Sabtu, 05 Januari 2013

LED ZEPPELIN - 'TOUR SURGA' - LAGU "STAIRWAY TO HEAVEN"

foto : Karikatur 2 lagu rock (termasuk 'Stairway to Heaven') , dari www.dittomusic.com

STAIRWAY TO HEAVEN (1970) - DARI ALBUM ANONIM LED ZEPPELIN (1971) ------
Penulis pertama mengenal "tangga menuju surga", lewat kisah Bapak Israel atau Yakub, anak Isai yang bermimpi melihat tangga yang berdiri hingga kelangit tinggi dan terlihat para malaekat Allah yang turun naik lewat tangga itu, di tempat bernama Betel. Tuhan datang kepadanya untuk memberi keturunan suatu bangsa yang besar baginya. Dalam Alkitab kisah ini ditulis dalam Kitab Kejadian 28 ; 10 - 22. Penulis sangat senang membayangkan kisah dan tangga ini hingga suatu saat mendengar lagu dalam gaya rock yang mempunyai judul dan kisah yang mirip seperti ini. Lagu ini dibawakan oleh grup metal Led Zeppelin yang kali ini mengambil wanita sebagai tokoh untuk peran kisahnya.

foto : album no title Led Zeppelin (1971), atau Led Zeppelin IV, dimana ada lagu Stairway to Heaven. 

Melalui Album anonim dari Led Zeppelin (1971) yang kelak dikenal sebagai album "Led Zepellin IV", karena album mereka sebelumnya biasa memakai nama grup dengan urutan angka, tercatat sebuah lagu berjudul "Stairway to Heaven", yang menjadi lagu yang paling banyak diminta untuk dimainkan di radio FM Amerika yang menyuguhkan lagu-lagu berorientasi rock.

"TOUR SURGA" PAGE DAN PLANT -100 LAGU TERBESAR OLEH VH1(2000).------
Lagu ini menjadi cap bagi grup Led Zeppelin, grup yang oleh Rolling Stone disebut "tidak di ragukan lagi, salah satu band yang paling abadi sepanjang masa". Sehingga lagu inipun menjadi lagu abadi sepanjang masa. Lagu ini dikarang oleh Jimmy Page dan Robert Plant pada 1970. Gitaris dan penyanyi grup Led Zeppelin.

Catatan sebelum ini tentang Led Zeppelin adalah 'Tour Dunia' yang menyampaikan tentang perjalanan grup menjangkau pelosok dunia dengan musik mereka, benar-benar kegiatan tur di beberapa negara. Topik Tour Surga (dalam tanda kutip) pada kali ini merupakan permainan kata, yakni lawan kata dari Tour Dunia dan yang terpenting untuk mengutarakan tentang lagu 'Stairway to Heaven' milik Led Zeppelin, lagu yang pada Tahun 2000, oleh VH1 dipilih dan diletakkan  pada nomor 3 dalam daftar mereka "100 lagu terbesar".

foto : Gitaris Jimmy Page dengan gitar double lengan untuk lagu Stairway to Heaven

GITAR DOUBLE LENGAN DARI JIMMY PAGE- AKUSTIK DAN LISTRIK ----
Instrumen untuk lagu ini dikarang oleh Jimmy Page dalam jangka yang panjang, dimana permulaannya muncul di tempat terpencil Bron-Yr-Aur di pegunungan Whels pada suatu malam. Kemudian Page selalu membawa alat perekam setiap mendapatkan ide, dan potongan-potongan rekaman gitar akustik dan gitar listrik ini di sambung sebagai gagasan untuk lagu "Stairway to Heaven".

Bassis grup John Paul Jones setia setiap Page dan Plant turun dari gunung untuk mendengar hasil intro bagi lagu ini, dan dengan penuh semangat diapun menyiapkan porsi musiknya bagi lagu itu sehingga semakin kaya dan berbobot.

foto : Single promosi untuk AS, Stairway to Heaven label Atlantic Records

SINGLE STAIRWAY TO HEAVEN ----
Label Atlantic Records ingin sekali menerbitkan lagu ini dalam bentuk single. Padahal Led Zeppelin tidak biasanya mengandalkan Single bagi promosi lagu-lagunya, melainkan lewat album-album saja. Keinginan Label Atlantic Records terkabul dengan terbitnya Single Promosi meski hanya untuk AS.

