Senin, 01 Oktober 2012

THE BEATLES - GEORGE HARRISON dan "REVOLVER" (Lagu WHEN WE WAS FAB vs TAXMAN)

foto : Bagian wajah George Harrison pada sampul album "Revolver"

foto : sampul single "When We Was Fab" dengan potongan bagian wajah George Harrison pada album "Revolver" goresan seniman Klaus Voormann.

MENGENANG BEATLES
The Beatles yang terdiri dari 4 pemuda dari Liverpool dikenal dengan fab four. Sayang grup pop ini tidak bertahan lama, dan bubar pada 1970. Kehidupan bermusik The Beatles penuh dengan aneka ragam peristiwa yang tak terlupakan. Setidaknya bagi mantan anggotanya sendiri. Lihat saja George Harrison yang bersolo, mengenang saat-saat mereka berjaya dalam grup kesayangan mereka.George mengenang lewat lagunya "WHEN WE WAS FAB".


foto : Sampul depan album "Revolver"


PENULIS LAGU, DAN TEMA LAGU
George merilis Single "When We Was Fab" pada 25 Januari  1988. Dari judulnya saja, langsung dapat di tebak. Lagu ini tentang hari-hari Beatlemania, saat jayanya The Beatles grup kesayangannya. Yah sebelum The Beatles menghadapi hari-hari sulit mereka. "Ketika Rumput masih berwarna hijau. Engkau duniaku, hanya engkau yang aku cinta. tetapi itu semua telah berlalu, Now Babby blue". Demikian penggalan-penggalan kata dalam lagu ciptaan George Harrison dan Jeff Lynne ini. Ketika itu The Beatles yang mendapatkan kekayaan dari bermusik, tidak luput dari pajak, Lagu milik George mengkritisi pemimpin pemerintahan yang berkuasa saat itu. Hal itu yang disampaikan Geoge dalam lagunya TAXMAN, lagu pembuka album Revolver (1966).

NON LENNON-McCARTNEY
Lagu When We Was Fab merujuk beberapa lagu The Beatles ("Non- Lennon - Mc Cartney") diantaranya : It's All Over Now Babby Blue (Bob Dylan), You 've Really Got a Hold on Me (Smokey Robinson), Strangers in the Night (Bert Kaemfert) dan Taxman (George Harrison) yang pernah disuarakan oleh George dalam album Revolver.

SAMPUL SINGLE

Sampul single ini secara jelas mengadopsi gambar album "Revolver" The Beatles, 22 tahun lalunya (1966). Goresan wajah-wajah anggota The Beatles oleh seniman Klaus Voorman pada album  yang memenangkan Grammy 1967 untuk kriteria disain sampul. Wajah George ditaruh pada cover single ini bersama dengan coretan wajah George yang terbaru. 

LIRIK LAGU

Back the long time ago when grass was green
Woke up in the daze
Arrived like stranggers in the night
Fab, long time ago when we was fab
Fab, back when income TAX was all we had

Caresses fleeced you in the morning light
Casualties at dawn
And we did it all
Fab, long time ago when we was fab
Fab, you are my world you are my only love

And while you're in this world
The fuzz gonna come and claim you
But you mo better wise
When the buzz gonna come and take you away
Take you away
Take you away

The microscopes that magnified the tears
Studied warts and all
Still the life flows on and on
Fab, long time ago when we was fab
Fab, but is all over now baby blue
Fab, long time ago when we was fab
Fab, like this pull over you sent to me

Fab, and you really got a hold on me
Fab, long time ago when we was fab



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More