Senin, 08 Oktober 2012

THE BEATLES - RINGO STARR dan "REVOLVER" - Lagu YELLOW SUBMARINE

foto : Bagian wajah Ringo Starr pada album "Revolver" goresan seniman Klaus Voormann.

Dalam album "Revolver" versi Inggris, 4 anggota The Beatles mendapatkan bagian menjadi lead vocal. Sang penggebuk drum Ringo Starr membawakan lagu "Yellow Submarine".  Lagu yang diciptakan Paul McCartney (Lennon-McCartney) yang khusus untuk Ringo Starr sesuai range suara Ringgo.

foto : Sampul album "Revolver"

LAGU : "YELLOW SUB MARINE"
Lagu ringan The Beatles ini merupakan percobaan Beatles menciptakan lagu anak-anak, kata John Lennon. John menyebutnya "bayi Paul". John Lennon membantu dalam lirik lagu. Saat rekaman, begitu semangatnya John, hingga hampir lupa bila lagu itu untuk Ringo Starr. Lirik juga dibantu oleh Donovan, menambahkan kata-kata "langit biru dan laut hijau", ungkap John Lennon tentang lagu Yellow Submarine di suatu saat pada 1980.

TEMA : KEHIDUPAN PELAUT
Ide lagu didapatkan Paul dirumah orang tua pacarnya Jane Asher, ketika sedang berpikir tentang lagu untuk dinyanyikan oleh Ringo Starr. Bercerita tentang kehidupan seorang pelaut kuno, dalam sebuah kapal penuh warna yang akhirnya terfokus pada warna kuning. Pelaut tua lalu menceritakan kepada anak-anak muda akan serunya petualangan di lautan indah.

EFEK SUARA
Dalam rekaman lagu yang bertema kelautan ini, banyak dibuat efek suara lucu yang dapat menghasilkan suasana marina. Produser George Martin sebelumnya telah memakai efek-efek ini dalam rekaman lagu komedi Out Fringe. Mulai dari rantai kapal, peluit kapal, gelombang, angin hingga badai. Untuk suara perintah kapten kapal di suarakan melalui kaleng oleh John dan Paul. Untuk suara air menggelegak dari tiupan sedotan dalam panci oleh John. Bunyi air dengan rantai diputar-putar oleh staf Abbey Road.

REVOLVER VERSI UK Vs US
Lagu ini menjadi Single berpasangan dengan lagu Paul lainnya "Eleanor Rigby", dirilis 5 Agustus 1966 di Inggris, dan 8 Agustus di AS. Sama seperti lagu I'm Only Sleeping yang dibawa oleh John Lennon, dalam versi Inggris dua lagu ini masuk dalam album "Revolver" yang dirilis pada besoknya, sedang di AS dalam album "Yesterday and To Day". Sehingga album "Revolver" versi AS tidak lagi memuat dua lagu ini. Lagu Yellow Submarine ini kemudian menjadi lagu Sound track film berjudul sama "Yellow Submarine" oleh United Artist, yang merupakan film dengan katalog The Beatles.

Single Yellow Submarine, mencapai puncak daftar single di Inggris selama 13 minggu, dan 4 minggu No.1, Di AS No.2 dalam daftar 100 Hot Billboard.

Saat dirilis lagu ini adalah saat dua kontroversi The Beatles 1966. Pertama pernyataan John Lennon menyangkut agama Kristen, dan kedua sampul album "Yesterday and To Day" yang disebut "Butcher album", The Beatles bersama boneka yang dimutilasi dan berdarah-darah. Dan ini adalah alasan Single ini tidak mencapai No.1 didaftar-daftar lagu di AS.




0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More