Jumat, 22 Maret 2013

[Seri ROB - 13] "RIVERS OF BABYLON" versi BAROQUE (1786)

"Komposer dari Inggris Philip Hayes yang membuat komposisi berdasar Mazmur 137 ini, dengan judul yang dipakai "By The Waters Of Babylon" (1786). Hayes dalam bahasa musiknya menghormati idiom Baroque".

foto : Philip Hayes dalam karikatur

Kata-kata By The Rivers of Babylon, dikenal juga dengan By The Waters Of Babylon. Itu merupakan kata-kata dalam puisi yang muncul pada sekitar 2500 tahun lalu, atau 5 hingga 6 abad sebelum Masehi. Beberapa versi berdasarkan sastra di masa Nabi Yeremia dan Yehezkiel, dan menjadi koleksi Mazmur dalam Alkitab, telah disampaikan dalam tulisan seri ROB dari penulis blog ini. baca lengkap (hengkimandang.mazmur-137-tema-lagu-rivers).

Setiap zaman telah memunculkan seniman yang tergerak dan terinspirasi dengan puisi yang menceritakan penderitaan bangsa Yehuda di negeri asing, setelah penghancuran Yerusalem dan Bait Allah oleh kerajaan Babel dibawah pemerintahan raja Nebukadnaesar pada tahun 586 SM. baca lengkap (hengkimandang/seri-rob-10-rivers-of-babylon-berbagaiversi).

Diantaranya : Komposer Salomone Rossi dari Italia pada zaman Rainesance (1622), Penyair Lord Byron dari Inggris di zaman Romantis (1815), dan musisi abad Modern, The Boney M. Cs (1970).

Ada lagi komposer dari Inggris Philip Hayes yang membuat komposisi berdasar Mazmur 137 ini, dalam canon dengan judul yang dipakai "By The Waters Of Babylon" (1786). Hayes dalam bahasa musiknya menghormati idiom akhir Baroque. Lagu ini dalam melodi Ibrani, dan dinyanyikan dalam gereja. Pada 1971 musisi Don McLean, dengan versi folk rock, mengaransemen dan merekam lagu berdasar canon Hayes ini, dan diberi judul "Babylon', dalam album American Pie.

LIRIK LAGU  http://www.hellomoth.com/lyrics/the-waters-of-babylon/

"BY THE WATERS OF BABYLON" ----

By the waters of Babylon
We sat down and wept for thee Zion
We rememnber thee, Zion
And our hearts, we hang them up from the trees that are therein. 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More