Jumat, 30 Desember 2011

HITAM n' PUTIH (12 Sampul Album Disain Minimalis)

Didepan pintu tahun  2012 dan menutup tahun 2011, saya mengucapkan Selamat Tahun Baru 2012, sambil  menampilkan 12 album dengan sampul minimalis yang dipilih dari daftar "1001 Album You Must Hear Before You Die", buku dari Robert Dimery.

Rancangan kemasan Album rekaman musisi dibuat dengan semenarik mungkin agar orang yang melihat ingin untuk memperolehnya. Selain itu lagu-lagu harus  menarik pula tentunya. Ada sampul yang dirancang dengan biaya begitu besar, tapi ada pula yang tidak seberapa. Ada yang didisain menampilkan kesan ramai, tapi ada juga yang begitu sederhana atau minimalis. Ada yang penuh warna, tapi ada yang hanya satu warna.

Ada album yang diberi judul salah satu lagu didalamnya, ada yang diberi tema tertentu untuk ditampilkan, dan lain sebagainya. Atau tidak diberi judul sama sekali. Hanya nama musisi saja, baik perorangan atau kelompok. Kemudian ada yang beroleh nama julukan sesuai warna album itu seperti : The Beatles dengan White Album, Metalica dengan Black Album dan Orbital dengan Brown Album.  

Kita lihat Album 'tidak berjudul khusus', hanya bernama "musisi pemiliknya" serta rancangan paling sederhana (8 sampul), dimana 3 pertama mendapat nama julukan sesuai warna sampul. Lainnya diberi judul (tertulis) yang masih menyangkut warna atau menyangkut nama musisi bersangkutan (4 sampul).




1.The Beatles (Album) dari The Beatles (Musisi). dirilis 22 November 1968, merupakan album resmi The Beatles yang kesembilan. Berisi 30 lagu dalam double album. Rancangan polos dengan warna Putih. Ada terbaca kata kecil "The Beatles" tapi dalam warna sama, karena tidak dicetak tapi di embos. Terletak di tengah agak kekanan. Dikenal kemudian dengan "WHITE  Album".



2. Metallica (Album) dari Metallica (Musisi), dirilis 12 Agustus 1991, album kelima grup Metallica. Rancangan Warna hitam. Ada tulisan kata/logo "Metallica" disudut kiri atas secara diagonal dan gambar ular di sudut kanan bawah dalam warna hampir hitam. Sehingga kesannya hitam dan dikenal dengan "BLACK Album".




3. Orbital (Album) dari Orbital (Musisi), rilis Mei1993, Album kedua grup. Nama dan grafis lainya masih dapat dilihat dalam warna Brown bertingkat nada. Dikenal dengan " BROWN Album". Untuk membedakan dengan album pertama yang disainnya sama,namun warnanya lain.




4. Bad Co (album) dari Bad Company (musisi), dirilis 26 Juni 1974. Album pertama Bad Company. Rancangan Warna Hitam dan tulisan Bad Co warna putih, secara diagonal dari kiri bawah ke kanan atas.



5. Monks (album) dari Monks (musisi), Warna hitam dan tulisan kecil  kata "Monks" ditengah agak kekanan seperti letak tulisan the beatles dalam album The Beatles, dan tulisan kecil dibagian bawah "BLACK Monks Time"





6. Talking Heads : 77 (album) dari Talking Heads (musisi), rilis 1977. Rancangan warna merah dengan hanya satu baris tulisan kata "Talking Heads: 77" huruf kapital Warna emas diatas.



7. Neu!'75 (album) dari Neu! (musisi), rilis 1975. Rancangan Warna Hitam dengan tulisan coretan spidol kata "Neu!" putih secara diagonal, sama dengan letak dalam album Bad Co. Sebelumnya mereka merilis rancangan sampul yang sama dalam dasar putih, tulisan merah. 



8. WHITE Light  dari Gene Clark (musisi), rilis Agustus 1971. Album solo kedua dari Gene Clark  anggota grup The Byrds. Rancangan warna hitam. Judul yang tertulis "Gene Clark" dan "bukan White Light" disudut kiri atas dan ada gambar siluet orang dengan latar belakang cahaya bulat warna orange nampak seperti bulan. Meskipun "judul" ada kata "White", tetapi warna dasarnya hitam.



9. WHITE Light/ White Head dari The Velvet Underground, rilis 30 Januari 1968. Album studio kedua grup. Dari judul salah satu lagu dalam album. Sama dengan album White Gene Clark, meskipun menyebut kata White, tapi rancangannya hitam, dan warna hampir hitam dari grafis tato pada lengan seseorang di sudut kiri bawah. Tulisan nama album dan musisi dalam satu baris dibagian atas.




10. Back In BLACK dari  grup AC-DC, rilis 25 Juli 1980. Back in Black adalah judul salah satu lagu dalam album. Rancangan warna hitam dengan logo grup di bagian atas, dan judul album di tengah-tengah dalam warna hampir hitam. Sama dengan Metallica kesannya hanya hitam,hitam dan hitam. Album grup untuk mengenang anggotanya yang telah tiada, Bon Scott.




11. Bee Gees Odessa (album) dari BeeGees (musisi), rilis Maret 1969, album studio The Bee Gees, dalam double LP. Album terakhir sebelum Bee Gees beralih gaya. Disain warna merah dengan tulisan kata Bee Gees dan Odessa huruf kapital dalam 2 baris ditengah dengan warna Orange.




12.The Wall (album) dari Pink Floyd (musisi), rilis 30 November 1979. Album studio kesebelas Pink Floyd.  Dengan Rancangan gambar dinding putih dan  susunan bata, tanpa tulisan. Batas-batas bata terbentuk oleh cahaya, bukan oleh warna lain (bandingkan dengan   tulisan yang diembos pada album The Beatles). Dirancang oleh Storn Thorgerson. Nama grup dicetak pada stiker tersendiri.



Bila kita percaya dengan kata-kata: " You Must Hear before Your Die", tentu Album-album ini patut didengar. Karena memang album-album ini begitu berpengaruh pada zamannya masing-masing, sehingga boleh masuk daftar tadi. Selamat mengoleksi dan mendengar di Tahun Baru 2012.
Minahasa, 31 Desember 2011.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More