Selasa, 13 November 2012

THE BEATLES - SELF- album "A HARD DAY'S NIGHT"


JUDUL ALBUM : A HARD DAY'S NIGHT
RILIS : 10 JULI 1964
REKAM : ANTARA 29 JANUARI - 4 JUNI 1964
GENRE : ROCK, POP
LABEL : PARLOPHONE
PRODUSER : GEORGE MARTIN

ALBUM KETIGA
Dua album yang dirilis The Beatles telah mengangkat mereka menjadi besar, lebih besar dari Elvis yang meninggalkan sementara dunia musik karena mengikuti wajib militer. Album-album The Beatles itu berisi campuran lagu antara lagu mereka dengan lagu cover dari berbagai artis lain, termasuk dari Motown.

foto : Label LP

Campur aduk lagu-lagu di kedua  album itu tidak ada lagi dialbum ketiga "A Hard Day's Night". Semua lagu adalah asli lagu mereka, khususnya komposisi Lennon-McCartney, dengan penulis utama John Lennon. Tigabelas lagu dalam album itu, tujuh buah diantaranya untuk Film pertama The Beatles berjudul sama dengan album ini, diletakkan pada sisi pertama LP. Sedang sisi lainnya merupakan lagu ekstra ciptaan John dan Paul.

Album ini dibuat ditengah-tengah padatnya acara tur mereka, dan mengisi acara TV serta pembuatan film. Dan itulah hebatnya album ketiga yang judulnya didapat secara spontan dari pernyataan Ringo Starr pada sesi terakhir pengambilan gambar film : "It's been a hard day's night that was". Langsung disambut sutradara untuk memakai judul dari pernyataan penggebuk drum The Beatles itu. Lengkapnya "Songs from The Film A HARD DAY'S NIGHT".

Meskipun demikian, Ringo tidak mendapatkan porsi satu lagupun untuk dipimpinnya dalam album yang rekamannya diproduksi George Martin. Album dibuka dengan lagu "A Hard Day's Night" dengan suara John dalam 2 track, menjadi duet. Yang dalam film muncul saat tampilan judul. Selanjutnya "I Should Have Known Better" masih dengan John, yang pada adegan anggota band sedang main kartu digerbong kereta diawal film.

Duet John dan Paul pada lagu berikutnya "If I Feel" , merupakan lagu pembuka pada adegan show band. Lagu selanjutnya George memimpin "I'm Happy Just To Dance With You". Lalu Paul dibantu John dalam "And I Love Her". Lagu keenam "Tell Me Why"masih Paul dan John hingga ditutup dengan "Cant Buy Me Love", mengakhiri 7 lagu untuk film dan menjadi sound track.

foto : adegan film "A Hard Day's Night", dikejar polisi

Lagu-lagu ekstra yang semuanya asli dari The Beatles pada sisi 2 adalah : "Any Time At All", "I'll Cry Instead", "Things We Said Today", "When I Get Home", "You Can't Do That", 'I'll Be Back".

Album "A Hard Day's Night" mencapai posisi nomor 1 selama 14 minggu di Inggris. Majalah musik Rolling Stone pada 2012  menempatkan pada nomor 307 dalam daftar "500 Album terbesar sepanjang masa". Sedang majalah Q pada tahun 2000, nomor 5 didaftar "Great British Album Ever".

SAMPUL ALBUM
Foto hitam putih wajah anggota band, seperti pada album sebelumnya "With The Beatles", yang menampilkan foto yang mengandalkan cahaya dari satu sisi. Bedanya dengan latar belakang terang/putih, dan dipotong untuk masing-masing wajah, dan diletakkan dalam celluloid seperti pada gulungan film. 5 mimik wajah dari tiap anggota, sehingga memenuhi 20 bidang "papan catur". 20 Foto hitam putih ini dibatasi warna biru yang merupakan warna dasar album. Foto oleh Robert Freeman di studionya.

foto : Sampul depan album "A Hard Day's Night"

foto : Sampul belakang album dengan catatan oleh Tony Barrow



foto The Beatles dengan album album mereka, Ringo Starr memegang album "A Hard Day's Night"


foto : Patty Boyd, gadis George Harrison memegang album "A Hard Day's Night"

foto : album "A Hard Day's Night" Capitol AS.




foto ; CD Remastering Digital, rilis 9 September 2009



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More