Rabu, 20 Juni 2012

BeeGees THE FIRST AND ONLY (The Singer Sang His Song)

"BEEGEES NUMBER ONES" VERSI LAIN

"Bee Gees 1-st" adalah judul album studio ketiga BeeGees yang dirilis pada 1967. Disebut "pertama' karena album ini merupakan album "go-international" BeeGees. Dua album sebelumnya hanya beredar di Australia dan New Zealand. Tapi penulis tidak atau belum mau membahas khusus album ini, namun hanya meminjam jadi judul catatan ini. Demikian pula dengan "The Singer Sang His Song" lagu milik BeeGees yang keluar setahun kemudian (1968), penulis memakai untuk konteks lain dari BeeGees.


"BeeGees" dan "Number Ones" pada catatan kali ini bukanlah sebuah album yang pernah dirilis. Tapi kumpulan lagu yang menjadi hit No.1 BeeGees oleh penyanyi lain yang masuk dalam tulisan ini. Bila diinginkan bisa saja kumpulan ini masuk dalam 1 album khusus nanti oleh yang berwenang.

Tulisan tentang BeeGees dan albumnya yang lalu, dapat disimak bahwa ada masa BeeGees agak lesuh pada awal 80-an. Salah satu penyebabnya adalah adanya kegiatan memproduksi rekaman artis-artis yang membawakan lagu-lagu ciptaan BeeGees seperti yang akan diuraikan pada catatan ini selanjutnya.

Sukses BeeGees didunia rekaman musik tidak hanya terbatas pada lagu-lagu yang dibawakan oleh mereka sendiri. Tapi juga oleh seniman lain, mulai dari saudara bungsu mereka Andy Gibb, lalu istri Maurice, Yvonne Elliman sampai penyanyi terkenal seperti : Diana Ross, Barbara Streisand, Dionne Warwick, Dolly Parton, Kenny Rogers, Franky Fally dan lain-lain. Beberapa dari lagu-lagu ini bertengger di puncak hit (No.1) pada saatnya. Lagu-lagu itu juga di cover oleh penyanyi-penyanyi lain lagi. Perlu diingat lagu-lagu ini memang bukan di cover oleh artis-artis ini dari BeeGees, tapi sengaja diciptakan untuk mereka bawakan. Malahan BeeGees yang kemudian mengcover dari mereka lagi. Ada juga lagu yang dibawakan bersama-sama BeeGees dan penyanyi lain itu.


"Woman In Love" (1980) Barbara Streisand, No.1 Billboard Hot 100. Di cover juga oleh penyanyi lain kemudian : Adriano Celentanos, Anna Vissi, Mireile Mathiieu, Eleny Tzoka, Kati Kovacs hingga Coco Lee dan lain-lain. Lagu ini ditaruh pada album "Guilty" Barbara Streisand yang berduet dengan Barry Gibb. Lagu lain yang mencapai hit dalam album ini : "Guilty", Grammy 1981 untuk Penampilan Vocal Pop Terbaik untuk duo atau grup, "What Kind A Fool" No. 10 Billboard Hot 100.



"Chain Reaction" (1985) Diana Ross, No.1 Daftar UK Single, Di cover juga The Shadows, Cliff Ricard dan lain-lain. versi cover dari Steps pada 2001 mencapai No.2 di daftar UK.

"Heartbreaker" (1982) Dionne Warwick. No.1 Adult Contemporer US, versi cover oleh BeeGees sendiri dan oleh Barry Gibb. Penyanyi Jepang Junichi Inagaki dengan cover versi bahasa Jepang.

"Island In The Stream" (1983) Kenny Rogers dan Dolly Parton, No.1 Billboard Hot 100 dan Billboard Hot Country Single. Mulanya lagu ini untuk Marvin Gaye dalam R n B style. Versi cover : Lesli Feist, Michael Scott (versi karaoke dalam serial TV The Office. Barry Manilow dan Reba Mc Entire (2007). Lalu BeeGees sendiri dan Barry Gibb versi demo.

"Grease" (1978) Franky Fally untuk film "Grease". No.1 Single 1978 AS, No. 40 Daftar RnB. Versi cover : Dog Fashion Disco, Mike Patton dan Paul Oakenfold.

"If I Can't Have You" (1977), single dari album Saturday Night Fever, Versi Yvonne. mencapai No,1 Hot 100 Billboard 1978. versi cover : Kim Wilde 1993, No 3 Daftar Australia, Chyp-Notic 1990, Eve Plum 1995, Glorya Estefan 1998, LFO, Wilber Pan 2003, Young Divas 2007, Adam Lambert American Idol versi ballad, Sharleen Spiteri 2010 album The Movie Story Songbook, dan Naya Rivera- Glee 2012.

"I Just Want To Be Your Everything" (1977) Andy Gibb. No.1 Billboard Hot 100. Versi cover oleh Connie Smith (1978) No.14 Daftar Billboard Magazine Hot Country. "(Love Is) Thicker Than Water" adalah single dalam album Flowing River. "Shadow Dancing" (1978), No.1 achieving platinum status.

BeeGees menjadi produser dari album-album dan single penyanyi-penyanyi tersebut, dan membantu dalam vokal : "Andy Gibb's Flowing Rivers" (1977), "Andy Gibb Shadow Dancing" (1978), Andy Gibb "After Dark" (1980), Jimmy Ruffins "Sun Rrice" (1980), Barbara Streisand "Guilty" (1980), Dionne Warwick "Heartbreaker" (1982), Kenny Rogers "Eyes That See In The Dark" (1983), Diana Ross "Eaten Alive" (1985), Carola's "Runaway" (1986).

Tahun 1977, tercatat ada 5 lagu sekaligus yang masuk dalam top 10, baik yang dibawakan oleh BeeGees sendiri yaitu : "Stayin A Live", "Night Fever" dan "How Deep Is Your Love" atau oleh artis yang lain yaitu : "I Just To Be Your Everything" oleh Andy Gibb dan "If I Can't Have You" oleh Yvonne Elliman. Dan hal seperti ini, hanya dan pertama  dapat dilakukan oleh BeeGees. BeeGees menguasai hit-hit ketika itu. Dan dunia mendengarkan BeeGees, BeeGees dan BeeGees.










0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More