Kamis, 14 Maret 2013

[Seri ROB - 3] "RIVERS OF BABYLON" - VERSI REGGAE (1970)

"Dalam keyakinan Rastafarian, istilah "Babel" ditujukan pada Pemerintah yang menindas dan tidak adil. Di Jamaika, istilah "Babel" juga ditujukan pada polisi,yang sering dilihat sebagai sumber penindasan, karena mereka menangkap anggota sebagai pengguna ganja (yang sakramental untuk Rastafarian). Oleh karena itu lagu "Rivers Of Babylon" mengacu pada hidup dalam masyarakat yang represif dan kerinduan untuk kebebasan, sama seperti orang Yehuda di pembuangan. Rastafarian juga mengidentifikasi diri mereka sebagai bagian dari Dua Belas Suku Israel"
.     
foto : album "Jimmy Cliff in The Harder They Come" berisi lagu "Rivers Of Babylon" The Melodians (1972)

"RIVERS OF BABYLON" (Brent Dove, Traver Mc Naugton), lagu Rastafarian oleh  grup Reggae "The Melodians".

----------------
TEMA LAGU: 
-------------------
Lirik lagu "Rivers Of Babylon" dikutip dari buku Mazmur dalam Alkitab, baik Kristiani atau Yahudi. Tepatnya pada Mazmur 137 (ayat 1,3 dan 4). Ayat 1 menyampaikan keberadaan orang tertawan berbaring ditepi sungai-sungai Babel, sambil menangis mengenang kota kelahiran Sion. Ayat 3, Mereka diminta oleh penyiksanya untuk mempersembahkan lagu yang biasa mereka bawakan di Bait Yerusalem, Ayat 4, Sulitnya mereka memenuhi permintaan "gila" bagi mereka : "Bagaimana mungkin menyanyikan lagu Tuhan yang suci di negeri asing?"--------------

Mazmur 137 itu sebenarnya terdiri dari ayat: 1 - 9, dibuka dengan kata-kata "By The Rivers Of Babylon" (dalam bahasa Inggris), isinya bercerita tentang "Pembuangan Bangsa Yehuda ke Babel", setelah penghancuran kota Yerusalem tahun 586 SM, pada zaman raja Nebukadnesar. (baca lengkap) -hengkimandang [Seri ROB2]mazmur-137-tema-lagu-rivers.
-------------------
BERBAGAI VERSI 
---------
Mazmur pasal 137 ini merupakan doa, keluhan dan curahan hati dari bangsa yang terjajah (Yehuda). Ada rasa dendam, geram dan marah pada penindas dan penjajah (Babel), serta  berharap Tuhan akan membebaskan mereka.... telah banyak di kutip dan "dijadikan" lagu dalam berbagai versi. (baca lengkap) -hengkimandang[seri rob10]berbagaiversi.

-----------
VERSI REGGAE - 'THE MELODIANS' - (VERSI ORIGINAL)
-------
Tahun 1970, Brent Dove dan Traver Mc Naugton dari Grup "The Melodians" menulis lagu "RIVERS OF BABYLON" dalam versi Musik Jamaica (Reggae). Sebagai lagu yang juga dikenal dengan  "lagu kebangsaan" Rastafarian, maka Rivers Of Babylon, selain kutipan dari Alkitab ada diselipkan pula kata-kata khas Rastafarian seperti "Over I" (dari kata I and I, yang berarti kita bersatu), dan kata-kata yang di "teriakan" : "Sing it out loud, Sing a song of freedom, sister, Sing a of freedomsong, brother, We Gotta sing and shout it, We gotta talk and shout it, shout the freedom song now. Whoa, whoa. Ada pula Istilah "King Alpha" pada Mazmur 137 : 4 mengganti kata asli dari Alkitab "Lord" , King Alpha itu mengacu pada raja Etiopia sebagai.inkarnasi Yesus Kristus menurut keyakinan Rastafarian. 



