Kamis, 30 Agustus 2012

BAD (Lagu dan Album MICHAEL JACKSON) 25 tahun


foto : cover CD (1) dan LP (2) "Bad 25", 2012

SINGLE "BAD"

foto : Cover Single "Bad 25", 2012

Pada 14 Agustus 2012, lewat i-Tunes dirilis ulang single Bad dari raja pop Michael Jackson, menandai 25 tahun single yang dirilis pada 7 September 1987.

Bad, adalah lagu yang dipersiapkan untuk duet Michael Jackson dengan penyanyi Prince, namun gagal dilaksanakan, lalu direkam dan dirilis oleh Michael Jackson sendiri dengan label Epic dan diproduksi oleh Quincy Jones. Michel sendiri menjabat sebagai co-producer.


foto : cover Single "Bad", 1987

IDE LAGU "BAD"
Konsep dari Bad menurut Michael adalah lagu tentang anak jalanan yang hidup dilingkungan yang buruk. Ia pergi ke sekolah swasta dan pulang berlibur ke lingkungan lamanya yang memberikan dia kesulitan. ia bernyanyi : "Saya buruk, engkau buruk, siapa yang buruk siapa yang terbaik". Katanya lanjut,"Engkau kuat dan baik, maka engkau buruk".

Ide lagu ini menurut Jackson adalah kisah nyata yang dibaca dari majalah Time atau Life, dimana seorang pemuda yang pergi sekolah ke New-York yang mencoba sesuatu untuk hidupnya dan meninggalkan teman-temannya. Teman-temannya yang cemburu, menghabisi dia ketika pulang beristirahat dihari Thank Giving.

ALBUM "BAD"



foto : cover CD dan LP "Bad", 1987

Lagu yang direkam pada Januari 1987 ini ditulisnya pada tahun 1986, mencampai puncak No.1 pada daftar Hot 100 Billboard dan bertahan selama 2 Minggu. Kemudian dimuat dalam album berjudul sama Bad yang dirilis 31 Agustus 1987. Memperoleh Grammy 1988 untuk Best Engeneer recording. Album Bad oleh Majalah Rolling Stone ditempatkan pada No.202 daari 500 Greatest albums of all time. Sedangkan VH 1 menempatkan pada No.43 dalam 100 Greatest albums of All Time of MTV Generation. Dalam daftar Robert Dimery album ini masuk 1001 Albums You Must Hear Before You Die. 5 lagu dalam album ini menduduki No.1 pada 100 Hot Billboard : "I Just Can Stop Loving You", "Bad", "The Way You Make Me Feel", "Man In The Mirror" dan "Dirty Diana". Lagu lainnya : "Another Part Of Me", "Smooth Criminal", "Leave Me Alone", "Liberian Girl" dan "Speed Demon".

18 September 2012 nanti, akan dirilis "Bad 25" album dalam berbagai format yakni Vinyl LP, CD dan DVD.

Lagu 'Bad" dan Album "Bad" secara internasional sukses besar secara komersial dan lebih mengangkat pamor Michael Jackson pada masanya. Berbagai kritik telah mengangkat album ini ketika dirilis.


foto : Michael Jackson dicover depan majalah "Blues & Soul" saat dirilisnya album Bad, 1987

Penulis menyampaikan tulisan ini bertepatan dengan ulang tahun Michel Jackson 29 Agustus 2012, Michael lahir pada 1958 atau 54 tahun silam. Happy Birthday MJ.






0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More