Rabu, 04 Mei 2011

“Yudas Malang, Yudas di Sayang”

 Kecemburuan dan syrik Yudas terhadap Gurunya Yesus memuncak ketika Maria Magdalena menyiram minyak wangi ketubuh Yesus sebagai tanda hormat dan kasih.  "Untuk apa pemborosan ini?
Sebab minyak itu dapat dijual dengan mahal dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin." (Lihat Matius 26: 8,9). Setelah itu Yudas pergi menawarkan Yesus kepada imam-imam Yahudi dengan Uang. Ia menjual gurunya yang siap dilenyapkan imam-imam itu, lalu mencari kesempatan untuk menyerahkan Yesus kepada mereka.

Dari antara murid Yesus yang kebanyakan nelayan, Yudas satu-satunya yang berlatar belakang politisi. Dia kemudian diserahi tugas sebagai pemegang kas dikelompok Yesus. Partai Iskariot tempat dia berasal adalah partai militant yang ingin merebut kemerdekaan dari tangan penguasa Roma. Itulah mengapa dia dipanggil Yudas Iskariot. Pertemuan dengan Yesus yang berwibawa dimatanya, mendatangkan harapan besar bagi Yudas mewujudkan cita-citanya dan partainya itu.

Kekecewaannya datang setelah sekian lama mengikut Yesus, karena ternyata gaya Yesus memimpin yang penuh kasih, bahkan mengasihi musuhnya, tidak sejalan dengan harapannya mula-mula. Dengan ciuman palsu Yudas sebagai tanda, maka orang-orang menangkap Yesus. Ketika Yesus mulai didera dan disiksa lalu dihukum mati,Yudas menyesal tapi sudah terlambat. Sungguh malang, ia kemudian memutuskan untuk menggantung diri.

Kemalangan Yudas mendapat simpati dari seorang penyanyi dan pencipta lagu. Lady Gaga yang mempunyai kepercayaan Katolik, memuja Yudas yang telah mengikuti Iblis, dengan mencipta lagu berjudul “nama si pengkhianat” itu. Ia ingin menyirami Yudas dengan minyak wangi dan membelaikan rambutnya, dengan meniru apa yang pernah dilakukan Maria Magdalena kepada Yesus waktu lalu.


Lagu Yudas ini dirilis pada bulan April 2011 bertepatan dengan orang Kristen merayakan dan mengenang kematian Yesus, dan pasti ingat akan perbuatan Yudas ketika itu.

Kreasi seni yang lumayan dari penyanyi eksentrik ini tentu saja menimbulkan ketidak-senangan dari pengikut Yesus Kristus dari segala bangsa. Bahkan sebelum video klip lagu ini ditayangkan mereka telah mengecamnya. Bagaimana bisa orang mencintai Yudas?. Dalam klip itu Gaga memerankan tokoh Maria Magdalena bercinta dengan tokoh Yudas yang diperankan oleh aktor Norman Reedus. Diakhir video ada kata-kata :”Yudas datang, baptisan dimulai”.

Lagu dan klip kontoversi ini menyulut api kemarahan pengikut Yesus Kristus : “Ini adalah aksi orang yang punya bakat seperti Lady Gaga”, kata Bill Donohue Presiden Liga Katolik kepada HollywoodLife.com. Dan bagi penulis, Gaga memungut sampah dan mencium itu.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More