Sabtu, 23 Juni 2012

BeeGees - ONE THOUSAND AND ONE (album "Trafalgar", dan album "Odessa")

Prestasi BeeGees telah diungkap pada tiga tulisan tentang BeeGees pada beberapa waktu lalu. Melengkapi seri "The One & The First" dari BeeGees oleh penulis, disampaikan tulisan pendek ini.

HARUS DIDENGAR SEBELUM MATI.
Buku "1001 albums You must Hear Before You Die"oleh Robert Dimery, memuat daftar album yang direkomendasi untuk "kita dengar dan koleksi". Dari 22 buah album studio BeeGees, ada dua buah yang masuk dalam daftar ini, yaitu album "BEE GEES -TRAFALGAR"(1971), dan album"BEE GEES - ODESSA"(1969). Selain sama-sama masuk dalam daftar tersebut, ada juga kesamaan dari album-album itu, seperti : peristiwa tragis, lokasi kejadian di lautan, hingga seni sampul albumnya tanpa foto personil.

PERISTIWA DI LAUTAN
Dua buah lagu yang menjadi judul masing-masing dari dua album itu, sama-sama berkisah tentang peristiwa tragis dilautan. "Trafalgar" pada awal abad 19 , dan "Odessa (City on the Black Sea)" pada akhir abad 19 . Lagu Trafalgar kisah pada 21 Oktober 1805 di lepas pantai Spanyol , sedangkan lagu Odessa pada hari valentine, 14 Februari 1899 di Laut Baltic, Atlantic Utara.

SAMPUL ALBUM.
Sama-sama pula dua album ini dengan disain sampul yang tidak menampilkan foto personil grup, seperti biasanya. Album"Trafalgar" dengan gambar kapal-kapal dalam pertempuran di laut, album"Odessa" meski hanya dengan dasar merah dan tulisan tempelan emas tulisan nama grup dan judul album, namun sampul bagian dalam album ada gambar orang "berlari" meninggalkan kapal dengan sekoci.

I. BEE GEES - TRAFALGAR (Rilis : September 1971 AS - Label Atco, Nopemer 1971 Inggris - Label Polydor).


Lagu yang memimpin di album Trafalgar adalah single "How can You Mend A Broken Heart" rilis Mei 1971, yang mencapai Hit No.1 di AS. Album ini sendiri menempati No.34 dalam daftar di AS. Single lainnya dari album ini adalah : "Don't Wanna Live Inside Myself" rilis Nopember 1971 AS, dan Single "Israel" rilis Mei 1972 New Zealand.

Khusus lagu Trafalgar yang diambil menjadi judul album, vokal dan semua instrumen oleh Maurice Gibb, terinspirasi dari "Perang Trafalgar" pada 21 Oktober 1805 antara armada Inggris melawan armada Prancis dan Spanyol, dilepas pantai Spanyol.

Sejarah perang Trafalgar memunculkan pahlawan Inggris Vice Admiral Nelson yang gugur di perang laut itu. Sebagai pahlawan perlu dikenang dan diketahui oleh setiap orang.  Tubuhnya disimpan dalam tong untuk dibawah pulang, agar mendapat penghormatan sebelum di kubur. Dalam lagu : "I need someone to know me, And to show me, Trafalgar Trafalgar Trafalgar please don't let me down". Meskipun demikian, kemenangan ada dipihak Inggris, dimana 27 kapal Inggris dapat mengalahkan armada Napoleon, yakni 33 kapal koalisi Prancis dan Spanyol dapat dihancurkan.

Album studio Bee Gees kesembilan ini, dikemas dalam sampul yang melukiskan situasi "Perang Trafalgar", oleh seniman Nicholas Pocock.

Duabelas lagu dalam album berlabel Polydor dan Atco : 1. How Can You mend A Broken Heart, 2.Israel, 3.The Greatest Man in the World, 4. It's Just the Way, 5. Remembering, 6. Somebody Stop the Music, 7. Trafalgar, 8. Dont Wanna Live Inside My Self, 9. When Do I, 10. Dearest, 11. Lion in the Water, 12. Walking Back To Waterloo.

Album ini direkam kembali oleh Mobile Fidelity Sound Lab (MFSL) dalam CD emas 24 karat, untuk koleksi bagi audiophile.



II. BEE GEES - ODESSA (Rilis Maret 1969 -Label Polydor, Atco)
Album "Odessa"  adalah album studio keenam Bee Gees yang dirilis Maret 1969, merupakan album terakhir sebelum Bee Gees beralih gaya musik. Setelah album ini terbit Robbin Gibb meninggalkan grup karena perbedaan seni dengan Bee Gees lainnya yang melanjutkan perjalanan Bee Gees dengan drumer Colin Petterson. Sedangkan gitaris Vince Melouny, album ini merupakan penampilan terakhirnya bersama Bee Gees.

foto : Sampul depan album Oddesa.



foto : sampul bagian dalam album Odessa. dari pelerice.com


Lagu "Odessa (City on the Black Sea)" sendiri berkisah tentang hilangnya kapal Inggris Veronica dibawah kendali Kapten Richardson di Laut Baltic Atlantic Utara pada 14 Februari 1899.

Album dalam double LP ini berisi 17 lagu : 1. Odessa (City On the Black Sea), 2. You'll Never See My Face Again, 3. Black Diamond, 4. Marley Purt Drive, 5. Edison, 6. Melody Fair, 7. Suddenly, 8. Whisper Whisper, 9. Lamp Light, 10. Sound of Love, 11. Give Your Best, 12. Seven Seas Symphony-instrumental, 13. With All Nation (International Anthem)-instrumental, 14. I Laugh In Your Face, 15. Never Say Never Again, 16. Firts Of May, 17. The British Opera-instrumental.

Dalam rangka memperingati 40 tahun dirilis album Odessa, Tahun 2009 double LP ini dirilis ulang dalam 3 CD.






1 komentar:

terinspirasi dari kisah nyata

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More