Selasa, 13 November 2012

THE BEATLES - DI JUAL - Album "BEATLES FOR SALE"

foto : Sesi foto di Hyde Park London. Tanpa Senyum !

JUDUL ALBUM : BEATLES FOR SALE.
RILIS : 4 DESEMBER 1964.
REKAM : ANTARA 11 AGUSTUS DAN 26 OKTOBER 1964, EMI STUDIO.
LABEL : PARLOPHONE.
ALIRAN : ROCK, ROCK N' ROLL.
PROD. : GORGE MARTIN.

ALBUM KEEMPAT - TITIK BALIK.
Kemitraan Lennon-McCartney dalam mencipta lagu-lagu The Beatles begitu nyata dan menjadi kebanggaan pada album ketiga "A Hard Day's Night". Semua lagu pada album itu adalah karya asli mereka.

Hanya seminggu dari sesi terakhir rekaman album "A Hard Day's Night" itu, The Beatles memulai sesi pertama untuk "BEATLES FOR SALE". Masih dengan kepadatan kegiatan lain seperti Tur Eropah, Asia  Australia serta Selandia Baru, pembuatan siaran TV dan Radio, mencipta lagu dan dikejar waktu terbit album pada Natal 1964, maka tidak terhindarkan untuk memperoleh lagu dari tempat lain. The Beatles kembali mengcover lagu seperti yang telah mereka tampilkan di Liverpool, Hamburg dan London waktu lalu. Termasuk "Rock n' Roll Music" milik Chuk Berry, "Words Of Love" dari Buddy Holly, dan dua lagu yang dibawakan masing-masing George dan Ringo, milik Carl Perkins "Everybody's Trying To Be My Baby" dan "Honey Don't". Oleh karena itu album ini menjadi titik balik bagi penciptaan lagu sendiri.


Namun dimasa sempit itu The Beatles tetap memunculkan lagu lewat single dan tidak dimasukkan dalam album ini "I Feel Fine" dan "Shes A Woman".

Pengaruh aliran musik lain mulai masuk dalam album ini untuk ciptaan Lennon-McCartney, seperti yang terdengar pada "I Don't Want To Spoil The Party" dengan Country, dan "I'm A Loser" dengan folk dari Bob Dylan. Lagu-lagu ini menjadi pemicu bom Folk-Rock tak lama kemudian, atau tepatnya 1965.

Ketika "Beatles For Sale" di rilis sebelum Natal 1964, masa Beatlemania telah melewati puncaknya pada awal tahun 1964, saat munculnya album sebelumnya "A Hard Day's Night". Masa bahagia itu telah meninggalkan sesuatu yang disebut kelelahan yang sangat bagi grup. Lalu telah tertuang pada lagu-lagu "muram" album ini.

Album "Beatles For Sale", 2 kali duduk pada puncak tangga lagu di Inggris, 1964 saat rilis, dan kembali pada 1965 setelah sempat diambil alih dan saling berebut tempat dengan album "No.2" dari The Rolling Stones.

Susunan lagu pada 2 sisi LP 33 1/3 Rpm : Sisi 1. 1. "No Reply", 2.  "I'm a Loser", 3. "Baby Is Black", 4. "Rock n' Roll Music", 5. "I Follow The Sun", 6. "Mr. Moonlight", 7. "Kansas City"/"Hey Hey Hey"

Sisi 2 . 1. "Eight Day's A Week", 2. "Words Of Love", 3. "Honey Don't", 4. "Every Little Thing", 5. "I Don't Want To Spoil A Party", 6 "What are You Doing", 7. "Everybodys Trying To Be My Baby".




SAMPUL ALBUM.
Sampul menampilkan Foto anggota The Beatles dalam posisi saling berdekatan. Foto diambil di lokasi "Hyde Park" pada musim gugur, oleh fotografer Robert Freeman.

Tidak seperti dengan keceriaan masing-masing dalam "papan catur" pada sampul album terdahulu "A Hard Day's Night", yang meskipun saat itu juga mereka tidak kalah capek, maka pada sampul "Beatles For Sale" tercermin kemuraman lagu-lagu, dalam album dengan judul seperti iklan ini. Wajah dengan ekspresi kelelahan, kusut dan sulit mengembangkan senyum terlihat sangat nyata. Untung dilatar depan ada warna hijau dan orange. Warna buram itu adalah warna daun yang belum gugur, dan keluar dari fokus lensa camera.

Untuk pertama kali album dirancang seperti dompet, berikutnya model ini muncul pada album tahun 1967 "Sgt. Peppers Lonely Heart Club band. Tampilan dalam adalah foto dan catatan tentang album.

Nama band yang sekaligus judul album dicetak kecil dan tidak menyolok, yang kemudian pada album keenam dan ketujuh "Rubber Soul" dan "Revolver" nama band tidak dicetak sama sekali, album "The Beatles" atau White album nama band bukan dicetak tapi hanya diembos, dan bahkan dialbum kesebelas "Abbey Road", nama dan judul tidak dicetak.

Sampul belakang foto dilokasi yang sama dan ekspresi wajah yang sama pula, dibidik dari atas pohon atau pandangan burung, anggota The Beatles melihat keatas, berlawanan dengan foto mereka yang melihat kebawah pada album pertama "Please Please Me". Latar belakang daun daun gugur di tanah

foto : Sampul depan album "Beatles For Sale"

foto: Sampul belakang album.

foto : bagian dalam sampul, foto oleh Robert Freeman dan catatan oleh Tony Barrow.

foto : sampul album Australia yang diprotes Beatles pada EMI Australia

foto : The Beatles dengan album mereka, Paul memegang album "Beatles For Sale"

foto : sampul CD Remastering Digital, 2009

foto : Sampul CD "Beatles For Sale"


foto : sampul Compact-Cassette "Beatles For Sale"


LAIN-LAIN
Barang-barang sebagai cendra mata yang bertemakan album "Beatles For Sale"

foto : Award emas 24 karat untuk kolektor


foto : mainan - taxi london "Beatles For Sale"
foto :  mainan bus tingkat "Beatles For Sale - 4"


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More