Jumat, 06 Januari 2012

"MUSIK dan JALAN" 1.(Musical Road)

MJ1. JALAN MUSIKAL (Jalan_Musikal) 





Sebuah lagu Jepang yang dirilis 1963, "Miagate goran yoru no hoshi wo" oleh Kyu Sakamoto, kembali sering terdengar di Jepang setelah Gempa bumi dan tsunami tahun 2011. 

Sebuah lagu pop ceria dengan awal lirik : "Lihatlah bintang-bintang di langit", cukup membangkitan semangat setelah kejadiaan alam  di negeri matahari terbit itu.

Lagu yang sering di cover di negaranya itu, dapat pula didengar lewat body mobil yang melewati jalan di Hokkaido dan Wakayama.  Jalan di Gunma memainkan "Summer Memories" Natsuno Omoide. 

Melody Road dibuat pada 3 tempat ini, dapat mengeluarkan nada oleh alur yang dibuat dijalan tersebut. Diciptakan oleh Shizuo Shinoda dengan menggores jalan dengan buldoser pada mulanya. Tinggi rendahnya nada ditentukan oleh jauh dekatnya alur yang dibuat.

Selain Jepang, jalan bermusik yang demikian ada juga di Denmark, Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Di Denmark jalan ini telah dibuat pada Oktober 1995 di Gylling Ostjlland. Merupakan yang pertama kali dibuat dan disebut Asphaltophone. Dibuat dengan penanda pada trotoar. Bila dilewati roda mobil gemuruhnya akan menggetar pada body mobil dan menghasilkan suara musik yang dapat didengar dalam mobil. Diciptakan oleh 2 seniman Denmark, Steen Krarup Jensen dan Jakob Freud-Magnus.

Di Korea Selatan Singing Road mirip dengan di Jepang - dibuat untuk menarik wisatawan, yaitu didekat ke Anyang, Gyeonggi. Juga dimaksudkan membantu pengendara tetap waspada dan terjaga. Lagu yang dapat didengar disana adalah "Mary Had a Little Lamb". 

Di Amerika Serikat, jalan semacam ini ada di Lancaster city California. Objek Wisata yang tadinya terletak dekat pemukiman. Penduduk sekitar keberatan karena bising sehingga telah dipindahkan ketempat yang jauh dari pemukiman. 

Dikenal dengan Civic Musical Road, dengan  lagu Lone Ranger Theme (bagian akhir dari Overture William Tell). Proyek komersil yang disponsori oleh American Honda Motor co. dan dibuka pada musim panas 2008.







Yang ini contoh album musik dengan grafik "jalan", lengkapnya akan ditampilkan pada tulisan seri "Musik dan Jalan" yang akan datang.


Video "Musik dan Jalan" 
Musical Road Lancaster,California.

-  (Video : Civic Musical Road Lancaster California)

                                          

Minahasa Tengah, 6 Januari 2012, Hengki.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More