Sabtu, 23 Maret 2013

[Seri ROB - 15] RIVERS OF BABYLON - BEBERAPA VERSI KLASIK


Mazmur pasal 137 ini merupakan doa, keluhan dan curahan hati dan tangisan dari bangsa yang terjajah (Yehuda). Rasa dendam, geram dan marah pada penindas dan penjajah (Babel), serta  berharap Tuhan akan membebaskan mereka dan pulang ke Sion.... telah banyak di kutip dan "dijadikan" lagu dalam berbagai versi. Dari Klasik hingga MODERN (POPULER). 
---------------------
VERSI-VERSI KLASIK


1. Mazmur 137 (9 ayat) merupakan Hymne Berkabung Nasional, dan dalam liturgi Yahudi, ini merupakan lagu ratapan. hengkimandang-seri-rob-7-hymneberkabung-rivers-of-babylon- : 

["Pengalaman yang traumatis itu, dengan luar biasa dicurahkan dalam sebuah karya sastra. Hasilnya adalah Mazmur 137, puisi yang terkenal dengan kata-kata pembukaannya, "Di tepi sungai-sungai Babel, sebuah Hymne Berkabung Nasional"]


2. Pada 1622, seorang Musisi RenaissanceSALOMONE ROSSI, membuat komposisi Mazmur 137.hengkimandang.seri-rob-9-versi renaissance-rivers-of-babylon-  : 

"Pendekatan Rossi ke teks dari Mazmur 137 sangat pribadi, menunjukkan semangat nasionalisme Yahudi. Karena motet ini dianggap sebagai ratapan dalam liturgi Yahudi, Rossi mungkin telah mengubah untuk model kepada pengaturan akhir abad keenam belas Latin dari Ratapan Yeremia"


3. Pada1786, Komposer Inggris, Philip Hayes, menerbitkan Canon untuk Mazmur 137, dengan judul lagu "By the Waters of Babylon"

Philip Hayes dalam bahasa musiknya, menghormati idiom akhir Baroque. Berdasar canon Hayes ini, tampil dalam album Amercan Pie (1971) Don McLean, dengan judul "Babylon" saja dalam jenis musik folk rock.


4. Pada 1815,.LORD BYRON penulis Romantis menulis puisi berdasar Mazmur 137, lalu di set ke musik oleh Samuel Sebastian Wesley,hengkimandang.seri-rob-8-versi-romantis-rivers-of-babylon-

["Penyair abad 17 dan 18 yang dikenal dengan zaman Romantis, juga tergerak untuk menyampaikan penderitaan suatu bangsa oleh perlakuan bangsa lainnya. Mereka lalu menggali naskah naskah kuno, khususnya dan termasuk puisi Mazmur 137 dari Alkitab Kristen dan Yahudi dan melahirkan karya sastra baru dari situ".]
-------------------

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More