--------
Pada 1972 menjadi sound track untuk film 'The Harder They Come'. Film ini sendiri merupakan asosiasi, didatangkannya orang Afrika menjadi budak di Amerika : Orang Afrika (- "Sion"), Lautan Atlantik (- "Sungai Babel") dan Tanah Amerika (- "Negeri Babel"), dari gerakan Rastafarian untuk kebebasan orang Afrika di Amerika. Dan tahun 1999 Nicolas Cage dalam film "Bringing Out the Dead".
------
Dalam keyakinan Rastafarian, istilah "Babel" ditujukan pada Pemerintah yang menindas dan tidak adil. Di Jamaika, istilah "Babel" juga ditujukan pada polisi,yang sering dilihat sebagai sumber penindasan, karena mereka menangkap anggota sebagai pengguna ganja (yang sakramental untuk Rastafarian). Oleh karena itu lagu "By the Rivers Of Babylon" mengacu pada hidup dalam masyarakat yang represif dan kerinduan untuk kebebasan, sama seperti orang Yehuda di pembuangan tempo dulu. Rastafarian juga mengidentifikasi diri mereka sebagai bagian dari Dua Belas Suku Israel.     

---------------
GAYA MENYANYI & MUSIK 
---
Lagu dibuka dengan suara mengguman,  (-m m m m m....a a a a) "tangisan bansa Yehuda di Babel, lalu ketukan reggae dan dimulainya lirik dari ("Mazmur 137 : 1"), oleh trio pria,   ("By the river of Babylon..... remembered Zion.") 
--------
Bait berikut ("Mazmur 137 :3"), dibuka dengan ("But the" -Wicked carried us away in Captivity, Required us a song)
-------
Lanjut pada ("Mazmur 137 : 4") "How can we sing"... Lord's (diganti dengan King Alpha's) song in strange land?" 
--------
["King Alpha" itu mengacu pada "Haile Selasie", raja Ethiopia yang diyakini mereka sebagai inkarnasi "Yesus Kristus" yang datang kedua kali, dan sebagai "raja Sion"].
--------
Mengulang (Mazmur 137 : 3") ini, dibuka ("Cause the"-Wicked carried us in Captivity.................")
---------
Dan ("Mazmur 137 : 4") ("How can we sing King Alpha's ........ strange land).
---------
Suara " teriakan", mengajak agar bersama-sama menyanyikan dengan keras lagu untuk kebebasan: 
---------
"Sing it out loud, Sing a song of freedom, sister, Sing a of freedomsong, brother, We Gotta sing and shout it, We gotta talk and shout it, shout the freedom song now. Whoa, whoa. 
------
 (kata-kata ini bukan merupakan kutipan dari Mazmur/ Alkitab - penulis)
-------
Tiba pada ("Mazmur 19 : 15") , yang dibuka ("So" - Let the words of our mouth and the meditation of our heart be acceptable in thy sight .............")
------
-Ucapan akhir setelah Mazmur 19:15 ini, adalah : "OVER I"
------
(Catatan : Dari istilah "I and I" Rastafarian yang berarti "We" atau "All", tanda kebersamaan dan persatuan yang kuat. 
---------
Boney M mengganti dan menyebut dalam versi mereka (Let the words.......in thy sight), dengan kata obyek keterangan tempat dan waktu, yaitu : "HERE TO NIGHT").
---------
"Teriakan lagi--(bukan "kata-kata Mazmur") 
-----------
"Sing it again.. We've got to sing it together.. We've got shout it together".
----------
Bagian akhir dan penutup mengulang ("Mazmur 137 : 1'), ("By the rivers.......remembered Zion") 
-------------
LIRIK LAGU  versi THE MELODIANS"
www.jah-lyrics.com

"Rivers of Babylon" (Dowe, McNaughton)
-------
By the rivers of Babylon
There is sat down
And thre we wept
When we remembered Zion.

But the wicked carried us away in Captivity

Required us a song
How can we sing King Alpha's song
In strange land?

Cause the wicked carried us away Captivity

Required us a song
How can we sing King Alpha's song
In strange land?

Sing it out loud, 
Sing a song of freedom, sister, 
Sing a of freedomsong, brother, 
We Gotta sing and shout it, 
We gotta talk and shout it, 
shout the freedom song now. Whoa, whoa. 

So let the words of our mouth

And the meditation of our heart
Be acceptable in thy side
Over I

Sing it again.. 
We've got to sing it together.. 
We've got shout it together


By the rivers of Babylon

There is sat down
And thre we wept
When we remembered Zion.

---------------
AUDIO - VIDEO "RIVERS OF BABYLON" THE MELODIANS




0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More