Selasa, 09 Oktober 2012

THE BEATLES - PAUL DAN "REVOLVER", McCARTNEY DAN McKENZIE - Lagu ELEANOR RIGBY


foto : Bagian wajah Paul McCartney dari sampul Album Revolver, goresan seniman Klaus Voormann.

VOKAL UTAMA : PAUL McCARTNEY
Paul McCartney membawakan beberapa lagu dalam album ketujuh "Revolver" The Beatles, sebagai lead vocal. Lagu "ELEANOR RIGBY" salah satunya. Lagu ciptaannya sendiri dan dikreditkan pada Lennon-McCartney.

Lirik lagu dibantu oleh ketiga beatle.
John Lennon memberi kontribusi pada baris : "WAITS AT THE WINDOW, WEARING THE FACE, THAT SHE KEEP IN A JAR BY THE DOOR". di bait pertama. Ringo Starr  berkontribusi pada baris : "FATHER McKENZIE, WRITING THE WORDS OF A SERMON THAT NO ONE WILL HEAR", pada bait kedua. Dan George Harrison memberikan  : "AH, LOOK AT THE LONELY PEOPLE".

PRESTASI LAGU DAN SINGLE
Single "Eleanor Rigby" berpasangan dengan lagu "Yellow Submarine", mencapai puncak daftar lagu di Inggris, No,1 selama 4 minggu, dan bertahan selama 13 minggu.

Lagu ini menghentar Paul McCartney mendapat penghargaan Grammy 1967, sebagai vokal pria/wanita terbaik. Tahun 2004, majalah Rolling Stone menempatkan pada peringkat 137 dari "500 lagu terbesar sepanjang masa".

foto : Gambar lengkap sampul depan album "Revolver".

JUDUL LAGU : "ELEANOR RIGBY"
Judul lagu ini adalah nama diri seseorang, yakni "Eleanor Rigby". Orang yang menurut Paul sebagai pengarang lagu ini adalah fiktif. Dengan mengacu pada Eleanor Bron, seorang aktris yang berperan bersama The Beatles dalam film "Help". Dan Rigby & Evens Ltd, sebuah toko di Bristol.

Namun kenyataan ada seorang yang tertulis namanya dibatu nisan di pemakaman Gereja St Peters Liverpool, tempat dimana Paul McCartney bertemu pertama kali dengan John Lennon. Nama itu persis dengan orang dalam judul lagu "Eleanor Rigby". Paul mengakui terpengaruh dengan nama dimakam itu, yang anehnya setelah ditelusuri, Eleanor Rigby nyata itu, adalah orang kesepian seperti dalam lagu.

TEMA LAGU : ORANG KESEPIAN
Nama lain yang ada dalam lagu ini adalah "McKenzie" (Father). Nama ini mengacu pada nama yang didapat dalam daftar telepon. Awalnya "McCartney", namun kawan-kawan menyarankan mengganti, nanti dikira mengacu pada ayahnya McCartney, yang dapat diinterpretasi salah.

Isi lagu ini merupakan balada dari "Eleanor Rigby" yang adalah orang yang kesepian. Hidup disebuah gereja tua, dengan seorang yang kesepian juga, yang disebut "Father McKenzie".

Kita diajak untuk menengok orang-orang kesepian. Mereka diwakili oleh seorang wanita -- Eleanor Rigby, dan seorang pria-- Father McKenzie. Mereka hidup di gereja tua sebagai Pastor dan jemaat. Sekaligus mendengar “desingan” dan keprihatinan pada kesepian sebuah Gereja yang sudah mati.  Tidak dikunjungi oleh jemaatnya lagi. 

Rigby mengimpikan gereja ini selalu ramai diacara perkawinan seseorang.  Disitu dia bisa mendapatkan sesuap nasi. Dan dia menunggu terus didepan jendela gereja,  sambil membawa kantung beras yang dia siapkan.  

Sementara itu McKenzie, terus menerus menyiapkan naskah khotba, yang tak pernah tersampaikan.  Karena tak ada pendengar yang datang, tidak ada yang mau mampir. Setiap malam dia merajut kaos kakinya yang lusuh tanpa peduli orang, dan dipedulikan orang.  

Rigby akhirnya meninggal di Gereja.  Hanya membawa namanya pergi dan turut dikubur.  Dia tidak dilayati orang.  McKenzie lalu menguburkannya sendiri,  tanpa pertolongan orang lain.

LIRIK LAGU "ELEANOR RIGBY"

Ah, look at all the lonely people
Ah, look at all the lonely people
Eleanor Rigby, picks up the rice
In the curch where a wedding has been
Lives in a dream
Waits at the window, wearing the face
That she keeps in a jar by the door
Who is it for?
All the lonely people
Where do they all come from?
All the lonely people
Where do they all belong?

Father McKenzie writing the words
of a sermon that no one will hear
No one comes near

Look at him working, darning his socks
In the night when there's nobody there
What does he care?
 All the lonely people
where do they all come from?
All the lonely people
Where do they all belong?

Ah, look at all the lonely people
Ah, look at all the lonely people

Eleanor Rigby, died in the church
And was burried along with her name
Nobody came

Father McKenzie, wiping the dirt
From his hand as he walks from the grave
No one was saved
All the lonely people
(Ah, look at all the lonely people)
Where do they all come from?
All the lonely people
(Ah, look at all the lonely people)
Where do they all belong?


AUDIO & VIDEO LAGU "ELEANOR RIGBY"








0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More