Kamis, 15 Maret 2012

Hari Musik Nasional


Tepat pada hari ulang tahun ke-100 dari Wage Rudolf Soepratman pada 9 Maret 2003, bangsa Indonesia merayakan Hari Musik Nasional yang pertama.

Pemilihan tanggal kelahiran itu, agaknya tepat, mengingat jasa Pahlawan Nasional W.R. Soepratman  (9 Maret 1903 - 17 Agustus 1938). Sang komponis Nasional yang pada masanya, belajar musik dari kakak iparnya yang berkebangsaan Belanda. Sang Pahlawan ini tidak pernah mengalami kehidupan masa kemerdekaan. Rudolf meninggal sebelum Indonesia merdeka.

Anak seorang sersan KNIL ini, menciptakan lagu  dengan judul  'Indonesia Raya'  pada tahun 1924  atau pada usianya 21 di Bandung ketika membaca sebuah tulisan dalam majalah Timbul yang menantang ahli-ahli musik Indonesia menciptakan lagu kebangsaan, dan dia tertantang untuk itu. Ketika itu Indonesia sedang memperjuangkan kemerdekaan.

Lagu Indonesia Raya pertama kali ditampilkan oleh pemuda yang lahir pada hari Wage menurut penanggalan Jawa ini, saat penutupan Kongres Pemuda 28 Oktober 1928 di Jakarta, dan dibawakan secara instrumental dengan alat musik biola.

Setelah itu lagu yang mewujudkan rasa persatuan dan kehendak untuk merdeka ini,  dinyanyikan pada setiap ada acara pertemuan yang bersifat kebangsaan dan perjuangan kemerdekaan, dari partai-partai politik, dengan resiko ditangkap pemerintah kolonial Belanda. Setelah kemerdekaan Indonesia, lagu ini resmi menjadi lagu kebangsaan Indonesia, lambang persatuan bangsa.

Tahun 2012 ini, adalah untuk yang kesembilan kali bangsa Indonesia merayakan Hari Musik Nasional setelah dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia saat itu Megawati Soekarno Putri. Penetapan Hari Musik Nasional pada tahun 2003 itu juga tidak lepas dari usaha insan musik Indonesia  memerangi pembajakan musik  yang marak ketika itu,

Dengan perayaan kali ini diharapkan kita tetap menghargai hasil karya orang di bidang musik. Selain itu bangsa Indonesia tetap menjaga budaya di bidang musik, agar tidak di klaim oleh bangsa lain menjadi milik mereka. Kita lestarikan musik Indonesia dengan mengembangkan menjadi jati diri bangsa Indonesia.

Selamat Hari Musik Nasional. Merdeka !

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More