Jumat, 11 November 2011

M_USIK DAN LOGO

M = MUSIK
Pemakaian logo sebagai identitas bukan hanya terbatas pada perusahan dagang saja. Tapi dikenal juga pada kalangan pemusik. Baik secara pribadi ataupun grup. Logo dikalangan musisi tidak lepas juga dari bisnis musik. Pada tanggal 11 November 2011 yang penuh nuansa simbol ini ditampilkan logo-logo dikalangan musik. Yah tanggal unik 11-11-11.

Beberapa logo yang dikenal didunia musik, label rekaman hingga musisi akan kita lihat pada kesempatan ini. Karena begitu banyak maka akan di tampilkan beberapa contoh saja. Mewakili keseluruhan dan bukan merupakan kriteria logo terbaik. Dipilih logo yang menggunakan alphabet, khususnya huruf"M" sebagai presentasi M (Musik) menurut penulis.

MEDIA MUSIK
"Music Television" dengan Inisial MTV, saluran TV yang berpusat di New York Amerika. Mempunyai tujuan memutar video musik. Acara oleh pemandu yang dikenal dengan VJ (Video Jockey). Diluncurkan pertama 1 Agustus 1981. Sejak saat itu berpengaruh besar pada musik hingga kini. Logo huruf "M" yang gagah, menonjol seperti sebuah bangunan. Disisi bagian kanan huruf M menempel huruf "TV" agak kecil.

"Mojo", Majalah Musik populer yang terbit bulanana di Inggris. Pertama kali terbit 15 Oktober 1993. Melayani kepentingan perkembangan musik rock classic. Logo Huruf Kapital "Mojo" dan tulisan kecil menindih "The Music Magazine".

VIDEO CLIP
"The Monkees", grup musik asal Amerika. Pelopor musik dalam televisi. Sejaman dengan The Beatles dari Inggris ditahun enam puluhan. Klip mereka ditampilkan oleh Warner Cable, sebuaah divisi Warner Communication. Nenek moyang Warner-Amex Satellite Entertainment (WASEC), Warner Cable itu merupakan cikal MTV. Grafis kata "Monkees" membentuk tampilan alat musik terpopuler gitar.

MTV mula-mula berorientasi pada musik Rock n Roll. Mulanya tidak menerima kalangan pemusik kulit hitam. Namun kemudian berubah setelah video Billy Jean dan Thriller "Michael Jackson". Disamping itu atas desakan dan label rekaman seperti CBS serta pertanyaan beberapa musisi diantaranya David Bowie tentang tak adanya pemusik kulit hitam, Michael Jackson pada mulanya bergabung dengan saudara-saudaranya dalam Jackson 5. Pada logo pertama terlihat gambar kaki Michael dalam posisi berdiri diujung jari sebagai salah satu ciri khas gerakan tarian "Moon Walk" kreasinya. Garis-garis horisontal memberi kesan dinamis. Dipakai sebagai logo manajemen produser rekaman dan live Michael Jackson.

Pada logo kedua huruf "M" untuk Michael dan "J" untuk Jackson membenuk topeng wajah. Merupakan logo sebagai artis/musisi.








LABEL REKAMAN
Label rekaman yang menangani musisi kulit hitam yang terkenal adalah "Motown" record. Berpusat di New York Amerika. Didirikan di Detroit Michigan pada 1960. Perusahan yang berperan dalam integrasi rasial musik pop. Setelah beberapa kali berganti pemilik, maka pada 2011 ini berada dibawah The Island Def Jam Record. Logo dengan huruf "M" dalam bentuk bidang berderet. Terlihat seperti track pada piringan hitam. Piringan hitam adalah media rekaman terdahulu.



Label lain dibawah The Island Def Jam kini adalah "Mercury Record". Didirikan.di Chicago pada 1945. Sekarang merupakan label di Inggris. Logo dengan tulisan miring "mercury" dalam lingkaran berbentuk elips.



DISKO
Dua grup yang merupakan proyek dari Frank Farian adalah "Boney M" dan "Milli Vanilli". Konsep lypsinc merupakan andalan pada penampilan grup tari dan nyanyi itu. "Boney M" dibentuk pada 1976 dengn anggota : Liz Mitchel, Maizie Williams, Marcia Barret dan Bobby Farell. Dibentuk dengan 2 konsep paduan. Pertama paduan musik Karibia dan Pop Eropah, belakangan menjadi mark musik Disco. Kedua paduan musik dan tarian. Bobby Farell yang menjadi "front men", akhirnya dikenal sebagai King of Disco. Tidak jelas maksud dari huruf "M". Secara kebetulan saja tiga anggota wanita dengan nama berinisial "M", orang menebak-nebak bahwa "Boney" untuk nama prianya dan "M" untuk anggota wanitanya ( Mitchel, Maizie,Marcia) Logo dengan huruf "M" (miring dibagian depan), Dirancang secara khas dan menonjol, dengan tinggi huruf 2 kali dari huruf-huruf "boney" didepannya.

