Jumat, 14 September 2012

Boney M. [BONEY MATERIAL] - Materi Lagu-lagu Boney M.


Pemilihan dan penentuan tema lagu yang di sampaikan kepada pendengar mempengaruhi keberadaan suatu grup band. Demikian pula grup Boney M, memilih materi lagu yang dapat berkomunikasi secara jitu dengan pendengar. Dan itu yang mereka lakukan dimasa jaya di akhir 1970an dan awal 1980an. ---

Berbeda dengan judul lagu-lagu populer umumnya, materi lagu Boney M, seperti beberapa lirik dari Frank Farian dan kawan-kawannya : Drafi Deutcher, Fred Jay, dan George Reyam, berlatar belakang sejarah dan politik tertentu, atau biografi orang-orang terkenal dalam sejarah, dan hubungan antar keluarga , peristiwa tertentu dan lain-lain. Tema yang sama yang diambil dari pencipta lagu lainnya, berupa kutipan Alkitab juga dibawakan Boney M. ---

Materi lagu yang unik dan khas Boney M, ditambah dengan lirik yang puitis dan menarik, telah memperkuat dan menopang kesuksesan mereka diera disko akhir 1970-an. Beberapa contoh lagu dengan tema yang telah disebutkan, telah penulis sampaikan dalam tulisan tentang lagu-lagu tersebut :
------------------------
"Belfast" (James Robert Bilsburg, richard Drafi Deutscher, Trace) album "Love For Sale" 1977, tentang Konflik yang terjadi di kota Belfast Irlandia Utara dan dampak sipil pada anak-anak disana. Baca juga "Boney Marcia Come" tentang lagu Belfast. 
------------------------
"Plantation Boy" (T.King,Jay) Far- Music, album "Love For Sale" 1977, tentang perbudakan dan penindasan pada bangsa kulit hitam.
---------------------
"Rivers Of Babylon" (F.Farian, Reyam, Dowe,Mc Naughton) album "Night Flight to Venus" 1978, dipetik dari Alkitab, sebahagian dari Mazmur 137, dan Mazmur 19, tentang pembuangan bangsa Israel di negeri Babel, bercerita tentang penderitaan suatu bangsa yang hidup ditanah asing. Diasosiasikan dengan penderitaan bangsa Afrika yang dibawah ke Amerika dan dijadikan budak. Baca juga tulisan  "boney-mazmur- boney melodians". tentang lagu Rivers of Babylon.
--------------------------
"Marys Boy Child" (Jester Hairstone) 1978, lagu natal diadaptasi dari Alkitab, Injil Lukas pasal 2, tentang kelahiran Yesus anak Maria. Baca selengkapnya pada tulisan "Boney Maria" tentang lagu Mary's Boy Child.
--------------------------
"We Kill the World" (F.Farian, Sgarb) album "Boonoonoonoos" 1981, tentang kesadaran pada lingkungan hidup.
-------------------------
"Rasputin" " (F.Farian, Reyam, F. Jay) album "Flighnight To Venus" 1978, bercerita tentang Grigori Rasputin yang berperan dalam pemerintahan kekaisaran Russia diawal abad 20. Baca juga tulisan"Boney Master"  "tentang lagu Rasputin.
-------------------------
"Ma Baker" (F.Farian, Reyam, Jay) 1977, bercerita tentang Kate Barker, gangster Wanita yang beroperasi di AS dengan 4 puteranya pada tahun 1930-an. Baca lengkapnya pada tulisan "Boney Mother- Boney Meanest Cat"  .tentang lagu Ma Baker. ---

"El  Lute" (Farian, Reyam, Jay) album "Ocean of fantasy", bercerita tentang Eleuterio Sanchez, penjahat Spanyol pada pertengahan abad 20, ketika lagu ini ada, Sanchez masih dalam keadaan hidup. Baca lengkapnya pada tulisan "Boney Most wanted" tentang lagu El Lute.
--------------------------
"Daddy Cool" (Farian, Reyam) album "Take The Heat Of Me", tentang seorang ayah keren, dimata puterinya, lengkapnya baca boneymale-boneymy-papa".
--------------------------
"Bahama Mama" album "Ocean of Fantasy" 1979 (lihat tulisan "boney mommy- boney matter-lagu-bahama-mama" bercerita tentang seseorang Ibu dari Bahama).
--------------------------
"Calendar Song" 1978, hanya menyebutkan nama-nama bulan dalam kalender Gregorius, namun mengingatkan kita menghargai waktu dengan menghitung hari dalam kehidupan. Baca selengkapnya pada tulisan "boney-madahmasa-boney-musicalendar.






0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More