Selasa, 19 Maret 2013

[Seri ROB - 9] RIVERS OF BABYLON versi RENAISSANCE (1622)


"Pendekatan Rossi pada teks dari Mazmur 137 sangat pribadi, menunjukkan semangat nasionalisme Yahudi. Karena motet ini dianggap sebagai ratapan dalam liturgi Yahudi, Rossi mungkin telah mengubah untuk model kepada pengaturan akhir abad keenam belas dari Ratapan Yeremia". 


INSPIRASI ALKITAB.---


Lagu "Rivers Of Babylon" ciptaan Dowe dan McNaughton pada 1970, yang awalnya dibuat untuk musik reggae, akhirnya telah dibawakan dalam berbagai jenis musik populer yang dikenal pada abad 20an menjadi pokok pembahasan dalam beberapa versi yang dibawakan pada masa itu, Lagu yang dikutip dari Mazmur 137 dalam Alkitab Kristiani dan Yahudi.

Namun "versi" pada kesempatan ini adalah versi yang berbicara tentang puisi Mazmur 137 itu sendiri, yang juga merupakan sumber inspirasi dari lagu yang telah disebutkan. Bagian Mazmur itu adalah karya sastra dari sekitar 2500 tahun lalu, yakni ketika penghancuran Yerusalem oleh kerajaan Babel pada 586 SM. Versi yang demikian, disampaikan pada pos sebelum ini, yaitu versi Romantis (1815) dengan penyair Lord Byron..

MUSISI RENAISANCE. ---


Kali ini, mundur lagi ke Tahun 1622Salamone Rossi, musisi dan komposer Renaissancedari Italia membuat komposisi lagu untuk Mazmur 137 alias "By The Rivers Of Babylon".

KOMPOSISI DRAMATIS. ---


Pendekatan Rossi kepada teks dari Mazmur 137 sangat pribadi, menunjukkan semangat nasionalisme Yahudi. Karena motet ini dianggap sebagai ratapan dalam liturgi Yahudi, Rossi mungkin telah mengubah untuk model kepada pengaturan akhir abad keenam belas dari Ratapan Yeremia. 

Pietro Cerone menggambarkan praktik abad ke-17 mengenai musik gereja yang berlaku dalam risalahnya: 

"Gaya untuk menyusun Ratapan adalah sedemikian rupa sehingga semua bagian dilanjutkan dengan gravitasi dan kerendahan hati, hampir selalu dinyanyikan bersama .... 
-- Dalam jenis komposisi, lebih dari yang lain, komposer memanfaatkan disonansi, suspensi, dan bagian-bagian keras untuk membuat karyanya lebih muram dan sedih, sebagai arti dari kata-kata dan pentingnya permintaan zaman ...
-- Lagu selalu dinyanyikan dengan sangat rendah dan suara berat  ". 

Semua karakteristik tersebut hadir dalam pengaturan Rossi pada Mazmur 137. Dan ini merupakan komposisi yang paling gelap dan dramatis. 

AUDIO. ---


Berikut ini sebuah Rendition yang dilakukan Oleh Cholare Zamir dari Boston dari komposisi Rossi tersebut. ( http://jhom.com/topics/rivers/babylon_2.html.) 

 Al Naharot Bavel (tepi sungai-sungai Babel)
Jika Anda belum memiliki Real Audio plug-in untuk browser Anda, Anda dapat men-download RealPlayer bebas dari Real Networks untuk mendengarkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More