Jumat, 29 Juni 2012

BeeGees - STAYING ONE (Barry "ALONE"- The Last Surviving Gibb Bro's)

Limapuluh tahun lebih bermusik, BeeGees yang terdiri dari anggota bersaudara Gibb, telah berhasil merilis album-album sukses. Mulai dari album studio, live, sound track maupun kompilasi. Penghargaan Grammy sebanyak 16 nominasi, dan kemenangan sebanyak 9.

Selain membawakan lagu-lagu mereka sendiri, lagu-lagu mereka juga diciptakan untuk penyanyi lain. Banyak yang dibawakan oleh penyanyi lain itu yang mencapai hits pada masanya.

Bee Gees sebagai sebuah grup, otomatis berakhir setelah anggotanya tinggal satu-satunya yakni Barry sebagai saudara tertua Gibb. Kedua saudaranya dalam grup telah meninggalkan dia sendirian. Robbin Gibb (63) pada Mei 2012, sebulan lalu telah kembali kepada Sang Pencipta, setelah sebelumnya sakit mengidap kanker. Saudara kembarnya Maurice (54) jauh sebelumnya telah meninggal karena sakit juga pada Januari 2003.


Sekarang Barry tinggal "sendirian", sebagaimana lagu hit yang pernah mereka rilis pada Maret1997, "Alone" dalam album studio ke 21 BeeGees "Still Water' dengan sampul berkesan sunyi dan dingin. Pose mereka dengan latar belakang danau dan air tenang. Lagu 'Alone" No,5 dalam daftar di Inggris. Sedang album ini sendiri, No.2 di Inggris dan No. 11 di AS.

Meskipun kesuksesan Bee Gees adalah kesuksesan bersama, namun tidak dapat dipungkiri bahwa Barry Gibb yang tertinggal hidup saat ini, mempunyai peranan yang paling besar diantara mereka. Baik sebagai vokalis, pemusik, maupun sebagai pencipta lagu-lagu mereka.

Sebagai vokalis, Barry diinginkan oleh produser mereka Robert Stigwood menjadi front man The Bee Gees. Sehingga sempat memicu perpecahan sementara pada 1970, dengan keluarnya Robbin Gibb bersolo.

Di tahun-tahun awal, khususnya album pertama mereka, Barry menciptakan semua lagu. Dari judul albumnya saja sudah nyata : "The Bee Gees Sing and Play 14 Barry Gibb Songs". Pada tahun 1978, 4 buah lagunya secara berturut-turut mencapai hit di AS, dan hal ini merupakan kejadian langka di dunia rekaman musik : "Stayin Alive", "Love Is Thicker Than Water", "Night Fever" dan "If I Can't have You".

Pada akhir 70-an dan awal 80-an, Barry Gibb menjadi produser dari album-album dari lagu-lagunya untuk penyanyi-penyanyi yang sudah terkenal sebelumnya, diantaranya : Barbara Streisand, Diana Ross, Dione Warwick, Kenny Rogers, Franky Fally dan lain-lain termasuk saudara bungsu, Andy Gibb yang sempat menjadi idola remaja di awal 80-an, dan sempat membuat 3 buah album. Sayang saudara bungsu mereka ini meninggal diusia muda.

Barry Gibb lahir pada 1 September 1946, bersama-sama saudaranya Robbin dan Maurice telah tampil sejak tahun 1958 didunia musik. Konon nama Bee Gees dari inisial BG berasal dari namanya, namun dapat pula berarti Brothers Gibb, seperti yang diketahui orang banyak. Kini dia sendiri. Terima kasih BeeGees atas lagu dan musikmu. Selamat jalan Ro dan Mo, Rest In Peace.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More