Rabu, 10 April 2013

[Seri ROB] BABYLON SKA - The Skatalites (2005 - 2009)



DARI ABAD 20

The Skatalites sebenarnya grup produk abad 20 (1960-an) dari Jamaika, yang masih eksis hingga kini (2013), dengan silih berganti anggota pemainnya. Artinya mereka lebih dulu ada dari lagu yang menjadi topik blog ini "Rivers Of Babylon" versi raggae The Melodians (1970).. 

MUSIK SKA

The Skatalites mengawal musik Ska yang merupakan nenek moyang dari musik Reggae (yang dalam catatan kita reggae adalah asal dimana musik dari lagu Rivers Of Babylon yang populer kemudian dalam musik disko oleh Boney M). 

JAMAIKA & RIVERS OF BABYLON

Meskipun "The Skatalites" dan "Rivers Of Babylon" berasal dari tempat yang sama (Jamaika) dan dari jenis musik yang sama (Reggae), namun lagu Rivers Of Babylon nanti muncul dalam rekaman The Skatalites di abad 21. 

ABAD 21 2005 - 2009

Tepatnya pada 2005, ketika album live Root Party  menampilkan pertunjukan mereka di Brussels pada 2003. Dan dalam album inipun lagu Rivers of Babylon hanya merupakan bagian dari medley dengan 3 lagu lainnya : Wings Of A Dove, A Little More Oil, dan Hey Man.



Nanti pada tahun 2009, melalui album In Orbit (volume 2) yang direkam di Argentina, sambil merayakan keberadaan grup di dunia musik selang 45 tahun, River Of Babylon, lagu yang dikutip dari Mazmur 137 itu, tampil utuh sebagai lagu mandiri, dengan menempatkan juga irama dari lagu lain. 

KOMPOSISI

Lagu dibuka dengan seruan nama lagu ini "Rivers of Babylo.....n !" lalu disambut instrumen tiup membawakan melodi Rivers sesuai irama yang ada (The Melodians, Boney M dan lain-lain). Duet pria dan wanita kemudian memperdengarkan ayat 1 dari Mazmur 137, By The Rivers Of......Babylon dan seterusnya.

HALELUYAH AMIN

Atribut Rastafarian sesuai lirik The Melodians seperti "King Alpha's", itu yang dipakai oleh Skatalite.
Terdengar juga seruan Haleluyah, dan irama Amin, Amin, Amin di akhir-akhir lagu. Lagu yang memang selalu terdengar di tempat asal mereka, baik di dalam gedung gereja ataupun di jalan-jalan di Jamaika. 


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More