Rabu, 07 November 2012

THE BEATLES - serba serbi - Album 1St "PLEASE PLEASE ME"

foto : Sesi foto untuk album pertama The Beatles- "Please Please Me" oleh Angus McBean

JUDUL ALBUM : PLEASE PLEASE ME
RILIS : 22 MARET 1963
PEMUSIK/PENYANYI : THE BEATLES
LABEL : PARLOPHONE
PRODUSER : GEORGE MARTIN
GENRE : ROCK, ROCK N' ROLL

ALBUM PERTAMA
Lagu/Single "Please_Please_Me" The Beatles, sukses mencapai peringkat 1 daftar lagu di Inggris, (Majalah Musik Rolling Stone menempatkan pada peringkat ke 186 dalam Daftar "The 500 Greatest Songs Of All Time"- 500 lagu terbesar sepanjang masa). Single lainnya "Love Me Do" berada diperingkat 17 daftar lagu di Inggris. Kedua Single ini kemudian masuk dalam album pertama The Beatles.

Album di beri judul sesuai kedua lagu sukses ini, "PLEASE PLEASE ME (With LOVE ME DO and 12 Other Songs)" dikenal kemudian dengan "PLEASE PLEASE ME" saja. Lagu lain dalam album ini yang mendapat peringkat ke139 dari Majalah Rolling Stone dalam daftar 500 Lagu Terbesar sepanjang masa adalah "I SAW HER STANDING THERE".

foto : label LP Stereo "Please Please Me

Setelah rekaman Single sebelumnya, The Beatles dengan produser George Martin melanjutkan dan merampungkan album ini dengan tambahan 12 lagu, hanya dalam waktu singkat, 1 hari saja yaitu pada 11 Februari 1963, di Studio Abbey Road London. 14 lagu dalam 1 LP merupakan hal luar biasa, karena kebiasaan 1 LP hanya memuat maksimal 12 lagu saja. Bahkan ada lagu yang lain tidak dapat masuk dalam album ini.

Lagu-lagu ini telah beberapa kali ditampilkan oleh The Beatles dalam beberapa formasi personil di Cavern Club Liverpool tempat pertunjukkan biasa mereka. Formasi terakhir The Beatles : George Harrison (Gitar utama), John Lennon (Gitar pengiring), Paul Mc Cartney (Bass) dan Ringo Starr (Drum) yang menggatikan posisi Pete Best. Pemain drum dalam 2 lagu "Love_Me_Do" dan "P.S. I Love You" adalah Bukan Ringo tetapi Andy_White.

foto : Single Please Please Me

Album yang menampilkan instrumen khas dalam beberapa lagu, yaitu harmonica oleh John Lennon ini, sukses menyusul 2 single tadi, dan duduk pada puncak daftar album di Inggris Mei 1963. Sekaligus membawa The Beatles terkenal di Inggris. Pada Tahun 2003, Majalah musik Rolling Stone menempatkan album "PLEASE PLEASE ME" pada peringkat ke39 dalam Daftar 500 Album Terbesar Sepanjang Masa.

8 buah lagu dari album ini diciptakan oleh kerja sama 2 anggota The Beatles sendiri yaitu John Lennon dan Paul McCartney, kemudian dikenal dengan Lennon-McCartney dan sukses sebagai kolaborasi pencipta lagu. Hingga kini lagu-lagu mereka masih dicover oleh artis dari berbagai genre musik.

Susunan lagu dalam 2 sisi LP
Sisi 1 : 1. "I SAW HER STANDING THERE"- Paul (2:54), 2. "MISERY"- Paul & John (1:49), 3. "ANNA"(Go to Him)(Arthur Alexander)- John (2:57), 4. "CHAINS" (Garry Goffin, Carroll King)- George (2:26), 5. "BOYS" (Luther Dixon, Wes Farrell) - Ringo (2:27), 6. "ASK ME WHY- John (2:26), 7. "PLEASE PLEASE ME" - John & Paul (2:03).

Sisi 2 : 1. "LOVE ME DO" - Paul & John (2:23), 2. "P.S. I LOVE YOU"- Paul (2:04), 3. "BABY IT'S YOU" (JMack David, Barney Williams, Burt Bacharack)- John (2:40), 4. "DO YOU WAN'T TO KNOW A SECRET"- George (1:59), 5. "A TASTE OF HONEY" (Bobby Scott, Rick Marlow) - Paul (2:03), 6. "THERE's A PLACE" - John & Paul (1:51), 7. "TWIST AND SHOUT"- Phill Medley, Bert Russell) - John (2:37).

Pada 2009, bersama album resmi The Beatles lainnya, album ini dirilis kembali setelah di Remastering Digital dengan memilih tanggal Unik 09-09-09.

SAMPUL
Berupa foto oleh Angus McBean, pose anggota The Beatles yang menengok kebawah di tangga balkon Manchester Square London dimana lokasi Studio Abbey Road mangkal. Dari kiri kekanan, Ringo Starr, Paul McCartney, George Harrison dan John Lennon. Kelak pose yang sama dan tempat yang sama dilakoni mereka untuk album "GET BACK" yang gagal dan digantikan album "LET IT BE".

foto ; sampul depan "Please Please Me"

foto : Sampul belakang "Please Please Me'.

foto : The Beatles memegang album pertamanya.


foto : rencana sampul album "Get Back", dirilis kemudian sebagai album "Let It Be" (1970) dengan disain sampul yang lain.

CD DAN KASET
Selain LP vinyl , album dimuat pula dalam berbagai format, Tape reel to reel, Compact-Cassette (1988) dan Compact Disc(CD) 1987 CD remastering digital (2009) .

CD Mono dan stereo, Remastering, rilis 9 September 2009.


foto : CD Please Please Me


foto : sampul Cassette Please-Please Me


foto : Award Emas 24 Karat Please Please Me untuk kolektor

LAIN-LAIN
Album ini di tiru oleh artis lain, termasuk grup rock "LED ZEPPELIN" dengan album Live Tour pertama di  Jepang yaitu di festifal hall Osaka.
foto : Led Zeppelin Live -Please Please Me 3 CD

foto :sampul belakang Led Zeppelin CD Please Please Me


Bagi yang ingin mendapatkan album pertama The Beatles ini untuk koleksi kunjungi Tempat Penjualan Amazon.com -please-please-me-





1 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More