Jumat, 04 Januari 2013

LED ZEPPELIN - TOUR DUNIA

foto : L E. D. dan komponen elektronika lainnya dalam bentuk alat band dan musisi sedang beraksi. dari www.dittomusic.com, mengenang grup band "LE(a)D Zeppelin"

Lagu-lagu grup Led Zeppelin terhimpun dalam 9 album Studio yang sukses dan laris. Untuk promosi bagi lagu-lagu mereka, Led Zeppelin tidak mengandalkan penerbitan Single, atau melalui saluran TV, namun mengandalkan album dan yang lebih penting adalah pertunjukan Live didepan penggemar. Dan itu yang mereka lakukan, menjumpai penggemar mereka di seluruh dunia.

Nama grup yang berarti "lead" atau memimpin, dipelesetkan dengan mengurang satu huruf "a" menjadi "led" yang lebih mudah dan enak disebutkan, yang dapat dikonotasikan dengan L.E.D, Light Emiting Diode seperti foto diatas. Memang Diode bercahaya yang dikenal dalam bidang teknologi elektronika saat ini sedang naik daun, terutama pada layar-layar monitor dan komputer. Dengan hemat tenaga dapat dihasilkan cahaya gambar yang terbaik. Dan itu kira-kira pula filosofi dari grup Led Zeppelin dalam memperkenalkan lagu-lagunya pada akhir 60-an serta sepanjang 70-an, dengan menegakkan penggemar mereka melihat dan mendengarkan musik mereka melalui konser.. Sedangkan Zeppelin, perahu udara temuan Zeppelin, merupakan arti dari mudah terbakar dan dimaksudkan perpaduan ringan dan berat. Mereka memutuskan untuk "membunuh diri" grup pada tahun 1980, karena ditinggal penabuh drum mereka John Bonham yang meninggal tak terduga. Ketiga personil sisa, melanjutkan bermusik dengan solo karier, namun sewaktu-waktu mengadakan reuni dalam live-show.

Empat anggota Led Zeppelin yang sebalumnya memakai nama grup New Yardbirds berupa perkembangan grup  Yardbirds, Jimmy Page, Robert Plant, John Paul Jones dan John Bonham, pertama kali tampil pada sebuah ruangan dibawah toko kaset di Gerrard Street London. Lagu pertama yang disarankan Page untuk dibawakan adalah lagu "Train Kept A Rollin" dari Johny Burnette dalam versi Rockabily yang dahulunya blues. John Paul Jones (bassis) terpesona dengan permainan drum dari Bonham dan berpikir : "Saya tahu ini akan menjadi besar", kenangnya.

Tur luar negeri dimulai di Skandinavia dan sempat mengambil bagian dalam rekaman studio PJ Proby dengan album "Three Week Hero", lagu Big Jim merupakan lagu pertama dengan fitur 4 anggota Led Zeppelin.

Tur Skandinavia, berakhir 7 September 1968, di Klub Remaja Gladsaxe di Gladsave Denmark untuk terakhir mereka dibawah nama New Yardbirds. Setelah pembuatan album mereka dipaksa memakai nama baru, karena batas pemakaian nama yang lalu hanya sampai akhir tour Skandinavia tersebut. Dan mereka mengumumkan nama baru pada 14 Oktober 1968.

Dengan nama Led Zeppelin mereka tampil pertama di University of Surrey pada 25 Oktober 1968., dilanjutkan dengan tour kecil Inggris. Tour pertama Led Zeppelin ke Amerika Utara di organisir oleh Richard Cole pada akhir tahun 1968, dengan tampil pertama di Denver 26 Desember 1968. Kemudian East Coast, lalu Los Angeles dan San Fransisco. Cole kemudian menjadi tokoh penting bagi tour Led Zeppelin. Selama tour Amerika album Debut "Led Zeppelin" dirilis yaitu pada 12 Januari 1969.



Ada 4 tour Inggris dan 4 Tour Amerika lagi ditahun pertama mereka, kemudian merilis album "Led Zeppelin II" yang direkam dalam perjalanan mereka di Amerika. Album ini merupakan pengembangan album pertama dan menghasilkan karya dengan suara "langsung, berat, keras dan brutal" yang sangat berpengaruh dan sering ditiru dalam musik blues/rock.


Setelah merilis album "House's of the Holly" pada 1973 mereka mengadakan Tour Amerika lagi, dan memecahkan rekor kehadiran, karena dilakukan di stadion besar, seperti stadion Tampa Florida. mereka menghadirkan penggemar sebanyak 56.800 orang, mengalahkan rekor The Beatles di stadion Shea 1965.

Tahun 1974 mereka mengambil istirahat untuk tour, dan mendirikan label rekaman Swan Song yang di pakai mulai album kelima

Tahun 1975, Led Zeppelin memulai tour Amerika lagi dengan menggunakan perralatan suara canggih serta sistem pencahayaan. Di Inggris pada 5 Mei 1975, 5 malam pertunjukkan terjual habis pada konser di Earls Court Arena London.

Pada tahun 1976 tidak tour, mereka menyelesaikan film konser "The Song Remain same", yang disertai album song track berjudul sama.


30 April 1977, Led Zeppelin tampil konser di Pontiac Silverdome dengan kehadiran penonton sebanyak 76.229 yang menurut Guiness Book of Record, tertinggi untuk konser tunggal. Lalu 3 Juni 1977 di Stadion Tampa, dipotong pendek karena badai parah dan mengakibatkan kerusuhan.

Agustus 1979, setelah pemanasan di Kopenhagen mereka membuat konser dengan judul "Two consert at .Knebworth" yang dihadiri 104.000 pada malam pertama.

Pada sebuah acara konser di Nurenberg Jerman tanggal 27 Juni 1980, Drumer Bonham ambruk dan konser terhenti, ia dilarikan ke rumah sakit.


Rencana Tour Amerika untuk 24 Oktober 1980 dibatalkan, karena sehari sehabis latihan pada 17 September 1980, Bonham yang sedang beristirahat, kedapatan telah beristirahat untuk selama-lamanya.

Seperti yang telah disebutkan lebih dahulu, Personil sisa yang masih hidup memutuskan pembubaran grup mereka Led Zeppelin.








   

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More