Frank Farian bosan menangani "Boney M" lalu membentuk "Milli Vanilli" sebagai proyek lanjutan.Masih dengan konsep yang kurang lebih sama, musik dan tarian namun lebih eksotis dan energik. Serta konsep lypsinc yang belakangan menuai kontroversi. Penghargaan Grammy yang telah mereka dapat pada 1990 ditarik kembali. Logo huruf "M" untuk Milli saling menindih dengan huruf "V" untuk Vanilli. Persamaan sudut lancip M dan V dibuat sejajar ditambah gambar siluet orang dalam gerakan lincah, selincah gerakan 2 anggotanya Fab Morvan dan Rob Pilatus.

Setelah Boney M bubar pada 1986, para anggotanya melanjutkan karir musik dengan tetap membawa nama Boney M menjadi embel-embel masing-masing, sebagaimana putusan pengadilan tentang nama Boney M. Termasuk mengadaptasi logo. "Marcia Barret of Boney M" bentuk huruf M paada Marcia sama dengan pada Boney M.

"Maizie Williams of Boney M". Perhatikan kesamaan huruf "M" dengan Boney M dan huruf "W" sebagaai cermin huruf "M" terbalik.







Maizie meng up date juga lagu-lagu Boney M seperti "Daddy Cool" berkolaborasi dengan grup yang mengandalkan cello sebagai alat musiknya. Bernama "Mello M". Tidak seperti "M" pada Boney M yang tidak diketahui artinya, maka" M" pada Mello M berarti Mania.

METAL
Pada jalur musik lain, Ska, Rock dan Metal.Logo merupakan suatu keharusan diantaranya Madness, Mr. Big, Metallica dan Megadeth. "Madness" grup Ska dari London, dibentuk pada 1976 dan menonjol pada akhir 1970-an khususnya pada jalur yang mereka usung. Logo huruf "M" yang membesar dibagian atasnya dan pada puncak huruf terletak topi. Keseluruhan logo membentuk orang dengan setelan, Logo ini dirancang oleh Bubles. Konon mencuri ide dari grup Ska lainnya bernama Specialis yang mempunyai logo seseorang dengan setelan dan topi yang sama sedang beraksi (Logo tidak ditampilkan).


"Mr.Big" grup Rock asal Amerika, di bentuk 1988. Sering ditandai dengan vocal yang kuat dan harmoni vokal termasuk lagunya yang terkenal "To Be With You". Sempat bubar pada 2002, muncul kembali pada 2009. Logo dua baris kata "Mr." dan "Big" yang dirancang menggelebung berkesan namanya "Big".






"Metallica" grup metal dari California AS, dibentuk pada 1981 dengan nama yang "dicuri" dari persiapan nama sebuah Majalah musik. Konon nama ini gabungan dua kata, "Metal" dan "Vodca". Kehilangan pemain Bass, Cliff Burton karena kecelakaan bus saat perjalanan tur ke Skandinavia pada 27 September 1986. Video clip pertama mereka adalah "And Justice For All" 1988. Logo dengan kata "Metallica". Huruf "M" diawal dan huruf "A" diakhir bersudut tajam seperti blade. Senjata berbahaya dalam seni bela diri, Lalu ditambah gambar blade itu sendiri dari susunan huruf  "M dan A".

"Megadeth" grup trash metal dari Amerika yang dibentuk oleh Dave Mustaine, mantan anggota Metallica yang membentuk grup sendiri. Sempat bubar pada 2002 karena Dave cedera otot, namun kembali tampil pada 2004.  Logo dengan kata "Megadeth", berbeda dengan Metallica yang hanya huruf awal dan akhir yang berekor tajam, Seluruh huruf Megadeth masing-masing bersudut tajam. Gambar dengan symbol mirip "peringatan bahaya nuklir" ditambahkan. Mungkin logo ini mengadopsi logo Metallica juga.




POP, RNB DAN LAIN_LAIN


Penyanyi lain yang dikenal dengan logo seperti "Mariah Carey". Penyanyi kelahiran New York yang sukses pada tahun Sembilan puluhan. Logo dengan symbol kupu-kupu dan huruf "M" berbunga. Khas feminim terutama pada album "Butterfly".






"Maroon 5", grup Pop-rock asal Amerika. Pernah merilis lagu "Makes Me Wonder" pada 2007. Logo huruf "M" yang dibagi dua oleh warna berbeda. Antara huruf "M" itu sendiri pada sudut bawah tengah menjadi angka lima romawi "V", Menjadi "MV".








Tidak ketinggalan blog ini yang mengusung musik sebagai bahan penyajiannya. Logo menampilkan dua jari tangan diatas tuts keyboard. bersama lima tuts hitam membentuk dua huruf "H dan M" sebagai inisial dari "Harmonik Hengki M_andang".

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More