MIRIP LAGU 'TAURUS' DARI GRUP SPIRIT-----
Pada Tour pertama ke Amerika Utara, Led Zeppelin telah bertemu grup "Spirit" dalam pembuka konser yang  membawakan lagu mereka "Taurus". Banyak orang yang mempertanyakan kemiripan lagu yang telah dirilis 2 tahun sebelum "Stairway to Heaven" itu, namun Randy California sebagai pengarang lagu "Taurus" menjawab : " Mereka juga membawakan "Fresh Garbage" dalam live mereka kok, he.. he". Fresh Gerbage adalah lagu lain milik Spirit.

PESAN SATAN?
Dalam lagu 'Stairway to Heaven' ini ada penggalan seperti ini : "ada kata tertulis yang harus disimak untuk dibaca,  karena dapat bermakna ganda" - "Theres a sign on the wall but she wants to be sure -Cause You Know Sometimes words have two meanings". Apakah itu yang dimaksud bagi putaran mundur dalam lagu ini ? Semoga tidak. Putaran mundur rekaman pita atau piringan hitam dapat saja dilakukan, dan beberapa orang telah merasa dapat menguraikan hasil rekaman mundur pada salah satu bagian lagu, dan menuduh ada pesan tersembunyi pada lagu tersebut. Ketika rekaman "Stairway to Heaven" ini diputar mundur berulang-ulang pada Sidang Perlindungan konsumen dan beracun Majelis Negara California, terdengar secara samar kata-kata : "Oh here to my sweet Satan, The one whose  little path would make me said whose power of Satan. He will give those with him 666. Theres was a little tool sherd where he made us suffer sad Satan". 

ROBERT PLANT : "NIAT YANG TERBAIK" ----
Grup dan label mengabaikan tuntutan tersebut. Swan Song Records menyatakan : "Turntable kami hanya berputar satu arah... ke-depan. Insinyur audio Led Zeppelin, Eddy Kramer menyebut tuduhan itu :"Benar benar dan benar benar konyol, mengapa mereka menghabiskan waktu yang banyak dalam studio untuk hal hal bodoh". Sedang wawancara Robert Plant dengan majalah Musician pada 1983 : "Bagi saya itu menyedihkan, karena "Stairway to Heaven" ditulis dengan setiap niat yang terbaik, dan sejauh membalikkan kaset dan menempatkan pesan diakhir lagu itu bukan merupakan ide bagi saya dalam membuat musik.

=LIRIK LAGU=
There's a lady who's sure all that glitters is gold
And she's buying a stairway to heaven
When she gets there she knows, if the stores are all closed
With a word she can get what she came for
Ooh, ooh, and shes buying a stairway to heaven

There's a sign on the wall but she wants to be sure
'Cause you know sometimes word have two meanings
In a tree by the brook, there's a songbird who sings
Sometimes all of our thoughts are misgiven
Ooh, it makes me wonder
Ooh, it makes me wonder

There's a feeling I get when I look to the west
And my spirit is crying for leaving
In my thoughts I have seen rings of smoke through the trees
And the voices of those who stand looking
Ooh, it makes me wonder
Ooh, it really makes me wonder

And it's whispered that soon if we all call the tune
Then the piper will lead us to reason
And a new day will dawn for those who stand long
And the forests will echo with laughter

If there''s a bustie in your hedgerow, dont be alarmed now
It's just a spring clean for the May queen
Yes, there are two paths you can go by, but in the long run
There's still time to change the road you're on
And it makes me wonder

Your head is humming and it won't go, in case you don't know
The piper's calling you to join him
Dear lady, can you hear the wind blow and did you know
Your stairway lies on the whispering wind?

And as we wind on down the road
Our shadows tailer than our soul
There walks a lady we all know
Who shines white light and wants to show
How everything still turns to gold

And if you listen very hard
The tune will come to you at last
When all are one and one is all, yeah
To be a rock and not to roll

And she's buying a stairway to Heaven

video : Stairway to Heaven - Led Zeppelin








0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More