Rabu, 21 November 2012

THE BEATLES - Plastik - ALBUM "RUBBER SOUL"

foto : Foto The Beatles yang dijadikan foto sampul "Rubber Soul" oleh Robert Freeman.

JUDUL ALBUM : RUBBER SOUL
RILIS : 3 DESEMBER 1965
REKAM : antara 17 JUNI - 11 NOPEMBER 1965, STUDIO EMI LONDON
ALIRAN : ROCK, FOLK ROCK
LABEL : PARLOPHONE (UK), CAPITOL (US)
PROD : GEORGE MARTIN

ALBUM KE-6
Album "Rubber Soul" dari The Beatles ini, berbeda dengan 5 album sebelumnya yang dikebut ditengah-tengah kesibukan Tur, TV, dan aktifitas lainnya yang menyita banyak energi. Album direkam dengan waktu khusus. Dan sama dengan album "Hard Day's Night" yang berisi lagu ciptaan mereka sendiri yang tidak dicampur dengan lagu yang mereka cover dari orang dan tempat lain, maka album inipun demikian. 14 lagu dalam album "Rubber Soul", 2 diantaranya milik Harrison, "Thank For Your Self" dan "If I Needed Someone" yang dibawakannya sebagai pemimpin vokal. Sebuah lagu diciptakan Lennon, Mc Cartney bersama Starkey "What Goes On" dengan vokal utama Ringo. Selebihnya ciptaan Lennon-McCartney, termasuk "Michelle" dengan vokal utama Paul. Ada musisi tambahan dalam beberapa lagu, yaitu George Martin yang juga produser bermain harmonium pada "The Words", dan bermain piano pada "In My Life". Mal Evans memainkan Hammond pada "You Wont See Me".

Pemakaian instrumen musik dari India, Sitar pada lagu "Norwegian Wood", gitar Yunani pada "Michelle" menandakan perpaduan Timur dan Barat.

Perkembangan lirik dari cinta pria dan wanita ke cinta yang lebih universal, misalnya cinta yang gagal seorang pemusik pada seorang gadis misterius, pada lagu "Norwegian Wood". Lalu pahit dan suramnya asmara digambarkan dalam lagu "Girl" dan "You Wont See Me". Sedangkan "Drive My Car" merupakan satir tentang seksisme.


foto : Sampul CD, tulisan judul khas berwarna hijau.

foto : CD Rubber Soul

Seperti yang telah disampaikan dalam tulisan tentang album "For Sale", Bob Dylan dengan folk telah mempengaruhi The Beatles terutama John Lennon. Dan pengaruh itu ada dan jelas dalam album ini, sehingga tahun 1965 meletuslah "Bom.Folk Rock" di dunia musik Rock.

Judul album "Rubber Soul" adalah temuan Paul McCartney setelah habis mendengar keterangan  seorang musisi dari Mick Jagger, tentang gaya menyanyi "Plastic Soul".

Album ini sukses secara komersial dan kritikan, dan masuk dalam album terbesar dalam sejarah musik, Di Inggris 2x Platinum, di AS 6x Platinum. Juga beberapa platinum di negara lainnya. Tahun 2012, Majalah musik Rolling Stone menempatkan pada rangking No.5 pada daftar "500 Greatest Album of All Time".

Tanggal 9 September 2009, album dirilis CD setelah di remastering Digital, bersama album resmi lainnya dari The Beatles. Sebelumnya telah dirilis CD pada 1987.

Fabluos Sound Labs merekam album "Rubber Soul" dalam CD HDCD, beserta beberapa album lainnya.

Sisi 1 : 1. "Drive My Car" - Paul 2:25, 2. "Norwegian Wood"(This Bird Has Flown) - John 2:01, 3. "You Wont See Me" - Paul 3:18, 4. "Nowhere Man" - Paul dan John 2:40, 5. "Thank For Your Self" (Harrison) - George 2:16, 6. "The Word" - John, Paul, George 2:41, 7. "Michelle" - Paul 2:40.

Sisi 2 : 1. "What Goes On" (Lennon, McCartney, Starky) - Ringo 2:47, 2. "Girl" - John 2:30, 3. "I'm Looking Through You - Paul 2:24, 4. "In My Life" - John dan Paul 2 :24, 5."Wait" - John dan Paul 2:12, 6. "If I Need Someone" (Harrison) - George 2:20, 7. "Run For Your Life - John 2:18.

SAMPUL ALBUM
Warna sampul album kobinasi warna cokelat dan hijau. Kombinasi ini yang diinginkan, lalu dicari oleh fotografer Robert Freeman dari foto-foto di rumah Lennon. Lalu didapatkan foto anggota The Beatles ini, dibidik oleh Freeman yang berlokasi di Taman "John's Kenwood House" di Weybridge dekat London. Gambar ini merupakan yang terakhir bagi fotografer Robert Freeman dalam album-album The Beatles.

Foto The Beatles pada album ini adalah hasil proyeksi saat simulasi, ketika karton tempat untuk proyeksi bergerak, lalu terjadi peregangan gambar. Hasil yang tidak disengaja ini di sukai, lalu di buat proyeksi demikian oleh Freeman, yang sebelumnya menyatakan sanggup membuat seperti hasil tidak sengaja tadi, sesuai permintaan The Beatles. Gambar telihat gepeng itu menjadi foto sampul album. Sampul album tanpa menuliskan nama grup seperti biasanya. Hanya terdapat tulisan khas untuk judul album hasil rancangan yang sesuai judul itu sendiri. Rancangan ini hasil karya Charles Front.

foto : Sampul depan album "Rubber Soul" UK, judul berwana Orange

foto : Sampul belakang album, masing-masing beatle dalam 2 pose, tanpa catatan tentang album.

foto : Sampul depan album oleh Capitol AS. Judul berwarna cokelat keemasan

foto : Paul McCartney memegang album "Rubber Soul"



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More