Jumat, 27 Mei 2011

Piringan hitam Tetap Berputar

Tahun 1980an Pabrik Philips dan Sony memperkenalkan Compact Disc (CD) Digital Audio,menggantikan piringan hitam yang analog. Dilanjutkan dengan pemunculan MP3 pada 1990an. Lalu i-Tunes dan lain-lain.

Ketika rekaman digital ini baru dimulai, Pabrik Nakamichi merasakan kekurangan pada cara ini, sehingga menunda memproduksinya. Saat itu mereka bilang :"digital memang tanpa desis,tanpa pletak-pletuk, tanpa kencang kendur dan.... tanpa musik"

Berbagai usaha untuk membenahi kekurangan CD dari kakaknya Piringan hitam mereka lakukan dan akhirnya budaya digital menggeser analog, dan dipermudah lagi dengan mengoleksi musik lewat media internet dengan hanya satu sentuhan.

Pencinta musik sejati tetap merasakan ada sesuatu yang hilang pada musik digital. Apa yang pernah dirasakan Nakamichi waktu lalu, itu yang mereka rasakan kini. Banyak diantara mereka lalu membongkar loteng tempat piringan hitam dan meja putar sempat disimpan dan telah berdebu. Selain itu karakter mendengar piringan hitam ada semacam ritual. "Piringan hitam hangat dan interaktif, harus dibersihkan dan hati-hati meletakan jarum pada jalurnya",seperti yang dinyatakan Brozek pemilik Toko Slow Train yang mendengar lagu hanya dari piringan hitam dan tidak mengoleksi CD.

Menurut data Nielson Sound Scan di AS, penjualan Vinil naik 14% atau 2,8 juta unit pada tahun lalu dan diperkirakan naik hingga 25% tahun 2011 ini. Demikian disampaikan In This Week.com sekaligus menjadi cerita sampulnya dengan judul "Record Revival" pada 18 Mei 2011. Dan menariknya lagi penjualan album digital turun 13%.

Toko Kaset disana mengalami lonjakan yang signifikan dalam penjualan piringan hitam dan meja putar seperti Toko Slow Train, dan toko Randy Record yang didirikan 30 tahun lalu, bahkan toko non musik seperti toko pakaian juga turut menjual  barang yang telah disimpan sebagai barang antik itu. Peminatnya pun bukan hanya pecinta musik saat jayanya piringan hitam tetapi dengan peminat baru para remaja yang baru pertama kali memutar piringan hitam.

Pemusik juga dapat merasakan bahwa piringan hitam merupakan sumber pendapatan yang lebih nyata dibanding penjualan lewat download, dan hal ini menjadi pendorong pula bagi kebangkitan kembali piringan hitam dan meja putar yang mati suri. Putar dan berputar terus....

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Edit 18 Januari 2012, Kebangkitan vinil lebih dari tentang nostalgia. Fans mengatakan jarum di alur memberikan kualitas suara lebih baik daripada teknologi laser, plus ada daya tarik dari sampul album.  http://www.smh.com.au/money/vinyl-revival-more-than-spin-20120117-1q3ky.html

-Kalamazoo - Barry dari "High Fidelity" Nick Hornby akan bersukacita: Penjualan LPrecords vinil melonjak menjadi 3,9 juta pada 2011, naik dari 2,8 juta pada 2010, menurut angka yang dikeluarkan oleh Billboard.com. http://www.mlive.com/business/west-michigan/index.ssf/2012/01/as_vinyl_records_get_back_in_t.html

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More