Selasa, 27 November 2012

THE BEATLES - PUTIH KACAU - Album "The BEATLES"


JUDUL ALBUM : THE BEATLES, Julukkan "WHITE"
MUSISI : THE BEATLES
RILIS : 22 NOPEMBER 1968
REKAM : Antara 30 MEI - 14 OKTOBER 1968
ALIRAN : ROCK
LABEL : APPLE
PROD : GEORGE MARTIN


ALBUM KESEMBILAN- LABEL BARU
Setelah album "Sgt. Peppers Lonely Hearts Club Band", grup "bertapa" ke India, berguru pada Maharishi Mahesh Yogi pada awal 1968. Sekembalinya dari Rhisikes India, The Beatles merekam lagu untuk album berikutnya, yaitu album studio mereka yang kesembilan, berjudul nama grup, yaitu "The Beatles". Label baru Apple yang merupakan milik mereka dalam bisnis multimedia Apple Corp. Mereka telah ditinggalkan oleh Manager Brian Epstein.


foto : LP album "The Beatles", dikenal dengan "White Album", sedang dimainkan pada Turntable.

foto : CD The Beatles, 1987

Saat itu mereka produktif dalam mencipta lagu sebagai hasil berguru trans meditasi, sehingga ada 30 buah track, termasuk speaking dari Lennon, Harrison, George Martin dan Ono dalam "Revolution 9", yang dimasukkan dalam album ini, dan dibagi dalam 2 (Double)LP.
Ada 2 lagu dimana pemain drum adalah Paul Mc Cartney, yaitu 2 lagu awal pada album ini. Paul menggantikan Ringo yang sempat keluar saat sesi rekaman. Tanda-tanda perselisihan mulai terlihat ketika itu. Masing-masing mulai menampilkan lagu sesuai interpretasi sendiri, mencurahkan kemampuan bermusik sendiri-sendiri, membawa teman gadis mereka masing-masing ke studio, tanda bahwa disiplin mulai luntur. Ditinggalkan Manager yang meninggal, ditambah dengan banyaknya personil luar dalam berpartisipasi, maka inilah album The Beatles berjudul The Beatles, yang bukan dan tidak sepenuhnya The Beatles lagi, alias kacau.



Namun demikian Album ini sukses dan laku, No.1 di di Daftar album Inggris dan AS. Diseluruh dunia laku hingga 30 juta copy. Majalah Rolling Stone meletakkan pada No.10 dalam "500 Greatest Album All Of Time" dan No.9 dalam daftar "Best Album Of The Last Twenty Years". Pada tanggal 9 September 2009 album "The Beatles" dirilis ulang bersama album-album resmi mereka lainnya, setelah di remastering digital. Dijual paket dalam box baik mono atau stereo. Untuk versi stereo dijual pula secara individual per album.

LP 1, Sisi 1 : 1. "Back In The U.S.S.R", 2. "Dear Prudence", 3. "Glass Onion", 4. "Ob-la-di Ob-la-da", 5. "Wild Honey Pie", 6. "The Continuing Story of Bungalow Bill", 7. "While My Guitar Gently Weeps", 8. "Happiness Is a Warm Gun". --- Sisi 2 : 1. "Martha My Dear", 2. "I'm So Tired", 3. "Black Bird", 4. "Piggies", 5 "Rocky Raccoon", 6. "Don't Pass Me By", 7. "Why Don,t We Do It In The Road?", 8. "I Will", 9. "Julia".

LP 2 Sisi 1 : 1. "Birthday", 2. Yer Blues", 3. "Mother Nature Son", 4. "Everybodys Got Something to Hide Except Me And My Monkey", 5. "Sexy Sadie", 6. "Helter Skelter", 7. "Long, Long, Long".--- Sisi 2 : 1. "Revolution 1", 2. "Honey Pie", 3. "Savoy Truffle", 4. "Cry Baby Cry", 5. "Revolution 9", 6. "Good Night".

SAMPUL ALBUM WHITE
Kali ini album tidak tampil sehebat album "Sgt. Peppers" yang meriah dan mahal, bahkan jauh bedanya. Bila dalam album tersebut grup tampil dalam 2 versi wajah, maka kali ini wajah mereka tidak ada lagi. Album ini hanya menampilkan nama grup sekaligus nama album, dan itupun tidak dicetak, tapi di embos dengan ukuran kecil, disain Richard Hamilton. Jadi album ini tampil polos dengan warna satu, yaitu putih. Justru tulisan yang tercetak adalah nomor urut album. Karena warnanya putih, maka album ini lebih dikenal dengan nama "White Album".

foto : Sampul album "The Beatles". 1968, Disain Richard Hamilton.


foto : CD Remastering Digital 2009, label seperti label LP 1968.

foto : sampul bagian dalam CD Remastering Digital 2009


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More