Selasa, 12 Juni 2012

JOHN DENVER AND HIS JET PLANE

Satu lagi koleksi album penulis yang sering diputar ulang dalam format vinil 12 inci .. Album folk country dari John Denver yang dirilis pada 1973. "John Denver's Greatest Hits".


Album ini dibuka oleh lagu paling populer sampai kini : "Take Me Home Country Road" (John Denver, Taffy Nivert, Bill Danoff) menjadi lagu kesayangan banyak orang. Pertama direkam 1971 dan dimasukan dalam album pertama John Denver "Poems, Prayer and Promises" . Masuk urutan 2 US Billboard Hot 100. Dan menjadi simbol ikon West Virginia.

Lagu favorit lainnya pada Side A juga, yaitu lagu di track 6 berjudul "Leaving On a Jet Plane"(Denver). Lagu yang diciptakan sebelum dia bersolo karir dan tidak dirilis. Lagu ini pertama ditampilkan 1966, ketika John bergabung dalam "Chad Mitchel Trio". Judul aslinya "Oh Babe I Hate To Go", tapi produser Milt Okun meyakinkan padanya untuk mengganti judulnya. Lirik lagu mengenai perpisahan dengan seorang kekasih, namun sebenarnya kepergian itu tidak diinginkan dan disukai sesuai judul asli. Penggalan lagu ini : "Kau tahu aku akan pergi (leaving on) dengan pesawat Jet,...Ku tidak tahu kapan akan kembali,..Oh Sayang (Babe) Aku benci untuk pergi"

Lagu ini menjadi Hit setelah dirilis Single oleh Grup Folk Peter, Paul dan Mary pada 1969, sebelumnya dirilis pada album mereka berjudul "1700" pada 1967. Lagu ini pula  digunakan komersil untuk United Airline pada akhir tahun 70-an. Memang Jet plane adalah alat transportasi untuk mengangkasa sehingga terkesan untuk pergi jauh.

Kehidupan John Denver yang bernama asli Henry John Deutschendarf Jr, memang telah dekat dengan pesawat angkasa sejak masa kecilnya. Ayahnya Henry John Deutschendarf Sr, adalah Letnan Kolonel Angkatan Udara yang 3 kali membuat rekor kecepatan terbang pesawat bomber B-58 Hustler.

Lalu John sebagai pilot yang memiliki pengalaman terbang 2700 jam, membeli pesawat jenis Rutan Long-Ez dengan nomor registrasi N555JD. Dalam percobaan penerbangan yang dikemudikannya sendiri, ia pergi dan tak kembali. Ia mengalami kecelakaan ini pada 12 Oktober 1997 karena gagal meraih pengatur bahan bakar. Pesawat jatuh di perairan Pasific Grove, California. Usianya 53 tahun.

Kembali pada Album  yang juga dikenal dengan "The Best Of John Denver" ini, selain lagu-lagu yang telah disebut tadi, berisi juga  lagu-lagu awal penyanyi akustik terkenal ini, seperti : "For Bobbie", lalu kemudian lagu Hit "Rocky Mountain High" yang menjadi lagu kebangsaan negara bagiannya Colorado. Kemudian lagu yang lebih menyatakan kepujanggaan Denver "Poems, Prayer and Promises". Memang secara tepat tidak semua lagu ini menjadi hit sebelumnya, tapi John memilih untuk penggemarnya, lagu-lagu yang banyak kali diminta dalam pertunjukannya.

Album dengan label RCA Victor, CPL 1 -0374, berisi 11 lagu di dua muka vinil 331/3 rpm, yang mencampai puncak top 200 pop BillBoard..

Side A : Take Me Home Country Road, Follow Me, Starwood in Aspen, For Baby(For Bobbie), Rhymes and Reasons, Leaving on a Jet Plane.

Side B : The Eagle and The Hawk, Sunshine on My shoulders, Good by Again, Poems, Prayers and Promises, Rocky Mountain High.





0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More