Kamis, 14 Juni 2012

BeeGees NUMBER ONES

Tidak lengkap bila blog yang mengusung Musik sebagai bahan sajian tidak menyampaikan sesuatu tentang sebuah Band yang sukses sepanjang masa berkiprahnya yang panjang, 5 dekade. Dan tidak ada Band yang demikian selain "BeeGees" dengan personil bersaudara Gibb : Barry, Robin dan Maurice.


Dalam sejarah musik pop, BeeGees merupakan pelaku yang paling panjang usia bermusik. Secara fisik Band atau grup ini berakhir ketika kepergian salah satu anggotanya Robin Gibb pada 20 Mei 2012 sebulan lalu dari tulisan ini. Sebelumnya saudara kembarnya Maurice Gibb telah mendahuluinya hampir 10 tahun lalu, tepatnya 12 Januari 2003. Tersisa saudara tertua mereka Barry Gibb, Jauh sebelumnya saudara termuda mereka yang bukan anggota tapi penyanyi lagu-lagu BeeGees juga, Andy Gibb telah berpulang pada 10 Maret 1988.

Selama karir bermusik BeeGees, telah menelurkan sekitar lebih dari 75 Single, lebih dari 20 album, dengan lagu yang mencampai top hits (N0.1) di berbagai belahan bumi yang tidak kurang dari 20 buah.

Lagu-lagu hit BeeGees ini dikumpul dalam sebuah album CD yang berjudul "BeeGees Number Ones" dan dirilis pada 1 Nopember 2004, setelah kepergian  Maurice Gibb. Penulis mengoleksi album kumpulan lagu-lagu BeeGees versi rilis AS. Ada 18 Hit No.1, dan 1 lagu khusus bagi penghormatan untuk Maurice Gibb.

Lagu-lagu dalam harmoni dengan suara tinggi khas 60-an, bagi penggemar dapat didengar seperti : "Massachusetts" (67) yang mencapai hit No.1 di 15 negara, "World"(67), "I've Gotta Get A Massage To You"(68) hit di 5 negara, "I Start a Joke"(68), "Words"(68) dan "Don't Forget To Remember"(69).

Dilanjutkan awal 70-an dengan : "Lonely Days"(70), dan "How Can You Mend A Broken Heart"(71),

Era demam disko melanda dunia dipertengahan 70-an, BeeGees serta merta ikut dalam trend itu. Dengan lagu-lagu yang siap menggoyang badan :"Jive Talkin"(75), "You Should Be Dancing"(76), "Stayin A Live"(77) no.1 di 12 negara, dan "Night Fever"(78), dan lagu lain : "How Deep Is Your Love"(77), To Much Heaven"(78) no.1 di 11 negara. dan ditutup oleh : "Tragedy"(79) no.1 di 8 negara, dan "Love You Inside Out"(79).

*80"-an, kelesuan terasa sedikit bagi BeeGees, 3 album dirilis hanya 1 lagu mencapai Top hit. Barry Gibb menjadi producer beberapa penyanyi dengan lagu-lagunya termasuk saudara mereka Andy Gibb, namun diakhir dekade ini BeeGees "menang lagi", sebuah hit yang sekaligus menutup deretan 18 hit mereka dalam album ini, :"You Win Again"(87). no.1 di 9 negara.

Sebagai lagu penutup album Number Ones ini, BeeGees mempersembahkan lagu khusus sebagai penghormatan bagi saudara mereka "Mo" : "Man In The Middle". Selembar kata-kata Barry dan Robin "To Mo" terlampir mendampingi kata-kata pengantar dari Tim Rice, dalam sampul album yang didisain oleh "Stunning" dengan fotography oleh Anton Corbijn. Juga gambar/ lukisan beberapa kota seperti : Manchester, Sydney, Massachusette, New York dan lain-lain, dengan billboard-billboard bertulis hit-hit BeeGees, menggambarkan perjalanan BeeGees selama ini. Label Universal Music dengan logo Polydor. Tidak lupa juga Bee Gees mengucapkan terima kasih untuk fans mereka yang telah mendukung grup selama ini sehingga hit-hit ini ada, dan dapat terkumpul dalam album BeeGees Number Ones.



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More