Selasa, 28 Mei 2013

MAZMUR 19 DALAM LAGU POPULER "RIVERS OF BABYLON" DAN "CARNAL MIND"


SYAIR MAZMUR 19 :

Lindungilah aku, Hu;
b'ri jangan hambaMumenjadi tekebur,
B'ri hatiku rendah
tiada berceladan suka ditegur.

Kiranya berkenanpadaMu
pikiran dan kataku,
yang jadi pujian bagiMu,
ya, Batu Gunungku dan Penebus abadi.

Syair indah ini adalah bait 6 (atau terakhir) dari pujian atau Mazmur Jemaat [No. 19] dikutip dari halaman 24 dan 25 BUKU MAZMUR DAN NYANYIAN ROHANI  terbitan BPK Gunung  Mulia Cetakan ke 41 Tahun 1982. Mazmur ini berdasar pada Buku Mazmur Bab 19 dalam Alkitab. Mazmur Bab 19 dalam terjemahan baru bahasa Indonesia berjudul : "Kemuliaan Tuhan dalam pekerjaan tanganNya dan dalam TauratNya" (19 : 1- 15).
Sedang ayat terakhir yang menjadi kutipan dari kalimat terakhir syair (dalam tulisan tebal) di atas berbunyi :

"19:15 Mudah-mudahan Engkau berkenan akan ucapan mulutku dan renungan hatiku, ya TUHAN, gunung batuku dan penebusku'.

Bahasa Inggris (Versi King James)
19:14 Let the words of my mouth, and the meditation of my heart, be acceptable in thy sight, O LORD, my strength, and my redeemer. 

MAZMUR 19 DALAM LAGU "RIVERS OF BABYLON"
Ayat terakhir atau 14 dalam terjemahan bahasa Inggris (ayat 15 dalam terjemahan bahasa Indonesia ini), di sisipkan dan dipakai oleh pencipta lagu populer Rivers Of Babylon (1969) Brent Dowe dan Traver McNaughton dari grup reggae  The Melodians dalam lagu yang dikutip dari Mazmur 137, bab yang dimulai dengan kata-kata "By the Rivers Of Babylon" yang menyampaikan tangisan dan keluhan bangsa Yehuda ketika merasakan penjajahan bangsa Babel di pembuangan pada tahun 586, setelah sebelumnya negeri mereka Yerusalem serta Bait Allah dihancurkan oleh kerajaan Babel dibawah Raja Nebukadnesar.
Dalam chorus lagu "Rivers Of Babylon" oleh The Melodians berbunyi : 

"Let the words of our mouth, and the meditation of our hearts, be acceptable in thy sight, "over I".

kata ["Our"] dalam our mouth dan our heart, asli dalam nats alkitab adalah ["My"].

Dalam versi Boney M, chorus ini di suarakan oleh Frank Farian (orang Jerman) dengan suara dalam yang unik dan menjadi ciri khas lagu-lagu Boney M, Frank Farian merupakan produser, pengisi suara di studio, sekaligus pembentuk grup Jerman (Boney M) yang beranggota pria dan wanita asal kepulauan Karibia. Boney M mengcover lagu ini dalam irama disko (1978). Istilah "Over I" diakhir kata-kata, khas rastafari dari The Melodians, diganti oleh Boney M dengan "Here Tonight" yang aslinya dalam Alkitab, " O LORD, my strength, and my redeemer". tepatnya Boney M menyampaikan :

"Let the words of our mouth, and the meditation of our hearts, be acceptable in thy sight, Here Tonight"

MAZMUR 19 DALAM LAGU "CARNAL MIND"
Chorus yang sama muncul lagi dalam lagu milik "Yabby You" berjudul "Carnal Mind" (1975), sebuah tema lain tentang Zion yang suci. Bila lagu "Rivers of Babylon" dengan tema Zion yang dihancurkan oleh Babel, yang dirindukan ketika bangsa Yehuda berbaring dan meratap di tepi sungai-sungai Babel (Mazmur 137 : 1) , maka Yabby You penyanyi reggae bernama asli Vivian Jackson, Zion  adalah tempat  suci  yang tidak mudah untuk dicapai, bila tidak melepaskan dosa atau keinginan daging. Dalam chorus lagunya, Meskipun 2 buah lagu ini pembukaanya sangat berbeda, tetapi Yabby You tetap memakai melodi yang sama untuk chorus, dengan lagu "Rivers Of Babylon" dari The Melodians ataupun Boney M. Dan kata-kata yang digunakan sama persis dengan The Melodians grup setanah- airnya dan sesama Rastafari.

Di awal lagu "Carnal Mind", Yabby You yang dijuluki "Jesus Dread", (karena berbeda dengan kawan-kawannya Rastafari, bahwa ia meyakini Yesus Kristus lebih dari Haile Selasie, raja Ethiopia yang menurut Rastafari adalah Inkarnasi Yesus Kristus), mengutip dari Roma 8 : 6-7 :

[8:6 "For to be carnally minded is death; but to be spiritually minded is life and peace. 8:7 Because the carnal mind is enmity against God: for it is not subject to the law of God, neithe"].

menjadi lirik : "You can't go to Zion with a carnal mind. No you'll never go to Zion with a carnal mind".

MAZMUR DARI DAUD
Mazmur 19 : 15, yang dijadikan chorus 2 buah lagu populer ini, merupakan kutipan dari kata-kata Daud dalam salah satu mazmurnya, Daud adalah Raja Israel yang juga musisi yang selalu mendekatkan diri dengan Tuhan, dan selalu bersyukur atas perlidungan Tuhan bagi dirinya. Daud pernah dkejari-kejar oleh musuhnya dan  ia memohon kepada Tuhan untuk melindungi dirinya dari tangan mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More