Selasa, 29 November 2011

We are Music (Poster-poster Grammy)


Gadget  untuk memainkan musik dirancang pertama oleh Thomas Edison pada 1877 dengan nama phonograph. Pengembangan selanjutnya oleh Alexander Graham Bell dengan nama Graphophone.  Kedua alat ini menggunakan cylinder sebagai sumber hasil rekaman suara. Selanjutnya Emile Berliner bekerja sama dengan Eldridge R. Johnson mengembangkan alat main musik ini dengan menggunakan piringan sebagai sumber suara. Alat ini kemudian dikenal dengan Gramaphone.

Penghargaan bagi karya film yang terkenal adalah Academy Award atau Piala Oscar. Dianugerahkan oleh institusi Academy of Motion Picture Art and Sience.  Julukan Oscar terjadi ketika seorang pustakawan Academy Margaret Herrick melihat piala diatas meja dan mengatakan, “kelihatan persis seperti pamanku Oscar!”. Nama yang dipakai terus hingga sekarang dan lebih populer dari Academi Award itu sendiri.

Untuk mengikuti jejak tersebut, penghargaan bagi karya musik ingin memakai nama orang bagi pialanya. Institusi Academy of Recording Art  and Sience memilih nama orang yang menciptakan gadget untuk musik, Edy. Nama pendek untuk Thomas Edison. Tapi nama yang lebih umum adalah nama gadget itu sendiri, Gramophone (bentuknya memang gramaphone) disingkat Grammy.

Grammy award sejak tahun 1958/1959 hingga sekarang telah dilaksanakan sebanyak 53 kali. Dan waktu dekat akan diselenggarakan untuk yang ke-54. Dalam penyelenggaraannya acara ini di promosikan dengan berbagai media, termasuk lewat poster. Poster merupakan hasil karya seni grafis yang menarik orang untuk melihatnya. Seperti melihat hasil seni yang lain, lukisan.

Rancangan Poster untuk Grammy ke- 54, 2012, ada yang menarik. Tidak seperti rancangan sebelumnya, disini selain ilustrasi dan tulisan Grammy plus waktu acara,  terdapat slogan yang mencolok. “We are Music”. Apakah slogan sedemikian akan menjadi trend selanjutnya, belum dapat dipastikan.




Ingin disampaikan disini beberapa rancangan poster yang pernah diterbitkan. Patung gramaphone yang menjadi piala selalu ada dalam ilustrasi. Ilustrasi yang bergantian ditampilkan adalah : Perangkat rekam dan main ulang musik, Instrumen Musik, Note balok Music, Ruang angkasa dengan bintangnya, Kota tempat pelaksanaan, dan Musisi dalam aksinya dan lain-lain..
Berikut beberapa contoh poster yang dapat kita tengok
Perangkat rekam dan main ulang: bagian depan patung grammy, atas pita reel,bawah level meter. Samping atas Knob volume, bawah knop equalizer.

Instrumen musik

Note musik

Ruang Angkasa
Kota-kota penyelengaraan Grammy : NewYork, Los Angles, Chicago.

Musisi : Melirik piala, memegang piala, dan aksi lainnya.

lain-lain : Merpati lambang perdamaian, lampu neon era disko/club, bendera AS, bunga mawar

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More