Sabtu, 09 Maret 2013

MUSIK dan JALAN - 2.(Street Music)


MUSIK JALANAN.

Tulisan "MUSIC dan JALAN - 1" tentang "Musical Road". Jalan yang menghasilkan bunyi dan nada atau  musik saat dilewati dengan mobil. Yang kedua, saat ini disampaikan tentang "Street Music" atau musik yang datang dari jalanan, dan nanti pada catatan ketiga nanti, akan di tampilkan "Sampul Album Music dengan grafik Jalanan".


Musik berkembang sejak abad pertengahan terutama di Eropah lewat gereja. Musik Pujian di Gereja sebenarnya berdasarkan pada ilmu pengetahuan Yunani.  Berkembang bersama seni lainnya, Seni Drama, Seni Rupa dan Seni Sastra. Kemudian dikenal dengan musik Liturgi (doa dalam bentuk nyanyian).

Pada saat musik gereja berkembang pesat, diluar gereja  berkembang pula musik yang  agak liar dan bertema lebih luas. Misalnya bukan hanya sekedar hubungan manusia dengan Tuhan semata, tapi hubungan dengan manusia dan alam sekitar.. 

Dibawakan oleh penyanyi-penyanyi musafir atau pengelana. Menggunakan alat musik sederhana seperti atau semacam gitar sambil berkeliling. Dan mendapat imbalan dari penggemar musik mereka.

Musik dari jalanan ini kemudian dikenal dengan musik jalanan atau musik duniawi.  Selanjutnya berkembang dan menjadi populer lalu muncul dalam berbagai jenis aliran yang kita kenal saat ini.

Namun hingga kini musik yang benar-benar berasal dari jalanan yang pemusiknya disebut pengamen seperti waktu lalu itu masih tetap ada. Seperti yang telah disebut lebih dulu mereka mengharap untuk mendapat imbalan dari pendengar. 

Dengan alat sederhana seperti gitar berkeliling dengan berbagai motif. Ada yang untuk mencari identitas, ada yang iseng, dan ada yang untuk mengejar nafkah.

Terkadang dari musik jalanan seperti ini muncul musik baru yang menarik.  Banyak musisi yang muncul dari jalanan dan oleh karakter kuat yang terbentuk, menjadi musisi terkenal.

Bob Dylan dianggap sebagai bapak penyanyi jalanan di Amerika. Karyanya yang monumental, Blowin In The Wind....how many road...,sampai saat ini sudah direkam dalam banyak versi.

Penyanyi jalanan di Inggris yang terkenal berasal dari Liverpool, The Beatles dengan banyak karya terkenalnya. Album "terakhir"(direkam terakhir) mereka di sebut "Abbey Road", karena menunjukan jalan Abbey di sampul tak bernama. Sedangkan album "terakhir"(dirilis terakhir) lainnya, adalah "Let It Be" berisi lagu balada "Long And Winding Road" 




                                   

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More