik menarik suara.

Dunia rekaman musik pernah heboh dengan ditariknya kembali  Piala Grammy. Piala ini sebelumnya telah dianugerahkan pada penyanyi yang dinilai pantas dianugerahi Award tertinggi pada musik itu. Itu terjadi pada grup musik dan dance Milli Vanilli (MV). MV adalah proyek bentukan Frank Farian, setelah produser ini bosan dengan proyek pendahulunya Boney M. Dua personil MV, Fab Morvan dan Rob Pilatus, telah sukses melejitkan Album pertama. Lewat lagu Girl You Know It’s true yang kemudian ternyata "it’s not true”(baca tidak benar), mereka dianugerahi Grammy sebagai pendatang baru pada Februari 1990.



Belakangan Grammy ini ditarik atas desakan public dan media AS, karena ternyata mereka ‘menipu’ pendengarnya. Mereka tidak benar-benar (not true) menyanyi dalam rekaman mereka, sebagaimana diakui produsernya Fank Farian. Skandal ini mengakibatkan karir musik mereka kandas, bahkan Rob meninggal karena over dosis ditahun 1998. Sungguh tragis. Dalam atraksi-atraksinya, MV menggunakan teknik lipsinc (penyesuaian gerak bibir), ditambah gerakan tubuh yang memang yahud.

Ide pertama membentuk grup nyanyi dan dance dengan teknik demikian, dilakukan Frank Farian saat dia merekam suaranya sendiri dalam lagu Baby Do You Wanna Bump pada Desember 1974. Dia ingin lagunya ditampilkan oleh penyanyi “pajangan” diatas panggung yang dapat pula membawakan tarian bagi lagu itu. Itulah mula munculnya grup Boney M (versi mula-mula) dimana penarinya Mike, dan pelipsincnya Claudija Barry. Claudija akhirnya bosan dan mengundurkan diri pada 1976 lalu bersolo karir. Untungnya mereka tidak bernasib sama dengan Milli Vanilli setelah mereka.
.
Boney M akhirnya dapat menjadi grup nyanyi riel yang terkenal, setelah didukung oleh empat personilnya Lis Mitchell,Mauzie Williams,Marcia Barret dan penari eksotis Bobby Farel yang satu-satunya pria. Bobby hanya sesekali mengeluarkan suara dalamnya.

“Permainan” produser Jerman, Frank Farian yang bernama asli Franz Reuther, yang menelurkan Boney M dan Milli Vanilli ini, belakangan ini ramai-ramai ditiru. Dan tiruan ini ternyata cukup menghibur penonton TV. Tahun 2010 lalu, dua mahasiswi Bandung, Sinta dan Jojo memakai teknik serupa untuk iseng “menyanyikan” lagu Keong Racun milik grup ST12, dan mengupload di internet. Hasilnya banyak yang tertarik, dan akhirnya mereka jadi bintang baru dan diajak stasiun-stasiun TV, untuk tampil diacara mereka. Sungguh ironis dengan nasib Milli Vanilli.

Keisengan dua cewek ini akhirnya banyak dilanjutkan orang. Seorang Polisi berpangkat Briptu di Polda Gorontalo, lengkap dengan uniform dan sedang tugas, pada permulaan April 2011 ini, “ngebibir” lagu Chaiya-Chaiya. Dia menirukan akting penyanyi aslinya Sharukh Khan bintang Bollywood berdangdut ala India.

Polisi Gorontalo Menggila demikian judul Klip di YouTube yang menjadi kontorversi itu. Atasannya di Mabes Polri ingin memberi sangsi atas ulahnya : “Nakal dan Tidak etis”, tetapi facebooker mengalang dukungan membela “kegilaan”nya dengan alasan wajar dan manusiawi. “Hukumlah polisi yang Pungli dan Korup”, demikian seru mereka.

Norman Kamaru (mirip bunyinya dengan Sharukh Khan), demikian nama anggota Brimob ini, ternyata banyak mengoleksi serta terampil menyanyikan  lagu-lagu India. Saat itu ia hanya bermaksud menghibur seorang rekan yang sedang lara, sambil merekam video lewat hapenya.  Diapun telah banyak kali menghibur rekan-rekan sesama Brimob di kesatuannya, dengan menjadi Songleader ketika mereka capek usai latihan.  Dia berjanji tak akan mengulangi lagi ulahnya. Sayang…yah!



Meski hanya Just_in “bibir” (hanya dibibir) saja, asyik juga main-main kayak begini. Selamat ngebibir Oman !

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More