Sabtu, 10 September 2011

BONEY M. [BONEY MADAHMASA - BONEY MUSICALENDAR] Lagu & Cerita Calendar Song


Boney Madah Masa, Boney Music Calendar

“Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana” (Mazmur 90 : 12)

-Masa, -zaman, -tempo, -kala, -saat, -ketika, -pintas, -hari, -bulan, -tahun, -jam, -menit, -detik dan lain-lain, merupakan kata-kata benda yang menunjukkan perhitungan -waktu.

Musa dalam mazmurnya, satu hari bagi Tuhan adalah seribu tahun bagi manusia.(Baca juga Mazmur 90 : 4). Manusia diciptakan pada hari keenam. Sebelumnya Tuhan menciptakan benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Dan menjadi tanda untuk menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun. (Baca juga Kejadian 1).  

Hari dihitung menurut rotasi atau perputaran bumi pada poros nya. Tahun dihitung pada putaran bumi mengelilingi matahari atau revolusi selama 365 hari, atau 366 hari untuk tahun kabisat,dan dibagi dalam duabelas bulan.

Grup ‘Boney M’ pada 1978 merilis lagu dengan syair nama-nama bulan dalam almanak Gregorius dengan gaya Disco.
  
=== January February March......
=== April May June July..
=== August September October November December



10 BULAN
Mulanya hanya ada sepuluh bulan dalam almanak. Dimulai dari Maret sampai Desember. 1.Maret,2.April,3.Mei,4.Juni,5.Quintilis,6.Sextilis.7.September,8.Oktober,9.Nopember,10.Desember. Kemudian ditambahkan didepan Maret, bulan-bulan Januari dan Februari, pada zaman Julius Caesar (kaisar di Roma dari tahun  49 – 44) seb.M, sehingga menjadi 12 bulan.

Ada lima nama bulan yang berasal dari nama Dewa dan Dewi Romawi : -JANUARY-1 dari (Janus Dewa berwajah dua). -FEBRUARY-2 dari (Februus, Dewa Penyucian). -MARET-3  dari (Mars, Dewa Perang). -MEI-5 dari (Maia, Dewi Fortuna). -JUNI-6 dari (Juno, Dewi istri Jupiter- Dewa Petir).

Satu nama sesuai masa, yaitu saat mengembangnya bunga-bungaan : . –APRIL-4 dari (Aperire artinya membuka).

Enam nama sesuai urutan, namun dua diantaranya diganti nama oleh Agustus, (kaisar pertama Romawi Raya dari tahun 27  – 14 SM, masa kelahiran Kristus), yaitu : -JULI-7 dari (Julius Caesar, menggantikan bulan Quintilis = kelima), untuk menghormati Julius Caesar. -AGUSTUS-8 dari  (Agustus Caesar namanya sendiri, menggantikan bulan Sextilis = keenam).

Urutan selanjutnya : –SEPTEMBER-9 dari (Septem artinya ketujuh). -OKTOBER-10 dari (Octo = kedelapan). -NOVEMBER-11 dari (Novem = kesembilan). -DESEMBER-12 dari (Decem = kesepuluh).

Zaman Tiberius, (kaisar dari tahun 14 – 37, masa penyaliban Kristus), senat Romawi mengusulkan undang-undang mengganti nama bulan September menjadi 'Tiberius'dan bulan Oktober menjadi 'Livius'.Untuk menghormati kaisar pengganti Agustus Caesar ini, dan menghormati ibunya Livia. Usulan ini ditolak “Sang anak kesayangan ibu” : “Apa yang kalian lakukan seandainya ada tigabelas Caesar?” ia bertanya.

Berbeda dengan Tiberius, maka Domitian, (kaisar dari tahun 82 – 96), atas kemauan sendiri mengubah nama September dan Oktober menjadi namanya. 'Germanikus' untuk September, 'Domitianus' untuk Oktober. Alasannya September bulan dia menjadi kaisar dan Oktober bulan kelahirannya. Rupanya ini hanya berlaku pada zaman “Sang pembuang Yohanes” itu saja.

Sebelum itu pada zaman Nero (kaisar dari tahun 54 – 68, masa kematian Rasul Paulus), senat menyarankan untuk memulai tahun baru dengan Desember, bulan kelahiran Nero, dan bukan Januari seperti lazimnya. Saran itu ditolak “Sang pembakar orang-orang  Kristen untuk penerang” di kala itu.

Syair lagu yang berjudul ‘Calendar Song’ dari Boney M, begitu sederhana, hanya menyebut nama-nama bulan, namun ketika mendengarnya tersirat pesan yang mendalam. Mengingatkan kita untuk menghitung waktu perjalanan hidup. Selamat mendengarkan.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More