Rabu, 12 September 2012

Boney M. [BONEY MARCIA COME - Boney MY LIFE] - Lagu Belfast



LAGU : BELFAST
PENCIPTA : JAMES ROBERT BILSBURG/RICHARD DRAFI DEUTSCHER TRACE
PENYANYI : MARCIA BARRETT (awal 1970an), BONEY M (1977), MARCIA BARRETT OF BONEY M (2005), GILLA (1977, Versi bahasa Jerman)

VERSI COVER
Tahun 2005, Marcia Barrett of Boney M, merilis album solo "Come in to My Life". Salah satu lagu lagu yang tercatat disitu adalah "Belfast" lagu andalannya sewaktu masa jaya Boney M. Bahkan sebelum berabung dengan Boney Mitu, lagu ini telah pernah direkamnya.

TEMA POLITIK
"Belfast" (James Robert Bilsburg, Richard Drafi Deutscher Trace) awalnya berjudul Londonderry, untuk rekaman Marcia Barrett diawal 1970an, sebuah lagu tentang sebuah kota di Irlanndia tempat berlansungnya kekerasan akibat pertikaian yang dikenal dengan istilah "Trouble". Korbannya sampai kepada anak-anak tak berdosa. Sehingga menggugah banyak orang, termasuk pemusik, lalu kemudan menciptakan lagu, seperti yang dinyanyikan oleh Marcia of Boney M.

Pada saat yang sama kala itu, ada banyak lagu dalam tema serupa, bahkan berjudul sama yang diterbitkan oleh berbagai kalangan pemusik/penyanyi untuk menghimbau berhentinya kekerasan di Belfast. Tema serupa muncul kemudian dalam lagu hit berikutnya, kekerasan dan tangisan di Babel dalam "Rivers of Babylon". Frank Farian merekam lagu Belfast ini dalam versi Jerman dengan Gilla, yang dimasukkan dalam albumnya Zieh Mich aus, dan terbit beberapa bulan sebelum album "Love or Sale" Boney M yang memuat lagu "Belfast..

POPULARITAS LAGU
Boney M merilis album keduanya "Love For Sale" itu pada 19 September 1977. Lagu Belfast, merupakan single kedua di album tersebut Belfast/Plantation. Lewat vokal utama Marcya Barrett, lagu  mencapai puncak di tangga lagu Jerman, dan No.8 di Inggris. Lagu ini populer di dalam show-show grup Boney M.

Demi pertimbangan keamanan dan politik, lagu ini tidak termuat dalam album Love For Sale yang terbit di Amerika dan Kanada, dan digantikan oleh hit yang lain "Daddy Cool".

Dalam usia 35 tahun setelah dirilisnya lagu ini, sama dengan lagu-lagu Boney M lainnya, lagu ini masih dapat didengar, apalagi dengan terbitnya versi baru oleh Marcia Barret of Boney M. Sambil mengingatkan kita agar tidak bertindak dan berbuat kekerasan antar sesama.

SAJAK DALAM LIRIK BELFAST

BAIT 1 : (bealiVIN' - leaVIN')

RFR : (belfaST/you loST - belfaST/another paST), (can trY - reasen whY)

BAIT 2 : (changIN'/ leavIN' - deceiVIN/belieVIN)

BAIT 3 : (bealiViN'- leaVIN, leaVIN' - bealiVIN")

LYRIC

Belfast, Belfast, Belfast
Got to have a beliivin' (3x)
All the people
Caause the people are leavin'
When the people believin' (3x)
All the children cause the children
Are leavin'

refr
Belfast, Belfast
When the country rings the leaving bell you're lost
Belfast, Belfast

When the hate you have
For one another's past
You can try (you can try) (2x)
You can try

To tell the world the reason why

Belfast, Belfast, Belfast

In the country that cangin' (3x)

All the people

Cause the people are changin'
It's the world that's decevin' (3x)
All the people
Cause the people believin'

Reapet Rfr

When the children believin (3x)

All the people
Cause the people believin'
when the people are leavin (you)
When the people are leavin' (2x)
All the children
Cause the children believin'

repeat refr

Belfast,Belfast,Belfast

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More